Connect with us

Olahraga

Badminton Asian Team Championships 2024: Putra China dan Putri India Juara, Ester Nurumi Dkk Kebagian Perunggu

Avatar

Diterbitkan

pada

Podium juara beregu putri di BATC 2024. (Foto: PBSI)

FAKTUAL-INDONESIA: Tim Putra China dan Putri India keluar sebagai juara Badminton Asian Team Championships (BATC) 2024 yang berakhir Minggu (18/2/2024), di Selangor, Malaysia.

Di final tim China meredam harapan tuan rumah Negeri Jiran Malaysia dengan skor meyakinkan 3-0. Sedangkan putri India keluar menjadi juara sesudah melalui perjuangan ketat menang 3-2 atas Thailand.

Sementara itu tim putri Indonesia kali ini mendapatkan medali perunggu, usai di semifinal takluk kepada Thailand. Hasil putri lebih bagus dibandingkan tim putra.

Tim putra Indonesia gagal membawa pulang mendali. Alwi Farhan dkk tersisih di perempatfinal setelah takluk di tangan China.

Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky mengaku syukur menurunkan pemain pelapis berhasil ke semifinal putri dan perempatfinal putra.

Advertisement

“Bersyukur dengan diperkuat pemain pelapis dan muda, Indonesia menjadi semifinalis di beregu putri dan perempatfinalis di beregu putra BATC 2024,” kata Rionny. “Secara umum saat di perempatfinal lawan China, sektor ganda putra begitu dominan. Setelah gagal sumbang poin saat lawan Korea, ganda putra bisa bangkit dan bisa menyumbangkan dua angka,” lanjut Rionny.

Sementara di sektor tunggal, sambung Rionny, pemain pelapis Pelatnas Cipayung masih kalah jam terbang dan pengalaman dari China. ” Meski kalah, mereka mendapat banyak pelajaran,” ucap Rionny. “Yang penting pemain juga bisa memberikan perlawanan ketat lawan China. Pemain muda seperti Alwi dan Saut harus lebih banyak belajar dan menimba pengalaman sebanyak mungkin di ajang beregu,” tambah Rionny.

Untuk putri, jelas Rionny, hasil masuk semifinal juga cukup baik. Dengan pemain pelapis bisa memberikan perlawanan. Diperkuat bukan pemain inti, pemain pelapis bisa tampil maksimal dan bisa menimba banyak pengalaman penting di kejuaraan beregu. Ester juga bermain baik.

“Ini kejuaraan yang penting untuk melatih mental pemain, terutama bagi pemain muda,” kata Rionny. “Pemain belajar untuk tidak perlu takut sepanjang nyalinya bagus. Sebagus apa pun latihan kalau tidak berani, ya percuma. Selain latihan tekun, pemain perlu juga berjuang lebih keras dan berani di lapangan,” jelasnya.

Menurut Rionny, hasil di BATC ini bisa menjadi gambaran untuk menghadapi perebutan Piala Thomas dan Uber nanti. Para pemain juga harus berlatih lebih keras lagi dan meningkatkan terus daya juang di lapangan. Pemain harus lebih berani, tidak takut, dan punya nyali. ****

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement