Connect with us

Lifestyle

Ini Cara Menghemat Baterai Hape Saat Mudik

Avatar

Diterbitkan

pada

Cara Menghemat Baterai Hape Saat Mudik

Cara Menghemat Baterai Hape Saat Mudik (Foto Ilustrasi: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA : Hape atau ponsel pintar sangat dibutuhkan saat mudik saat ini. Tanpa hape, mudik tidak akan asyik. Sebab, siapa tahu di jalan ada momen menarik yang bisa diabadikan dengan hape. Bahkan berswafoto saat di perjalanan.

Karena itu, jangan sampai baterai hape Anda sangat low saat dalam perjalanan mudik. Berada di perjalanan dengan waktu yang cukup lama dan menjalankan berbagai aplikasi membuat baterai hape cepat habis. Agar hape Anda tidak cepat habis, berikut cara menghemat baterai hape saat mudik:

1. Turunkan Kualitas Cahaya

Cara menghemat baterai hape saat mudik yang pertama yaitu menurunkan kualitas cahaya. Anda bisa menghemat daya baterai dengan menurunkan level atau kualitas cahaya.

Baca juga: Ini Cara Memindahkan Seluruh Database Ponsel Merek Samsung Lama ke yang Baru

Sebab, level cahaya pada layar yang semakin tinggi akan lebih mudah menghabiskan daya baterai hape. Selama perjalanan mudik, turunkan kualitas level cahaya layar hape ke paling rendah untuk menghemat daya.

2. Nonaktif Fitur Lokasi

Jika hape tidak digunakan untuk membantu menunjukkan jalan sebaiknya matikan fitur lokasi. Ini juga sangat membantu menghemat daya baterai agar bisa lebih tahan lama hingga sampai ke kampung halaman.

Advertisement

3. Gunakan Power Saving

Cara menghemat baterai hape saat mudik yang lainnya yang tidak boleh dilewatkan untuk menghemat daya saat mudik adalah mengaktifkan fitur power saving pada hape.

Ini akan membantu Anda untuk mengatur penggunaan daya baterai dari aktivitas kurang penting. Saat mengaktifkan fitur Power Saving, hape biasanya akan otomatis mengarahkan untuk merendahkan level cahaya, mematikan fitur lokasi, memberi notifikasi aplikasi dengan pemakaian daya tinggi, dan lain sebagainya.

4. Aktifkan Mode Airplane dan Gunakan Wifi

Anda bisa mengaktifkan fitur mode airplane saat hape tidak digunakan. Anda juga bisa memanfaatkan wifi jika disediakan oleh penyedia layanan transportasi yang sedang digunakan.

Baca juga: 5 Cara Menyembunyikan Aplikasi di Berbagai Merk Smartphone

5. Pilih Hape Berdaya Besar dan Pengisian Cepat

Cara menghemat baterai hape saat mudik yang terakhir adalah memilih smartphone dengan daya baterai besar dan memiliki fitur pengisian daya cepat. Saat ini, sudah ponsel terbaru sudah dilengkapi dengan tekonoli pengisian cepat atau fast charging.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement