Connect with us

Nusantara

Keren! Lokananta Akan Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata Baru di Jawa Tengah

Avatar

Diterbitkan

pada

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melihat-lihat koleksi Lokananta Solo. (Foto: istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Keren!  Lokananta, perusahaan rekaman musik tertua milik negara yang ada di Kota Solo akan dikembangkan menjadi destinasi wisata baru di Jawa Tengah.

Lokananta akan dikembangkan selain tetap mempertahankan museum dan studio musik juga dilengkapi dengan  galeri UMKM dan kuliner. Juga akan dilengkapi dengan school of music atau sekolah musik.

Untuk studio musik akan ditambah dengan amphitheatre di ruang terbuka. Sehingga bisa digunakan sebagai lokasi konser musik.

“Akhir bulan ini konstruksi tahap awal sudah kita jalankan, akhir November atau awal Desember sudah bisa soft launching. Sedangkan untuk grand launching bulan Februari,” jelas Direktur Utama PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero). Yadi Jay Ruchandi saat pemaparan rencana pengembangan Lokananta di Lokananta Solo, Kamis (14/7/2022).

Yadi juga mengungkapkan konsep pengembangan Lokananta berdasarkan creative and commercial hub. Tetapi tetap berdasarkan ekosistem musik.

Advertisement

Lokananta adalah perusahaan rekaman yang  dimiliki Perum PNRI sedangkan  proyek pengembangan dipimpin dan didanai grup Danareksa dan PPA. untuk rancang bangun oleh PP Urban dan Andramatin.

“Sedangkan operatornya bekerjasama dengan  Sarinah. Di sini juga akan dlengkapi galeri UMKM yang menampung produk-produk UMKM lokal,” jelas Yadi dalam paparan yang dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka itu.

Sementara itu, Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan museum Lokananta harus menjadi living museum dan tidak hanya menjadi tempat menyimpan benda-benda mati.

“Kalau hanya menyimpan benda-benda mati nanti jadinya gudang. Nanti kalau ada konser musik di sini dia disuruh menyumbang bukunya atau rekamannya. Sehingga orang bisa belajar sejarah musik di sini lebih banyak lagi,” jelas Ganjar.

Di lokasi Lokananta juga akan ada pusat kuliner dan ada ruang ekspresi. Setiap hari ada orang yang bermain musik baik ditonton maupun tidak.

Advertisement

“Artinya mereka punya panggung yang bisa kita kelola dengan gampang dan bakat-bakat itu akan muncul dan kemudian industri kita akan hidup lagi,” jelasnya lagi.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menambahkan, konsep yang dipaparkan untuk pengembangan Lokananta menurutnya sudah bagus. Apalagi ditambah dengan adanya sekolah musik.

“Lokananta kita kawal dari awal dan tadi masukan dari pak Gubernur sangat bagus dengan adanya sekolah musik,” pungkasnya. ***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement