Connect with us

Internasional

Amerika dan Inggris Stop Minyak Rusia

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Amerika Serikat dan Inggris mengumumkan menghentikan impor minyak dari Rusia

Amerika Serikat dan Inggris mengumumkan menghentikan impor minyak dari Rusia

FAKTUAL-INDONESIA: Amerika Serikat dan Inggris memberikan pukulan lagi kepada Rusia yang melakukan invasi ke Ukraina.

Amerika dan Inggris menyetop minyak Rusia.

Bahkan Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah mengkonfirmasi larangan sepenuhnya untuk impor minyak, gas, dan batu bara Rusia.

Dia mengatakan langkah itu berarti “rakyat Amerika akan memberikan pukulan kuat lainnya” terhadap kepemimpinan Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Kami tidak akan menjadi bagian dari mensubsidi perang Putin,” tambah Biden.

Advertisement

Meskipun meningkatnya kekhawatiran akan kenaikan harga gas, langkah tersebut mendapat dukungan politik bipartisan yang luas di AS.

Harga minyak telah melonjak untuk mengantisipasi pengumuman Biden – dengan harga minyak mentah brent, patokan internasional, naik lebih dari 5%, menjadi $130 per barel.

Langkah AS lebih cepat daripada di Eropa, yang jauh lebih bergantung pada minyak dan gas Rusia.

Pemerintah Inggris akan menghapus minyak dan produk minyak Rusia pada akhir 2022.

“Masa transisi ini akan memberi pasar, bisnis, dan rantai pasokan lebih dari cukup waktu untuk menggantikan impor Rusia – yang merupakan 8% dari permintaan Inggris,” kata Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Advertisement

Ini menggemakan proposal serupa dari Washington, di mana Presiden Biden akan mengumumkan larangan AS sepenuhnya atas impor minyak, gas, dan batu bara Rusia.

Uni Eropa juga hari ini membuat langkah-langkah untuk mengurangi ketergantungan benua itu pada gas Rusia, dengan mengatakan pihaknya bertujuan untuk mengurangi permintaannya hingga dua pertiga pada akhir tahun.

Inggris kurang bergantung pada bahan bakar fosil Rusia daripada banyak negara Eropa. Tetapi pasokan Rusia masih merupakan 8% dari keseluruhan impor ke Inggris, dan 18% diesel Inggris berasal dari Rusia.

Komisi Eropa telah mengusulkan garis besar rencana untuk membuat Eropa independen dari bahan bakar fosil Rusia sebelum 2030 – dimulai dengan gas.

Pengumuman itu muncul setelah Rusia sebelumnya mengancam akan menutup pipa gas utamanya ke Jerman jika Barat melanjutkan larangan minyak Rusia.

Advertisement

Rencana ini – aksi bersama Eropa – juga menguraikan serangkaian tindakan dalam menanggapi kenaikan harga energi di Eropa, dan untuk membantu mengisi kembali stok gas untuk musim dingin mendatang.

Eropa telah menghadapi kenaikan harga energi selama beberapa bulan, tetapi sekarang ketidakpastian pasokan – mengingat invasi Rusia ke Ukraina – memperburuk masalah.

REPowerEU akan berusaha untuk mendiversifikasi pasokan gas, mempercepat peluncuran gas terbarukan dan mengganti gas dalam pemanas dan pembangkit listrik.

Rencana tersebut dimaksudkan untuk mengurangi permintaan UE untuk gas Rusia hingga dua pertiga sebelum akhir tahun. ***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement