Connect with us

Politik

Gubernur di Prosesi IKN: 6 Tidak Hadir, 1 Pingsan, 27 Pulang, 1 Temani Presiden Jokowi Kemah

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi yang pertama menyerahkan air ke Presiden Joko Widodo dalam prosesi Kendi IKN Nusantara dan presiden akan berkemah di titik nol

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi yang pertama menyerahkan air ke Presiden Joko Widodo dalam prosesi Kendi IKN Nusantara dan presiden akan berkemah di titik nol

FAKTUAL-INDONESIA: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar proses Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN), Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Setelah Prosesi Kendi IKN itu maka malam harinya Presiden Jokowi berkemah di lokasi yang sama.

Dari 33 gubernur yang diundang untuk prosesi Kendi Nusantara selain Gubernur Kalimantan Timur yang bertindak sebagai tuan rumah ternyata enam gubernur tidak hadir. Dengan demikian gubernur yang hadir hanya 28 orang termasuk gubernur Kaltim Isran Noor .

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan enam gubernur yang tak hadir karena alasan kesehatannya.

Gubernur Papua Lukas Enembe yang absen diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekda Papua Y. Derek Hagemu.

Advertisement

Kemudian Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman juga absen dan diwakili Wakil Gubernur Abdul Fatah.

Gubernur Bali Wayan Koster diwakili oleh Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati.

Gubernur Gorontalo yang diwakili Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim.

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran yang diwakili Wakil Gubernur Edy Pratowo.

Dalam prosesi tersebut, seluruh tanah dan air yang diserahkan para gubernur dan perwakilan gubernur disatukan oleh Presiden dan disimpan di sebuah bejana besar.

Advertisement

Gubernur pertama yang menyerahkan tanah dan air dari daerahnya adalah Anies Baswedan, selaku Gubernur DKI Jakarta.

Kemudian berturut-turut, sejumlah gubernur dari provinsi lainnya, hingga ditutup oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Jokowi mengatakan penyatuan tanah dan air nusantara ini menandai cita-cita besar dan pekerjaan besar yang akan segera dimulai yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara.

“Saya hadir di sini bersama-sama 34 gubernur dari 34 provinsi dari seluruh tanah air, bersama 15 tokoh masyarakat dari Kalimantan Timur. Kita tahu baru saja tadi tanah dan air yang dibawa oleh 34 gubernur telah kita satukan di tempat yang akan jadi lokasi Ibu Kota Nusantara,” kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan prosesi penyatuan tanah dan air Nusantara merupakan bentuk kebhinekaan dan persatuan yang kuat untuk membangun Ibu Kota Nusantara.

Advertisement

Pingsan

Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura pingsan usai prosesi penyatuan tanah dan air di IKN Nusantara. Pihak Istana mengatakan Rusdy lemas karena cuaca di lokasi panas.

“Sudah selesai acaranya dan tidak pingsan, cuma lemas karena cuaca panas,” kata Kasetpres Heru Budi Hartono kepada wartawan, Senin (14/3/2022).

Heru menjelaskan Rusdy sudah ditangani dengan baik. “Saat acara selesai beliau rasa lemas, tapi masih sadar dan ditangani langsung oleh tim dokter Kepresidenan dan juga ditangani langsung dengan ambulans juga. Semoga cepat sehat lagi dan beliau semangat luar biasa,” ujar Heru.

Penjelasan mengenai kondisi Rusdy Mastura sebelumnya disampaikan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Kaltim Syafranuddin saat dihubungi, Senin (14/3/2022). Cuaca yang panas disebut jadi penyebab Rusdy kelelahan hingga pingsan.

Advertisement

“Iya pingsan, faktor kelelahan karena di sini cuacanya panas,” jelas Syafranuddin.

Syafranuddin mengatakan Rusdy langsung dibawa ke tenda untuk mendapatkan perawatan medis. Kondisi Rudy disebut perlahan membaik.

Ivan menyebut kondisi cuaca saat ritual di titik nol IKN memang begitu panas. Kondisi lahan yang minim tempat berteduh membuat tamu undangan yang ikut serta dalam kegiatan mengaku kelelahan.

“Iya banyak yang kelelahan, tapi tim medis kita ada bersiap mengantisipasi jika ada tamu yang kelelahan,” kata Ivan.

Keterbatasan Fasilitas

Advertisement

Sebanyak 27 gubernur dan 6 perwakilan provinsi yang ikut dalam acara Kendi Nusantara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan pulang ke daerahnya masing-masing. Mereka dipastikan tak akan menemani Presiden Jokowi untuk berkemah di sana pada malam ini, Senin, 14 Maret 2022.

“Hanya Gubernur Kalimantan Timur saja yang tinggal,” ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono saat dihubungi, Senin, 14 Maret 2022 .

Heru menyatakan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor akan ikut berkemah bersama Jokowi di titik nol IKN. Selain Jokowi dan Isran, ada juga Kepala Otorita IKN dan wakilnya,  Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe yang berkemah di sana.

Menurut Heru, 27 gubernur lainnya tidak ikut berkemah karena keterbatasan fasilitas yang ada. Jokowi dan rombongan nantinya akan tidur di dalam tenda berukuran kecil.

“Kondisi tempat yang terbatas, berbentuk kontur tanahnya. Dan fasilitas air dan lain-lain sangat terbatas,” kata Heru. ***

Advertisement

Lanjutkan Membaca