Connect with us

Olahraga

NOC Indonesia Berkoordinasi dengan NOC Prancis Sambut Jenderal Royke Gowes Jakarta-Paris di Garis Finis

Avatar

Diterbitkan

pada

Jenderal Purnawirawan Royke Lumowa untuk mendukung Tim Indonesia di Olimpiade 2024 Paris bersedia gowes Jakarta-Paris. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Misi gowes Jakarta-Paris yang ditempuh Jenderal Purnawirawan Royke Lumowa untuk mendukung Tim Indonesia di Olimpiade 2024 Paris mendapat apresiasi dari Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia). Organisasi Non-pemerintah pimpinan Raja Sapta Oktohari ini langsung berkoordinasi dengan NOC Prancis dalam menyiapkan welcome receiption atau penyambutan untuk Royke saat tiba di City of Light.

Okto, sapaan karib Raja Sapta, telah membicarakan hal tersebut dengan Presiden NOC Prancis David Lappartient yang juga menjabat sebagai Presiden Union Cycliste Internationale (UCI). Okto yang menjabat sebagai Senior Vice President Asia Cycling Confederation (ACC) bertemu dengannya dalam acara UCI Presidential Event dan UCI World Championship di Glasgow, Skotlandia, United Kingdom.

“Saya sebagai Senior Presiden ACC dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia mendorong komunitas sepeda Asia untuk memberikan dukungan terhadap misi besar Jenderal Royke. Saya juga sudah berkoordinasi dengan Presiden Lappartient dan responsnya sangat positif karena Jenderal Royke membawa misi Olimpiade untuk bersepeda dari Jakarta menuju Paris,” kata Okto.

Lebih lanjut, Okto mengatakan ia, Lappartient dan Royke juga sudah berbicara melalui conference call, di mana Lappartient juga memberikan dukungan dan menyemangati Royke dalam menjalankan misi perjalanannya.

“Kami sempat berbincang dan Presiden Lappartient juga memberikan warm word dan menunggu Royke tiba di Paris, beberapa hari jelang pembukaan Olimpiade nanti,” kata Okto.

Advertisement

Royke memulai perjalanan menuju paris pada 8 Juni lalu dengan start di Monumen Nasional. Ia bakal melintasi 47 negara dengan jarak tempuh 50.000 kilometer dalam 481 hari atau 1 tahun 3 bulan.

Dalam perjalanan bertajuk “Cycling Anyware to Save the Earth”, Royke membawa lima misi utama, yaitu persahabatan antarnegara dalam rangka perdamaian dunia. Kedua, mengajak masyarakat meningkatkan aksi penyelematan bumi melalui pelestarian lingkungan, dan mempropagandakan sepeda sebagai moda transportasi yang ramah lingkungan.

Selain itu, Royke juga ingin mempromosikan Indonesia sebagai tujuan wisata dunia, serta menyampaikan kepada dunia dukungan nyata untuk Tim Indonesia di Olimpiade Paris dan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

Royke yang hari ini sudah tiba di Bangkok, Thailand, bangga atas respons positif dari Presiden NOC Prancis dan Presiden UCI. Ia berharap api semangat yang dibawa dari Tanah Air dapat tersalurkan dengan sempurna ketika dirinya tiba di Paris, tahun depan.

“Saya sudah berada di Thailand, masih sehat dan semangat melanjutkan misi gowes menuju Paris. Terima kasih kepada Ketua Komite Olimpiade Indonesia Okto dan Presiden NOC Prancis David Lappartient yang akan menerima saya di garis finis di Paris nanti,” ujar Royke ****

Advertisement

Lanjutkan Membaca