Connect with us

Nusantara

PLTSa Putri Cempo Solo Beroperasi Desember, Menghasilkan 8 MW

Avatar

Diterbitkan

pada

 

Ujicoba commisioning PLTSa Putri Cempo Solo. (Foto: istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Putri Cempo Solo, ditargetkan beroperasi Desember 2022 mendatang, dan mulai Januari bisa menjual listrik ke PLN. Uji coba commisioning unit PLTSa Putri Cempo, sudah dilakukan Selasa (28/6/2022) di area Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo.

Saat ini dari 8 unit mesin yang akan digunakan, baru 4 unit yang beroperasi. Dari 8 unit mesin nantinya akan menghasilkan 8 Megawatt (MW) dimana 5 diantaranya dijual ke PLN sedangkan 3 MW akan digunakan sendiri untuk operasional. Tetapi saat ini baru menghasilkan sekitar 3 MW.

“Target masih sama, Desember bida beroperaei  semuanya dan Januari bisa start jualan ke PLN,” jelas Direktur PT. Solo Citra Metro Plasma Power (SCMP) Elan Syuherlan.

Menurut Elan, 4 unit mesin lainnya saat ini masih dalan proses pengiriman dan diperkirakan akhir bulan Juli sudah tiba di Kota Solo.

Advertisement

Untuk bisa menghasilkan listrik 8 MW dibutuhkan sampah sebanyak 550 ton perhari yang terdiri dari sekitar 350 ton sampah baru dan 200 ton sampah lama.

“Kami memperkirakan jangka waktu 8 sampai 9 tahun sampah lama di TPA Putri Cempo akan habis. Jadi tidak mungkin menambah sampah baru hanya dari Kota Solo  jadi butuh sampah dari luar kota juga,” jelasnya lagi.

Lebih lanjut Elan mengatakan dengan satu rangkaian ini bisa jalan, diharapkan dukungan kedepannnya juga semakin kuat.

“Melalui mesin ini akan mengkorversi sin gas (Gas Sintetis) atau sampah yang mengalami gasifikasi menjadi listrik,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ahyani mengatakan ujicoba commisioning sebenarnya akan dilakukan April lalu. Tetapi karena terkendala PPKM saat pandemi Covid-19 maka tertunda.

Advertisement

“Proses pengiriman mesinnya saja dari negara India terhenti di Malaysia karena PPKM,” ujar Ahyani.

Ahyani mengatakan untuk pasokan sampah, Pemkot Solo akan bekerjamasa dengan daerah lain seperti Kabupaten Karanganyar, Sukoharjo dan daerah lainnya. ***

Lanjutkan Membaca
Advertisement