Connect with us

Nusantara

Presiden Joko Widodo Hadiri Prosesi Pemakaman Pamannya, Miyono Suryosardjono

Avatar

Diterbitkan

pada

 

Presiden Joko Widodo menghadiri pemakaman pamannya, Miyono Suryosardjono. (Foto: istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Presiden Joko Widodo (Jokowi) melayat pamannya, Miyono Suryosardjono atau yang biasa dipanggil Pakde Miyono, Senin (28/2/2022). Jokowi mengikuti semua proses pemakaman tersebut sejak awal hingga akhir. Bahkan turut mengantarkan jenazah Pakde Miyono hingga ke pemakaman keluarga di Astana Mundu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Presiden Jokowi hadir tanpa didampingi ibu negara Iriana Jokowi sekitar pukul 09.55 WIB dengan menggunakan mobil bernomor polisi B 1190 RFS. Mengenakan peci dan batik lengan panjang warna coklat, Jokowi langsung masuk ke dalam rumah duka untuk mendoakan pamannya.

Selang beberapa menit, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang juga putra sulung Jokowi tiba bersama istrinya Selvi Ananda. Hadir juga dalam prosesi pemakaman tersebut sejumlah pejabat nasional dan daerah. Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju seperti Menko PMK Muhadjir Effendy ,Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi nampak hadir melayat.

Prosesi pemakaman dimulai dengan sambutan-sambutan dan doa. Kemudian dilanjutkan dengan acara brobosan atau berjalan di bawah keranda jenazah. Selanjutnya jenazah dibawa ke Masjid H Diana Kusumasari Santosa untuk di sholatkan.

Advertisement

Jenazah dibawa dari rumah duka di Jalan Ahmad Yani 297, Gondang, Manahan, Solo, Jawa Tengah menurut Astana Mundu sekitar pukul 11. 00 WIB.

“Pakde Miyono dimakamkan di samping sebelah makam ibu (Sudjiatmo Notomiharjo/ibunda Jokowi),” jelas keponakan Miyono yang juga adik bungsung Jokowi, Titik Ritawati.

Lebih lanjut Titik mengatakan sebelum Pakde Miyono meninggal, Presiden Jokowi sempat menengok dan bertemu langsung pada Sabtu (26/2/2022) lalu.

“Saat bertemu, Pak Jokowi sempat membuka masker sebentar, kan dilarang buka masker. Karena pakde sudah tidak ingat siapa yang menjenguk,” jelasnya lagi.

Saat bertemu dengan Jokowi, Pakde Miyono sempat mengatakan tidak kuat, karena nafasnya sesak. Sehingga tidak bisa berbicara banyak.

Advertisement

Titik juga mengatakan sosok Miyono adalah orang yang sabar, bijaksana dan baik dengan keponakan-keponakannya.

“Dari dulu keluarganya pakde sama keluarganya ibu itu rukun, gak pernah ada ribut sampai sekarang guyub rukun saling tolong menolong,” katanya.

Pakde Miyono adalah tokoh yang dekat dengan Presiden Jokowi. Miyono meninggal dunia pada Minggu (27/2/2022) malam sekitar pukul 19.50 WIB. Dari dialah, Jokowi mengenal bisnis mebel dan kayu.

Miyono juga lah yang mendorong Jokowi terjun ke dunia politik mulai menjadi Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta hingga Presiden.

Ratusan pelayat nampak hadir di rumah duka, begitu juga karangan bunga nampak berjejer di Jalan Ahmad Yani dan Jalan MT Haryono Manahan Solo. Karangan bunga tersebut diantaranya dari Presiden Jokowi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. ***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement