Connect with us

Politik

Puan: IPU Berperan Penting Tolak Agenda Uniliteral dan Bersama-sama Bangkit Setelah Pandemi Covid-19

Avatar

Diterbitkan

pada

Ketua DPR RI Puan Maharani pada sidang IPU. (Ist).

Ketua DPR RI Puan Maharani pada sidang IPU. (Ist).

FAKTUAL-INDONESIA: Ketua DPR RI Puan maharani menegaskan, forum parlemen dunia Inter-Parliamentary Union (IPU) yang sekarang berlangsung di Nusa Dua, Bali hendaknya menolak agenda dn Tindakan sepihak (unilateral) karena itu dapat mengancam harmonisasi antarnegara.

Selain itu, Puan menekankan bahwa parlemen harus menjadi actor utama membangun kerja sama antaranegara.

Hal ini disampaikan Puan di depan ribuan delegasi asing yang mewakili parlemen 115 negara pada sidang IPU. Menurut Puan, dunia saat ini harus bergotong royong dan memperbanyak kerja sama demi bangkit setelah terdampak pandemi COVID-19.

“Kita saat ini hidup di dunia yang semakin kompleks dan menghadapi berbagai tantangan besar. Pandemi telah memasuki tahun ketiga dan dunia terus menghadapi ketidakpastian,” kata Puan dikutip dari keterangan resmi DPR RI, Senin (21/3/2022).

Ia menyampaikan jika negara-negara tidak bekerja sama dan mementingkan diri sendiri maka berbagai tantangan dan masalah termasuk pandemi akan sulit dihadapi.

Advertisement

“Masalah kesehatan dapat berkembang menjadi masalah sosial, ekonomi, politik, atau sebaliknya,” kata Puan Maharani.

Lebih lanjut Puan menekankan, parlemen berperan penting untuk menjadi aktor utama dalam membangun berbagai kerja sama antarnegara.
“Parlemen juga perlu membangun kesadaran masyarakat di dalam negeri bahwa selain perlu membangun rasa cinta tanah air, pada saat bersamaan kita juga perlu menumbuhkan semangat solidaritas global,” katanya.

Oleh karena itu, forum sidang majelis IPU yang tahun ini digelar di Bali International Convention Centre (BICC) Nusa Dua, Bali, pada 20–24 Maret 2022 dapat jadi wadah untuk menyatukan komitmen bersama mengatasi berbagai masalah dunia.

“Keputusan-keputusan yang penting bagi permasalahan dunia dan masa depan dunia ditentukan di sini dan sekarang ini juga,” tegas Ketua DPR RI.

Pada kesempatan itu Puan juga menyampaikan parlemen punya peran kunci menolak unilateralisme.

Advertisement

“Parlemen memiliki peran kunci menolak unilateralisme, yang mengutamakan kepentingan sempit dan sesaat,” lanjut Puan. ***

Lanjutkan Membaca
Advertisement