Connect with us

Kesehatan

10 Manfaat Madu Kelulut bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengatasi Peradangan

Avatar

Diterbitkan

pada

manfaat madu kelulut

Ilustrasi madu kelulut (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Mendengar madu kelulut mungkin agak terdendar asing di telinga. Diketahui, manfaat madu kelulut tak kalah dengan madu lainnya. Dibandingkan dengan madu biasa, jenis madu ini mempunyai keunggulan karena memiliki kandungan air lebih tinggi.

Stingless bee honey atau biasa dikenal madu kelulut berasal dari lebah Trigona Thoracica dan lebah Trigona Itama. Melihat dari segi warnanya, madu Trigona ini lebih gelap karena antioksidan di dalamnya yang lebih tinggi dari madu biasa.

Madu kelulut juga menyimpan senyawa seperti fenol, karotenoid, dan flavonoid yang bekerja sebagai antioksidan. Meski jarang didengar, ada banyak manfaat madu kelulut yang jarang diketahui. Bahkan, sering digunakan sebagai bagian dari pengobatan tradisional.

Baca juga: 7 Manfaat Madu Untuk Wajah, Dapat Mengatasi Jerawat

Berikut beberapa manfaat madu kelulut bagi kesehatan yang telah faktualid.com rangkum dari doktersehat dan klikdokter.

1. Antibakteri alami

Manfaat madu kelulut bagi kesehatan yang pertama yaitu sebagai antibakteri alami. Jenis madu ini mempunyai efek antibakteri berkat kandungan hydrogen peroksida yang tinggi dan ekstrak fenolik di dalamnya.

Advertisement

Senyawa tersebut dianggap ampuh untuk mengatasi berbagai jenis bakteri gram positif dan 2 jenis bakteri gram negatif.

2. Mengatasi peradangan

Jika mengalami peradangan, Anda bisa mengambil manfaat madu kelulut untuk mengatasinya. Kandungan antioksidan kuat di dalamnya dapat mendukung timbulnya senyawa anti-inflamasi pada tubuh yang bisa mencegah dari stres oksidatif.

Antikosidan tersebut bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh dengan cara menghambat aktivitas enzim sehinnga Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit kronis.

3. Mencegah kanker

Manfaat madu kelulut berikutnya yaitu mencegah kanker. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan kemopreventif pada madu kelulut mampu mengurangi risiko dan memperlambat perkembang sel-sel kanker.

Selain itu, stingless bee ini juga diniali bisa mengurangi risiko gangguan pada organ hati dan ginjal. Meski demikian, manfaat madu kelulut ini masih membutuhkan penelitian lebih terkait antikanker.

Advertisement

4. Membantu penyembuhan luka

Selain mencegah kanker, manfaat madu kelulut ini juga bisa membantu penyembuhan luka. Madu kelulut merupakan bahan alami yang terbukti membantu dalam menyembuhkan luka dengan cepat walaupun mekanismenya belum diketahui secara pasti.

Mengoleskan madu jenis ini sebagai salep tipis ada luka dapat membantu proses penyembuhan dengan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Paduan dari senyawa antioksidan, antimikroba, dan anti inflamasi yang ada di dalam madu kelulut berfungsi terhadap mekanisme penyembuhan luka secara alami.

5. Mengontrol berat badan

Jika Anda hendak menurunkan atau mengontrol berat badan, Anda mengonsusmi madu kelulut. Madu ini bisa mengatasi masalah kesalahan tentang berat badan, seperti obesitas bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Manfaat madu kelulut untuk mengontrol berat badan didapat dari senyawa asam kafeat yang dapat menghambat sintesis asam lemak dan menurunkan massa lemak visceral, yakni lemak di dalam rongga perut yang membuatnya mampu menurunkan berat badan.

Baca juga: 6 Manfaat Clover Honey yang Sedang Tren dan Baik Untuk Kesehatan

6. Memperkuat daya tahan tubuh

Manfaat madu kelulut lainnya adalah memperkuat daya tahan tubuh. Madu satu ini menyimpan efek imunomodulator yang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh meski cuaca tidak membantu sehingga mencegah dari penyakit-penyakit berbahaya.

Advertisement

Ketika sistem imunitas kuat, Adan bisa terhindar dari beragam penyakit seperti flu dan batuk yang mengganggu aktivitas harian.

7. Baik untuk penderita diabetes

Siapa sangka, manfaat madu kelulut ternyata baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Kandungan langka bernama trehalulosa membuat madu satu ini mempunyai gula dengan indeks gilkemik rendah sehingga aman bagi penderita diabetes.

Tak hanya itu, madu dari lebah Trigona ini bisa menjaga kada gula darah dan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah tetap rendah.

8. Mengoptimalkan fungsi otak

Sebuah studi mempublikasikan bahwa komponen fenilalanin yang terdapat di dalam madu kelulut bisa mengoptimalkan kinerja dari senyawa bertanggung jawab untuk aktivitas listrik otak. Alhasil, kandungan ini bisa memperbaiki memori otak. Tidak sampai di situ, kandungan fenilalanin juga bisa membantu meredakan kecemasan.

9. Menurunkan kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu penyebab terjadinya serangan jantung. Salah satu cara menghindarinya adalah dengan mengonsumsi madu kelulut yang berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam tubuh.

Advertisement

10. Mencegah penuaan kulit

Manfaat madu kelulut tak hanya untuk kesehatan tubuh, namun juga bermanfaat untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Ini berkat kandungan antioksidan kuat pada madu jenis ini mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan timbulnya berbagai masalah kulit.***

Baca juga: 6 Manfaat Biji Rami, Dapat Mengontrol Berat Badan

Lanjutkan Membaca