Connect with us

Lifestyle

5 Cara Mengembalikan Tanaman yang Layu, Buktikan Sendiri!

Avatar

Diterbitkan

pada

cara mengembalikan tanaman yang layu

Cara mengembalikan tanaman yang layu (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Sejak munculnya pandemi Covid-19 di tahun lalu, banyak hobi-hobi baru bermunculan, salah satunya berkebun. Hobi merawat tanaman hias dianggap bisa mengisi waktu luang dan memperindah seisi rumah. Namun, banyak pemula yang masih belum mengerti cara merawatnya.

Alhasil, tanaman tersebut tampak layu dan tidak sedap dipandang. Sebelum membuangnya, tak ada salahnya Anda mencoba cara mengembalikan tanaman yang layu. Terdapat beberapa penyebab tanaman menjadi layu, yakni kesalahan cara merawat atau faktor cuaca yang buruk.

Meski terlihat layu, tanaman hias di rumah bukan berarti tidak bisa diselamatkan. Menerapkan cara mengembalikan tanaman yang layu dengan baik dianggap mampu menyelamatkan tanaman tersebut dan membuatnya menjadi segar kembali.

Baca juga: 3 Manfaat Air Bawang Putih untuk Tanaman, Begini Caranya Menggunakannya

Berikut beberapa cara mengembalikan tanaman yang layu, yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Mengganti pot tanaman

cara mengembalikan tanaman yang layu

Ilustrasi mengganti pot (Foto: Istimewa)

Cara mengembalikan tanaman yang layu, yang pertama yaitu dengan mengganti pot tanaman. Pindahkan tanaman di rumah dari pot lama. Gunakan pot dan media tanam yang baru. Hal tersebut dianggap dapat memberikan kehidupan baru.

Perhatikan media tanam atau tanah yang hendak digunakan agar air mudah menyerap. Selain itu, pilihlah pot berukuran lebih besar daripada sebelumnya supaya akar tanaman bisa tumbuh kembali dan bertahan.

Advertisement

Anda juga bisa memotong bagian batang atau daun layu yang bertujuan untuk tanaman terlihat rapi dan subur.

2. Siram secara rutin

cara mengembalikan tanaman yang layu

Ilustrasi menyiram tanaman (Foto: Istimewa)

Memperhatikan cara penyiraman ternyata bisa menjadi cara mengembalikan tanaman yang layu. Tanaman yang kekurangan air lama kelamaan menjadi layu. Jika hal tersebut terjadi, siramlah tanaman sebanyak 2 kali sehari yakni pada pagi dan sore hari.

Namun, apabila mempunyai segudang aktivitas yang padat, ganti media tanam yang bisa menyerap air lebih banyak dan baik. Jangan terlalu sering menyiramnya karena bisa menyebabkan media lembab dan akarnya membusuk. Idealnya, penyiramannya dapat dilakukan hanya satu atau dua kali dalam satu minggu.

3. Letakkan di area yang terdapat paparan sinar matahari

Cara mengembalikan tanaman yang layu berikutnya yaitu menaruh tanaman di tempat yang terpapar sinar matahari. Sama seperti manusia, tanaman juga makhluk hidup yang memerlukan sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat berkerja mendukung proses fotosintesis.

Baca juga: 7 Cara Membuat Tanaman Hidroponik di Rumah, Mudah Kok!

Jika tanaman layu diletakkan pada tempat yang kurang paparan sinar, mulai dari sekarang pindahkan tumbuhan tersebut pada area yang terkena sinar matahari. Namun perhatikan juga jangan ditempatnya di bawah sinar matahari langsung.

Jika tanaman layu akibat kurangnya sinar matahari, Anda bisa memotong sedikit bagian yang layu agar tanaman hias di rumah dapat terkena paparan sinar matahari.

Advertisement

4. Taruh di tempat teduh

cara mengembalikan tanaman yang layu

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Selain meletakkan di tempat yang terpapar sinar matahari, cara mengembalikan tanaman yang layu dapat dilakukan dengan menaruhnya di tempat teduh. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tumbuhan yang terpapar sinar matahari terlalu lama sangat tidak baik.

Alih-alih membuat tanaman menjadi subur, tanaman terlalu sering terpapar sinar matahari justru akan semakin layu. Anda bisa menaruh tanaman hias yang layu di tempat teduh atau terhindar dari sinar matahari langsung serta melihat kelembapan media tanamnya.

5. Memberikan pupuk serum

cara mengembalikan tanaman yang layu

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Salah satu cara mengembalikan tanaman yang layu adalah dengan memberikan pupuk serum. Saat merawat tanaman, belum tentu tanaman tersebut tercukupi nutirisinya. Ada kalanya tanaman kurang nutrisi.

Hal ini kerap terjadi pada media tanam yang sudah lama tidak perhatikan alias tidak diberikan pupuk secara teratur. Agar tanaman dapat bernutrisi, berikan pupuk biasa atau pupuk serum secara rutin sesuai jenis tanaman hias dengan takaran yang pas.

Itulah bermacam cara mengembalikan tanaman yang layu. Tak ada salahnya Anda mencoba mengaplikasikan cara diatas jika tanaman di rumah sudah telihat layu.***

Baca juga: 6 Cara Merawat Tanaman Anggrek agar Tumbuh Subur dan Cantik

Advertisement
Lanjutkan Membaca