Connect with us

Internasional

Begini Cerita Angka 2 Bisa Berubah Menjadi Z dan Menjelma Pro-Perang Rusia

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Huruf Z kini populer di Rusia sebagai simbul pro perang invasi perampokan yang dicanangkan oleh Presiden Vladimir Putin ke Ukraina

Huruf Z kini populer di Rusia sebagai simbul pro perang invasi perampokan yang dicanangkan oleh Presiden Vladimir Putin ke Ukraina

FAKTUAL-INDONESIA: Pesenam Rusia Ivan Kuliak menghadapi proses disipliner oleh Federasi Senam Internasional (FIG) karena menampilkan huruf “Z” di podium di sebelah saingannya dari Ukraina di Qatar. Tapi apa arti simbol itu?

Di Rusia, “Z” dengan cepat dilihat sebagai simbol pro-perang yang gigih dari invasi Presiden Putin ke Ukraina. Ini telah dipakai oleh politisi, terlihat di sisi mobil, van dan papan iklan – serta dioleskan di halte bus. Itu bahkan telah digunakan oleh Serbia pada demonstrasi pro-Rusia di Beograd. Foto-fotonya banyak beredar di media sosial.

Seperti dilaporkan bbc.com, ini telah menjadi perbincangan di media sosial, kata Aglaya Snetkova, dosen politik internasional di School of Slavonic and Eastern European Studies di UCL.

“Dalam banyak hal, ini menunjukkan sejauh mana Rusia, atau telah, menjadi bagian dari dunia global.”

Sementara zed dalam alfabet Cyrillic Rusia ditulis secara berbeda – dan terlihat seperti 3 – kebanyakan orang Rusia mengenali huruf Latin. Emily Ferris, Rekan Peneliti Rusia dan Eurasia di RUSI, mengatakan “Z” adalah simbol yang kuat dan mudah dikenali.

Advertisement

“Seringkali dengan propaganda, hal-hal yang paling sederhana dapat ditangkap dengan cepat,” katanya. “Ini terlihat agak menakutkan dan cukup mencolok. Dari perspektif estetika, itu adalah simbol yang sangat kuat.”

Butuh waktu kurang dari dua minggu bagi “Z” untuk menyebar di antara mereka yang mendukung invasi Presiden Putin.

Di kota Kazan, Rusia tengah, sekitar 60 anak dan staf di sebuah rumah perawatan difoto di luar di tengah salju membentuk huruf “Z” raksasa di depan gedung mereka.

Beberapa teori telah beredar tentang apa arti sebenarnya dari simbol “Z”. Ini pertama kali menarik perhatian di media sosial setelah tank Rusia dengan “Zs” di sampingnya terlihat dalam perjalanan ke Ukraina.

Awalnya, diperkirakan bahwa “Z” sebenarnya adalah angka “2” – mewakili 22 Februari (22/02/2022). Itu adalah hari di mana Rusia meratifikasi kesepakatan tentang “persahabatan, kerja sama, dan bantuan timbal balik” dengan wilayah yang memisahkan diri di Ukraina timur – Donetsk dan Luhansk.

Advertisement

Tapi sekarang diyakini simbol itu hanyalah cara bagi militer Rusia untuk mengidentifikasi kekuatannya sendiri.

Pekan lalu, pemirsa program berita di Channel One milik negara Rusia diberitahu bahwa “Z” adalah tanda umum pada peralatan militer Rusia.

Situs web pro-Putin Kristen Ortodoks Tsargrad mengatakan kepada pembaca bahwa penandaan sederhana itu dapat “menghindari tembakan persahabatan” dan tidak dapat “dicampur dengan hal lain”.

Veteran pasukan khusus Rusia Sergey Kuvykin mengatakan kepada situs majalah Rusia, Life, bahwa simbol yang berbeda menandakan unit militer yang berbeda. “Simbol seperti ini digunakan – ‘Z’ dalam bujur sangkar, ‘Z’ dalam lingkaran, ‘Z’ dengan bintang atau hanya ‘Z’ saja.” Dia mengatakan penandaan membantu memastikan bahwa pasukan, yang mungkin tidak berhubungan dengan rekan-rekan lain, berada di tempat yang seharusnya.

Pesawat-pesawat tempur Rusia terbang terlalu cepat untuk melihat tanda putih, kata Letnan Kolonel Tyson Wetzel Angkatan Udara AS – seorang rekan senior Angkatan Udara di think tank The Atlantic Council – kepada situs web Task and Purpose. Tapi dia setuju bahwa “Zs” adalah “langkah de-konflik untuk membantu mencegah pembunuhan saudara” – tembakan ramah dari helikopter serang atau artileri Rusia.

Advertisement

Penyebaran “Z” di Rusia bukan hanya karena spontanitas media sosial – peringatan Aglaya Snetkov dari UCL.

“Itu juga didorong oleh rezim.”

Seorang politisi Rusia, Maria Butina, membagikan video tentang cara menulis lencana “Z” di jaket bisnis – Snetkov menjelaskan – “sehingga Anda dapat pergi bekerja dan menunjukkannya kepada semua orang tanpa berteriak tentang hal itu.”

Tapi Aglaya Snetkov mengatakan simbol itu tidak boleh dilihat sebagai fasis. “Ada banyak meme yang mengubah huruf ‘Z’ menjadi swastika, tapi itu dilakukan oleh orang-orang yang ingin melawan rezim.”

Dan ada simbol lain yang muncul juga.

Advertisement

Huruf “V” misalnya – juga tidak dalam alfabet Sirilik – muncul di postingan di akun Instagram resmi departemen pertahanan Rusia, di samping gambar “Zs”.

Ada keterangan tertulis. “Za PatsanoV” membaca satu, yang berarti “untuk para pemuda” – sementara yang lain mengatakan “Sila V pravde”, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai “kekuatan dalam kebenaran”.

Satu teori adalah bahwa dua huruf Latin mungkin singkatan dari “vostok”, yang berarti timur, dan “zapad”, yang berarti barat. Tetapi di media sosial, juga telah disarankan bahwa militer Ukraina percaya bahwa “Z” mengacu pada “Pasukan Timur” Rusia – dan “V” untuk “infantri Angkatan Laut”. ***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement