Home Olahraga Billie Jean King Cup 2021: Jungkirkan AS, Rusia Tantang Swiss di Final

Billie Jean King Cup 2021: Jungkirkan AS, Rusia Tantang Swiss di Final

oleh Bambang

Liudmila Samsonova menjadi bintang tim Rusia ketika kalahkan Amerika Serikat di semifinal. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Rusia menjungkirkan  Amerika Serikat (AS) 2-1 untuk menantang  Swiss yang menyingkirkan Australia  2-0 di  kejuaraan Billie Jean King Cup 2021, Jumat (5/11/2021), di O2 ArenaPraha, Rep Ceko.

Rusia , juara empat kali itu mengincar gelar pertama mereka di kompetisi bergengsi  antar tim nasional sejak terakhir meraihnya di tahun 2008 itu.

Swiss akan jadi lawan Rusia untuk memperebutkan gelar juara, setelah tim Swiss unggul 2-0 atas Australia pada pertandingan semifinal lainnya.  Rusia kembali ke pertandingan perebutan gelar Billie Jean King Cup untuk pertama kalinya sejak runner-up mereka tampil pada tahun 2015.

Rusia mendominasi acara tim nasional terkemuka di tenis wanita  di era tahun 2000-an, menang empat kali dalam dekade itu. Namun, mereka belum membawa pulang mahkota sejak 2008. Tapi Rusia sekarang  berjuang untuk mengakhiri kekeringan itu setelah mengatasi 18 kali juara Piala Billie Jean King Amerika dalam pertandingan semifinal yang dramatis.

Liudmila Samsonova membuka kemenangan Rusia  dengan mengalahkan mantan nomor tiga dunia dan juara AS Terbuka 2017 Sloane Stephens 1-6, 6-4, dan 6-3 hanya dalam waktu kurang dari dua jam. Samsonova, yang memenangkan gelar tunggal WTA pertamanya di lapangan rumput Berlin awal tahun ini, melakukan 18 unforced error  dan  dua winner di set pertama.

Namun Danielle Collins datang untuk menyelamatkan AS di pertandingan kedua hari itu, menang atas finalis Roland Garros 2021 Anastasia Pavlyuchenkova 6-7(9), 7-6(2) dan  6-2 dalam 2 jam dan 42 menit yang melelahkan .

Tapi Rusia melalui pasangan Samsonova ? Veronika Kudermetova mengalahkan pasangan  Shelby Rogers / CoCo Vandeweghe 6-3, 6-3  untuk pastikan tiket final.

Di semifinal lainnya Swiss memiliki jalur yang jauh lebih cepat merabut tiket final dengan mengubur harapan Australia.   Jil Teichmann meraih kemenangan 6-0, 6-3 atas Storm Sanders.

Juara Olimpiade tahun ini Belinda Bencic menuntaskan dengan  mengalahkan Ajla Tomljanovic 6-3, 6-2 dalam 68 menit.

Swiss sedang mencari kejuaraan Billie Jean King Cup pertamanya. Hasil terbaik negara ini adalah runner-up yang ditunjukkan kepada juara lima kali Spanyol pada tahun 1998. ****