Connect with us

News

Guru Catur Tahan Remis GM Susanto di Babak Keenam JAPFA FIDE RATED 2021

Avatar

Diterbitkan

pada

Surya Wahyudi (baju hitam) ketika bertanding di babak ketujuh melawan MF Hamdani Rudin di babak ketujuh. (bambang)

FAKTUAL-INDONESIA:  Guru sekolah catur Surya Wahyudi sukses menahan remis Grand Masters (GM) Susanto Megaranto di babak keenam turnamen catur berhadiah total Rp110.500.000 JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021, Selasa (7/12/2021), di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta.
“Dari awal saya hanya berusha untuk dapat remis lawan Susanto. Sejauh ini head to head saya lebih banyak kalah dari dia. Oleh sebab itu, meski pedang buah putih saya cuma pasangan target bisa nahan remis. Dan saya akhirnya berhasil penuhi target itu,” kata Surya.
Sukses menahan remis Susanto itu menjadikan Surya terus membayang unggulan utama GM Susanto itu di puncak klasemen sementara JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021. Keduanya sama-sama mengumpulkan 5,5 poin hingga babak keenam.
Menurut Surya, dirinya memang mentargetkan hanya main remis lawan GM Susanto dan baru akan genjot raih kemenangan di babak ketujuh, delapan dan kesembilan. “Remis lawan Susanto memang saya rancang. Baru setelah itu akan geber untuk meraih kemenangan pada tiga babak sisinya. Semoga semua mulus dan sesuai rencana untuk bisa merebut tropi di turnamen,” jelas Surya yang kini menjadi guru catur.
Selama berlangsungnya turnamen catur berhadiah total Rp110.500.000 itu,  Surya dan GM Susanto  belum terbendung, dengan sama-sama mengantongi lima poin. Namun pada babak kelima, Senin (6/12/2021) kemarin, Surya secara mengejutkan menggeser posisi GM Susanto di puncak klasemen setelah unggul dari nilai tie break.
Surya saat ini memiliki rating 2199. Dalam perjalanannya, pecatur 32 tahun itu mengalahkan Cahyadi, Fernanda Agus Saputra, Jesman Sijabat, Hadiyanoor dan terakhir Dicky Aditya.
Sementara GM Susanto yang memiliki rating 2548 meraih lima kemenangan masing-masing atas Woman FIDE Master (WFM) Elisabeth Christine, Susanto, Sunardi Sadeli, Internasional Masters (IM) Tarigan Gilbert Elroy dan Dziththauly Ramadhan. ****

Lanjutkan Membaca
Advertisement