Connect with us

Kesehatan

Sudah Diberikan ke Nakes, Kapan Masyarakat Umum Mendapat Vaksin Booster Kedua?

Avatar

Diterbitkan

pada

kapan masyarakat umum mendapat vaksin booster kedua

Kapan Masyarakat Umum Mendapat Vaksin Booster Kedua? (Foto Ilustrasi: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Pemberian vaksin booster ke-2 atau dosis ke-4 Covid-19 sudah diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes) mulai pada Jumat (29/7/2022) lalu. Sekitar empat juta tenaga kesehatan akan menerima vaksin Covid-19 dosis keempat. Lalu, kapan masyarakat umum mendapat vaksin booster kedua?

Tenaga kesehatan diprioritaskan terlebih dahulu karena merupakan masuk kelompok rentan yang perlu mendapatkan dosis lanjutan ini. Alasan lain adalah pemberian vaksin dosis ketiga sudah dilakukan lebih dari 6 bulan yang lalu, sehingga imunitas yang dihasilkan dipastikan sudah menurun.

Vaksin dosis keempat ini bertujuan untuk memberikan imunitas tambahan bagi para kelompok berisiko. Pasalnya, disebutkan durasi proteksi yang diberikan vaksin Covid-19 mulai berkurang dalam 4-6 bulan.

Adapun dasar pemberian vaksin dosis lanjutan ini didasarkan pada Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/3615/2022 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Kamis (28/7/2022).

Baca juga: Menteri Airlangga: Vaksin Booster Jadi Syarat Perjalanan dan Masuk Mal

Terkait pertanyaaan kapan masyarakat umum mendapat vaksin booster kedua tersebut, melansir Kompas, Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi menjelaskan hingga saat ini belum ada kepastian.

Advertisement

Menurutnya, saat ini pemberian dosis keempat bagi masyarakat masih dalam tahap pengkajian.

Masih dikaji, kita tunggu dulu hasil kajiannya ya,” ujar dia.

Sementara itu, vaksin booster kedua untuk masyarakat umum ke depannya akan diprioritaskan bagi pengidap komorbid dan lansia. Rencana tersebut masih membutuhkan analisis langsung dan rekomendasi Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI).

“Untuk lansia dan yang lain menyusul, untuk waktunya belum ada kepastian. Tapi mudah-mudahan di tahun ini juga ya,” kata juru bicara Kemenkes RI dr Mohammad Syahril, Jumat (29/7/2022).

Sebelum vaksin dosis ke-4 diberikan, Pemerintah akan fokus melihat capaian vaksinasi booster pertama atau vaksin COVID-19 dosis ketiga terlebih dulu.***

Advertisement

Baca juga: Presiden AS Joe Biden Positif Covid-19, Sudah Booster 2 Kali

Lanjutkan Membaca