Home Internasional 6+ Tempat di Dunia yang Dinamai Soekarno, Salah Satunya Masjid di Rusia

6+ Tempat di Dunia yang Dinamai Soekarno, Salah Satunya Masjid di Rusia

oleh Farhan Zuhdi
tempat di dunia yang dinamai Soekarno

Monumen Soekarno, Aljazair (Foto: kemlu.go.id)

FAKTUAL-INDONESIA: Dr. Ir. H. Soekarno merupakan Presiden pertama Republik Indonesia. Tak hanya di dalam negeri, nama Soekarno ternyata juga terkenal di negara lain. Berkat jasanya, ternyata ada beberapa tempat di dunia yang dinamai Soekarno sebagai penghormatan dalam hubungan yang dibangun oleh beliau.

Saat menjadi presiden, pria yang akrab dengan sebuatan bapak proklamator ini sering berkunjung ke luar negeri. Berkat jasa beliau secara tidak langsung Indonesia bisa dikenal dikancah Internasional. Di negara lain, Rusia misalnya, nama Soekarno dijadikan nama Masjid, yakni Masjid Biru Soekarno.

Selain di Rusia, ada tempat di dunia yang dinamai soekarno, baik bangunan ataupun nama jalan. Lantas apa saja tempat yang menggunakan nama sang bapak proklamator Indonesia?

Baca juga: 7 Kota Tertua di Dunia, yang Memiliki Banyak Nilai Sejarah

Berikut beberapa tempat di dunia yang dinamai Sokerano, yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Soekarno Park, Meksiko

tempat di dunia yang dinamai Soekarno

Soekarno Park, Meksiko (Foto: kemlu.go.id)

Tempat di dunia yang dinamai Soekarno, yang pertama berada di negara Meksiko, yakni Soekarno Park.  Sebuah taman kota di Meksiko diberi nama Soekarno Parque atau Soekarno Park. Taman ini diresmikan pada 29 September 2019 dan dihadiri oleh cucu beliau, Puan maharani.

Taman ini dibuat sebagai bentuk apresiasi negara Meksiko kepada Bung Karno sebagai salah satu tokoh perdamaian dunia. Di tengah taman tersebut, juga berdiri kokoh patung Presiden pertama Indonesia.

2. Masjid Biru Soekarno, Rusia

tempat di dunia yang dinamai Soekarno

Masjid Biru Soekarno, Rusia (Foto: goodnewsfromindonesia.id)

Di Rusia, tepatnya di kota Saint Petersburg, terdapat satu masjid besar bernama Saint Petersburg Mosque atau Blue Mosque. Tempat di dunia yang dinamai Soekarno ini dianggap sebagai simbol keakraban dua negara tersebut.

Dikenal dengan sebutan Masjid Soekarno, dahulunya masjid biru ini sempat beralih fungsi menjadi sebuah gudang.

Namun setelah Presiden Pertama Indonesia ini datang ke Rusia, Beliau meminta pemimpin Uni Soviet pada masa itu, Nikita Kruschev, untuk mengembalikan fungsi masjid sebagai tempat ibadah umat Islam.

3. Monumen Soekarno, Aljazair

tempat di dunia yang dinamai Soekarno

Monumen Soekarno, Aljazair (Foto: kemlu.go.id)

Tempat di dunia yang dinamai Soekarno berikutnya yaitu Monumen Soekarno, Aljazair. Monumen yang terletak di kota Aljir ini menyerupai patung Bung Karno dengan pose menaikkan telunjuk ke arah atas seperti sedang berorasi.

Hadirnya monumen ini diketahui berkat peran beliau terhadap gerakan kemerdekaan Aljazair dari penjajahan Prancis.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam

4. Jalan Soekarno, Maroko

tempat di dunia yang dinamai Soekarno

Rue Soukarno (Foto:theworldnews.net)

Selain Monumen Soekarno di Aljazair, tempat di dunia yang dinamai Soekarno juga ada di Negara Maroko, yakni dijadikan nama jalan. Di negara tersebut, nama Sokerano diabadikan sebagai nama jalan yang bertuliskan Rue Soukarno.

Maroko dan Indonesia memiliki kedekatan saat Soekarno tengah duduk di kursi Presiden. Pada awalnya, jalan tersebut bernama Sharia Al-Rais Ahmed Soekarno. Namun, sekarang jalan ini dikenal dengan Avenue Soekarno atau Rue Soekarno.

5. Jalan Ahmed Sokarno, Mesir

tempat di dunia yang dinamai Soekarno

Jalan Ahmed Sokarno, Mesir (Foto: blog.misteraladin.com)

Masih nama jalan, tempat di dunia yang dinamai Soekarno lainnya berada di Mesir. Nama Bung Karno digunakan sebagai nama jalan bernama Ahmed Soekarno Street. Kata ‘Ahmed’ sendiri merupakan suatu pujian yang berarti ‘terpuji’.

Jalan yang berada di kota Kairo itu ditambahkan oleh para penuntut ilmu Indonesia di negara Piramida tersebut. Hal ini bertujuan untuk melambangkan kedekatan Indonesia dan tokoh dengan Iainnya.

6. Soekarno Square dan Soekarno Bazar, Pakistan

tempat di dunia yang dinamai Soekarno

Soekarno Square, Pakistan (Foto: Google Maps/Kamran Karim)

Beralih ke Pakistan, disana terdapat bangunan atau tempat di dunia yang dinamai Soekarno. Bapak prokmalator ini dianggap mempunyai sumbangsih karena pernah mengirimkan tentara Indonesia dalam menjaga perairan Pakistan di tengah konflik dengan India pada tahun 1965.

Bukan hanya satu, Pakistan punya dua tempat yang menggunakan nama Bung Karno. Tempat pertama bernama Soekarno Square. Lokasinya di Khyber Bazar, Qissa Khawani, Peshawar, Khyber Pakhtoonkhwa. Lalu tempat kedua bernama Soekarno Bazar yang berada di Gunj Lahore, Punjab.

Demikian pembahasan tentang sejumlah tempat di dunia yang dinamai Soekarno. Semoga nantinya Anda bisa mengunjungi langsung tempat-tempat di atas.***

Baca juga: Patung Soekarno di Polder Stasiun Tawang Simbol Semangat Generasi Muda

You may also like