Connect with us

Politik

Reshuffle Kabinet, Presiden Jokowi dari Pasar Tanah Abang Minta Tunggu Saja

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pada awak media saat meninjau Pasar Tanah Abang, Jakarta, pada Senin, 2 Januari 2023

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pada awak media saat meninjau Pasar Tanah Abang, Jakarta, pada Senin, 2 Januari 2023

FAKTUAL-INDONESIA: Dalam kunjungannya ke Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin (2/2/2023), Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditanya media terkait kemungkinan perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

Presiden Jokowi hanya berujar singkat “Tunggu saja” menjawab pertanyaan tentang kemungkinan reshuffle dan perubahan posisi partai politik di jajaran kabinet.

Bila terjadi perombakan kabinet maka Presiden Jokowi tercatat empat kali melakukan perombakan Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

“Ya tunggu saja,” ujar Jokowi singkat di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin.

Ketika disinggung terkait kemungkinan adanya perubahan posisi partai politik di jajaran kabinet, Jokowi kembali menjawab “tunggu saja,”.

Advertisement

Sinyalemen perombakan Kabinet Indonesia Maju pada 2023 bukan kali pertama disampaikan oleh Presiden Jokowi.

Pada akhir tahun lalu tepatnya 23 Desember 2022, ketika disinggung mengenai hasil survei dari sebuah lembaga survei terkait persetujuan responden agar dilakukan “reshuffle” kabinet, Jokowi menjawab bahwa terdapat kemungkinan untuk mengubah posisi menteri. Namun, Jokowi tidak menyebut waktu pasti untuk perombakan kabinet itu.

“Mungkin. Ya nanti,” kata Jokowi di Bendungan Sukamahi, Bogor, Jawa Barat.

Dari pantauan media seperti laporan antaranews.com, Presiden Jokowi tercatat sudah tiga kali melakukan perombakan Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. “Reshuffle” pertama Kabinet Indonesia Maju dilakukan Jokowi pada 23 Desember 2020. Saat itu, ada enam menteri baru sebagai menteri kesehatan, menteri sosial, menteri agama, menteri perdagangan, menteri kelautan dan perikanan, serta menteri pariwisata dan ekonomi Kreatif.

Lalu, “reshuffle” kedua dilakukan Jokowi pada pada 28 April 2021 dengan melantik dua menteri baru sebagai menteri pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi dan juga menteri investasi/kepala BKPM. Kemudian, “reshuffle” ketiga dilakukan Jokowi pada dengan 15 Juni 2022 dengan melantik figur baru untuk jabatan menteri perdagangan, menteri ATR/kepala BPN, wakil menteri ATR/wakil kepala BPN, wakil mendagri, serta wakil menteri ketenagakerjaan.

Advertisement

Lihat Sektor Riil

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali tahun baru 2023 dengan menyambangi Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat, Senin, yang disebutnya mencerminkan kondisi perekonomian secara riil.

Presiden Jokowi tiba di Pasar Tanah Abang sekitar pukul 9.27 WIB, setelah meresmikan dibukanya perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2023.

Presiden Jokowi yang didampingi Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berkeliling di beberapa kios yang ada di Pasar Tanah Abang Blok A dan berinteraksi dengan sejumlah pedagang di sana.

“Saya ingin melihat sektor riil itu bergerak seperti apa, karena (Pasar Tanah Abang) ini adalah pasar bagi produksi-produksi yang ada di daerah-daerah. Kalau di sini turun, berhenti, artinya produksinya juga berhenti, juga turun,” kata Presiden Jokowi kepada awak media selepas peninjauan.

Advertisement

Presiden mengaku ingin melihat langsung pasar agar ada optimisme yang muncul kembali untuk tahun 2023, setelah Indonesia mampu melewati ancaman perekonomian tahun 2022.

Terlebih lagi Presiden pekan lalu baru saja secara resmi menyudahi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Jumat (30/12).

“Karena 2022 tahun yang tidak mudah, tahun sebelumnya juga jauh dari kemudahan. Sehingga kita harapkan di tahun 2023 ini ada optimisme karena PPKM sudah dicabut,” kata Presiden Jokowi.

Presiden menekankan bahwa harapan optimisme karena pencabutan PPKM juga bisa dirasakan di pasar-pasar besar sejumlah kota lain seperti Pasar 16 Ilir di Palembang, Pasar Terong di Makassar, Pasar Beringharjo di Yogyakarta, Pasar Turi di Surabaya, Pasar Johar di Semarang, serta Pasar Baru, dan Pasar Gedebage di Bandung.

“Tadi saya sudah bertanya ke beberapa pedagang juga menyampaikan tahun 2022 kemarin omzetnya jauh lebih baik dibandingkan tahun 2021. Kita harapkan tahun 2023 juga jauh lebih baik dari tahun 2022,” ujar Presiden Jokowi.

Advertisement

Presiden juga mengapresiasi keterangan setiap pedagang yang ditemuinya di Pasar Tanah Abang mengaku sudah masuk ke platform lokapasar digital.

“Itu bagus dua-duanya dijalankan. Saya kira ini sebuah lompatan masuk ke digital sector, digital market, dan kita harapkan semakin mempermudah bertemunya para produsen dengan konsumen, penjual dengan pembeli,” kata Presiden Jokowi. ***

Lanjutkan Membaca
Advertisement