Connect with us

Griya

7 Cara Membasmi Ulat pada Tanaman di Rumah Menggunakan Bahan Alami

Avatar

Diterbitkan

pada

cara membasmi ulat pada tanaman

Ilustrasi ulat pada tanaman (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Belakang ini, hobi berkebun banyak digandrungi oleh masyarakat. Menanam tanaman di pekarangan rumah dianggap bisa memperindah rumah. Namun, tak jarang banyak tanaman yang digeragoti hama ulat. Untuk itu, penting untuk mengetahui cara membasmi ulat pada tanaman di rumah.

Masalah yang sering muncul saat menanam tanaman di rumah adalah munculnya ulat. Perlahan-lahan, hama tersebut akan menyebar dan memakan seluruh daunnya. Jika tidak segera diatasi, tanaman tersebut akan menjadi layu dan mati.

Umumnya, cara membasmi ulat pada tanaman digunakan dengan obat-obat khusus pembasmi hama. Selain itu, ada juga cara membasmi ulat pada tanaman dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat.

Baca juga: 5 Cara Mengembalikan Tanaman yang Layu, Buktikan Sendiri!

Berikut beberapa cara membasmi ulat pada tanaman yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Memelihara hewan unggas

Cara membasmi ulat pada tanaman yang pertama yaitu memelihara hewan unggas. Unggas seperti ayam, burung, dan bebek dianggap mampu menjadi hewan yang suka memakan ulat di sekitar pekarangan rumah.

Advertisement

Anda bisa mencoba cara ini guna menghilangkan hama di tanaman. Buatlah jam-jam tertentu melepas unggas untuk memangsa ulat di bagian tersembunyi pada tanaman atau pohon di rumah. Khusus untuk burung, letakkan sangkar burung di dekat tanaman yang terdapat hama ulat.

2. Menyiram oli di sarang ulat

Hama ulat yang memakan daun tentu menjadi masalah ketika mengurus tanaman karena dapat menggangu pertumbuhannya. Untuk mengatasinya, Anda dapat menyiram sarang ulat dengan bantuan oli.

Selain sebagai pelumas mesin, oli dapat dimanfaatkan untuk mengusir ulat. Tekstur dan aromanya sangat dibenci ulat. Cara membasmi ulat pada tanaman adalah dengan melumasi tanaman yang ada hama ulat. Dengan demikian, nantinya ulat akan mati secara perlahan.

3. Menanam tanaman pengusir ulat

Meskipun cara membasmi ulat pada tanaman ini terdengar agak aneh, namun tidak ada salahnya Anda mencoba cara satu ini. Beberapa tanaman diketahui sangat tidak disukai oleh ulat karena aromanya yang menyengat.

Tanaman tersebut diantaranya lavender, kemangi, dan mint. Menanam tanaman ini dianggap dapat membantu membasmi tanaman hias yang lainnya yang ada di rumah agar terbebas dari hama ulat yang mengganggu. Letakkan tanaman pengusir ulat di berbagai area yang diduga menjadi tempat munculnya ulat.

Advertisement

4. Gunakan semut

Selain unggas, cara membasmi ulat pada tanaman dapat dilakukan dengan bantuan semut rangrang. Untuk mendapatkanya, Anda dapat membelinya di toko pakan burung karena semut rangrang merupakan makanan bagi burung peliharaan.

Baca juga: 8 Bahan Alami untuk Menyuburkan Tanaman, Banyak dari Sampah Dapur

Caranya, cukup lepaskan semut tersebut di tanaman yang terdapat hama ulat. Nantinya, ulat-ulat akan hilang dengan sendirinya. Namun, berhati-hatilah saat menggunakann cara ini, gunakan sarung tangan agar semut tidak menggigit tangan Anda.

5. Air beras

Salah satu cara membasmi ulat pada tanaman adalah menggunakan air beras. Air beras memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat digunakan untuk mengusir ulat di tanaman. Untuk mengaplikasikannya, siap air beras terlebih dahulu.

Lalu, masukkan pada botol semprot dan semprotkan pada tanaman yang ada hama ulat. Anda bisa menambahkan jamur tertentu untuk hasil yang maksimal.

6. Larutan sabun

Larutan sabun ternyata dapat dimanfaatkan sebagai cara membasmi ulat pada tanaman. Cairan sabun diyakini mampu membunuh ulat. Caranya mudah, campurkan sabun cair dengan air secukupnya. Lalu, semprotkan pada daun-daun tanaman hias yang dimakan ulat.

Advertisement

Selanjutnya, taburi bubuk cabai agar hama tersebut dapat pergi dari tanaman. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari secara rutin.

7. Menggunakan peptisida alami

Cara membasmi ulat pada tanaman yang terakhir adalah dengan peptisida alami. Penggunaan peptisida kimia memang dianggap efektif untuk mengusir ulat. Namun, cara ini memang sebaiknya dihindari. Sebagai solusi, Anda bisa membuat peptisida alami dari buah atau sayuran yang tentunya sangat baik dan aman.

Tak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan di rumah seperti, garam, minyak tanah, atau sabun sebagai pepstisida alami untuk mengusir hama ulat di tanaman hias.***

Baca juga: 7 Manfaat Kulit Bawang Merah untuk Tanaman Beserta Cara Mengolahnya

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement