Connect with us

Ekonomi

BI Siapkan Rp3,79 Triliun untuk Kebutuhan Paskah dan Idul Fitri di NTT

Avatar

Diterbitkan

pada

Ilustrasi: Kantor Bank Indonesia (BI) Wilayah Perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) di Kupang. (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Kantor Bank Indonesia (BI) Wilayah Perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan Rp3,79 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama hari besar keagamaan yaitu Paskah dan Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Tahun ini uang yang kita siapkan meningkat sebesar 10,42 persen, karena pada tahun lalu hanya mencapai Rp3,47 triliun,” kata Kepala Kantor BI Wilayah NTT I Nyoman Ariawan Atmaja di Kupang, Senin (11/4/2022).

Nyoman menegaskan kenaikan jumlah uang yang disiapkan untuk dua hari besar keagamaan itu karena pada tahun ini sudah pasti kebutuhan masyarakat meningkat. Apalagi ada kelonggaran mudik bagi warga yang ingin merayakan hari besar keagamaan bersama keluarga di kampung halaman, sehingga dipastikan akan banyak kebutuhan uang.

Selain itu, kata dia, langkah tersebut dilakukan seiring momentum pertumbuhan ekonomi yang terus berlanjut serta mengantisipasi peningkatan transaksi masyarakat sejalan dengan pandemi yang mulai terkendali.

“Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), realisasi vaksinasi yang terus didorong dan peningkatan aktivitas masyarakat saat Paskah, Ramadhan dan Idul Fitri, diperkirakan meningkatkan aktivitas ekonomi dan pembayaran sehingga membutuhkan peningkatan layanan sistem pembayaran tunai dan nontunai,” tambah dia dilansir antaranews.com.

Advertisement

Ia pun menambahkan bagi masyarakat di Kota Kupang dan sekitarnya yang ingin menukarkan uang jelang Idul Fitri, BI NTT telah mempersiapkan dua bentuk layanan yaitu penukaran uang di perbankan pada 4-29 April 2022 dan di 101 titik penukaran, salah satunya di Kota Kupang. ***

Lanjutkan Membaca
Advertisement