Connect with us

Hukum

Roy Suryo Tidak Ditahan Dalam Kasus Meme Stupa, Terlihat Keluar Pakai Peyangga Leher

Avatar

Diterbitkan

pada

Roy Suryo Tidak Ditahan

Roy Suryo tidak ditahan usai menjalani pemeriksaan polisi kasus meme stupa Candi Borobudur mirip Jokowi (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Pakar telematika Roy Suryo kembali menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan pada Kamis (28/7/2022) dalam kasus unggahan gambar meme stupa Candi Borobudur yang mirip wajah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Roy Suryo tidak ditahan meski ditetapkan sebagai tersangka.

Setelah keluar dari Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya sekitar pukul 22.33 WIB, Roy Suryo terlihat menggunakan cervical collar atau alat penyangga leher usai diperiksa selama 9,5 jam.

Roy terlihat lemas dan membisu, ia hanya memberi salam dengan menempelkan kedua telapak tangannya. Bahkan Ia dipapah oleh kuasa hukumnya untuk berjalan ke dalam mobil.

Setelah diperiksa, Polda Metro Jaya memutuskan Eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) sebagai tersangka dalam kasus meme stupa Candi Borobudur, namun Roy Suryo tidak ditahan karena keputusan dan pertimbangan dari penyidik.

Baca juga: Buntut Kasus Meme Stupa, Roy Suryo Ditetapkan Sebagai Tersangka

“Roy Suryo tidak ditahan. Penyidik menganggap tersangka saudara Roy Suryo belum perlu dilakukan atau istilahnya atas pertimbangan penyidik,” Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, melansir detik, Jumat (29/7/2022)

Advertisement

Roy Suryo disangkakan pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 Undang-Undang RI nomor 19 tahun 2016 tentang ITE. Kemudian juga Pasal 156 a KUHP dan Pasal 15 Undang-Undang nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. Kasus ini juga sudah naik ke tahap penyidikan.

Pemeriksaaan didasari laporan polisi dengan nomor LP/B/3042/VI/2022/SPKT/ Polda Metro Jaya, tanggal 20 Juni tahun 2022.

Adapun laporan polisi kedua memiliki nomor LP/B/0293/VI/ 2022/ SPKT/Bareskrim Polri tanggal 20 Juni Tahun 2022 yang dalam pemberitaan terlapornya juga adalah Roy Suryo juga disebut Zulpan memenuhi unsur pidana.***

Baca juga: Tersangka Roy Suryo Kembali Datang ke Polda Metro Jaya terkait Dugaan Penistaan Agama

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement