Connect with us

Griya

7 Tips Mengepel Lantai Rumah Agar Bersih dan Nyaman, Jadi Kinclong!

Avatar

Diterbitkan

pada

tips mengepel lantai rumah

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Rumah bisa dibilang menjadi istana kecil keluarga. Agar kebersihan tetap terjaga, pastinya penghuni akan rutin mengepel lantai. Terkadang masih saja terlihat area yang kotor atau berdebu setelah mengepel. Supaya tidak terjadi lagi, penting untuk mengetahui tips mengepel lantai rumah secara benar.

Lantai rumah masyarakat di Indonesia umumnya menggunakan keramik. Selain itu, beberapa diantaranya juga ada yang memakai lantai vinyl dan sebagainya. Sebenarnya, masing-masing punya kelebihan tersendiri.

Lantai juga merupakan salah satu elemen rumah yang penting dijaga kebersihannya. Pasalnya, aktivitas keluarga banyak dilakukan di atas lantai. Akan lebih nyaman jika lantai selalu bersih. Penghuni mungkin tidak tahu kemungkinan adanya mikroorganisme yang bisa menyebabkan penyakit menular saat lantai kotor.

Baca juga: 6 Tips Membersihkan Lantai Vinyl agar Awet dan Tahan Lama

Meski sederhana, namun Anda tetap masih membutuhkan tips mengepel lantai rumah. Karena, sebagian orang keliru saat mengepel lantai rumah.

Berikut beberapa tips mengepel lantai rumah supaya bersih dan nyaman yang telah faktualid.com rangkum dari eHow dan pinhome.

Advertisement

1. Sapu lantai sebelum mengepel

tips mengepel lantai rumah

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Tips mengepel lantai rumah yang pertama yaitu sapu lantai terlebih dahulu sebelum mengepel. Apapun jenis lantainya, ketika diinjak terus menerus lantai perlahan akan kotor dan berdebu. Terlebih, bila Anda memiliki hewan peliharaan, yang mana rontokan bulu akan menumpuk di lantai.

Jika terlihat kotoran, singkirkan dengan sapu kain. Mengepel lantai tanpa disapu terlebih dahulu hanya akan memindahkan kotoran dari satu titik ke titik lain. Selain sapu, vacuum cleaner pun bisa digunakan untuk membersihkan debu di lantai sebelum dipel.

2. Gunakan deterjen

Ketika hendak mengepel lantai, menggunakan pembersih lantai menjadi tips mengepel lantai rumah yang sudah diketahui banyak orang. Anda memang disarankan untuk memilih pembersih lantai dengan kandungan asam yang rendah.

Namun, pembersihkan lantai biasa mungkin kurang maksimal. Untuk itu, cobalah gunakan satu sendok makan detergen bubuk, satu sabun cuci piring tablet (pod), dan satu sendok makan pembersih cair serbaguna sebagai cairan pembersih lantai.

Larutkan tiga cairan ini ke dalam sebuah ember berisi air panas. Mengepel lantai dengan larutan ini diklaim akan menghasilkan lantai yang bebas noda dan residu.

3. Pakai sandal pel

tips mengepel lantai rumah

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Tips mengepel lantai rumah berikutnya yaitu memakai sandal pel. Walau terlihat sepele, tips ini sebetulnya perlu diterapkan. Sandal pel berguna untuk membantu melonggarkan dan mengangkat kotoran ketika berjalan di sekitar lantai.

Dengan begitu, proses mengepel lantai akan jadi lebih mudah. Untuk mendapatkankan, Anda bisa mencari di toko perabotan rumah tangga atau di sejumlah marketplace. Setelah digunakan, lepaskan sandal pel supaya kotoran tidak terseret ke ruangan lain. Apabila hendak digunakan kembali, pastikan sudah dicuci.

Advertisement

Baca juga: Terapkan 7 Tips Membersihkan Rumah ini agar Rumah Bersih dan Rapih

4. Bersihkan nat dengan spon

tips mengepel lantai rumah

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Nat adalah bagian sambungan antara lantai. Perlahan, bagian tersebut dapat berubah warna akibat penumpukan kotoran. Mengepel dengan kain pel terkadang kurang efektif. Sebagai tips mengepel lantai rumah, gunakan spons cuci piring untuk membersihkan nat yang kotor.

Untuk mengaplikasikannya, siapkan terlebih dahulu ¼ sendok makan cuka putih, ½ sendok makan soda kue, dan 7 cangkir air hangat. Satukan bahan tersebut pada suatu wadah. Jika sudah, masukkan ke dalam botol semprot.

Kemudian, aplikasikan pada bagian nat kotor dan diamkan sekitar 5 menit. Setelah itu, ambil spons membersihkannya. Ketika noda tumpah ke keramik, segera bersihkan bagian tersebut.

5. Gunakan senter

Selain membersihkan nat, tips mengepel lantai rumah lainnya adalah menggunakan senter. Meski aneh, terkadang ruangan kurang cahaya kerap menyulitkan Anda untuk membersihkan lantai. Maka dari itu, gunakan senter untuk membantu membersihkan area kotor yang gelap. Biasanya, senter digunakan untuk mengepel bagian sela-sela bawah lemari dapur atau meja makan.

6. Pakai teh hitam untuk kayu keras

Beberapa diantara pemilik rumah memutuskan untuk memakai kayu atau vinyl sebagai lantai. Perawatannya memang agak rumit namun dapat menunjang penampilan rumah. Jika kotor, coba bersihkan lantai kayu keras atau kayu solid dengan teh hitam sebagai cairan pembersihnya.

Pertama, seduh teh hitam dan diamkan hingga mencapai suhu ruangan. Berikutnya, gunakan kain pel mikrofiber yang lembap untuk mengepel lantai kayu solid. Pastikan lantai kayu jangan terlalu basah agar tidak melengkung.

Advertisement

7. Pel lantai dua kali

tips mengepel lantai rumah

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Tips mengepel lantai rumah yang terakhir adalah mengepel lantai dua kali. Trik ini perlu dilakukan namun hanya perlu memakai air bersih. Jika perlu, gunakan air hangat untuk membilas sabun yang menempel pada keramik. Penggunaan air hangat juga bisa membunuh kuman atau bakteri secara maksimal.***

Baca juga: Mendekorasi Ulang Rumah, Salah Satu Aktivitas Menyehatkan

Lanjutkan Membaca