Home NasionalNusantara Usai Hajatan, 66 Orang Serentak Terpapar Covid-19

Usai Hajatan, 66 Orang Serentak Terpapar Covid-19

oleh Dwipraya

Foto: Istimewa

FAKTUALid – Kasus Covid-19 di Jawa Timur kembali meluas yang dipicu oleh berbagai sebab. Kali ini giliran 66 orang di sebuah dukuh di Madiun yang serentak terpapar Covid-19 setelah salah satu warganya menggelar hajatan pernikahan.

Jumlah sebanyak itu diperoleh setelah petugas melakukan swab tes antigen kepada 240 warga di Dukuh Bulurejo, Desa Bantengan, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. “Awalnya ada warga yang menggelar hajatan pada pada tanggal 2 Juni lalu. Setelah itu, beberapa warga mulai mengeluh batuk pilek,” ujar Kades Bantengan Hartanto, Minggu (13/6/2021).

Warga mulai curiga ketika jumlah yang mengeluh batuk pilek dan demam, semakin bertambah. Sebagian besar merupakan orang yang ikut menghadiri hajatan pernikahan tersebut.

Pihaknya tidak berani memastikan apakah warganya itu terpapar dari tamu atau sesama warga yang membantu hajatan. Karena sepengetahuannya, kegiatan hajatan itu sudah menerapkan standar protokol kesehatan.

Pihak panitia hajatan misalnya, sudah menerapkan pembatasan, yang masuk diperiksa suhu tubuhnya menggunakan thermogun, ada tempat cuci tangan dan hand sanitizer.

Imbas dari serangan Covid yang menerjang dusun tersebut, kini puluhan warga yang mengalami gejala ringan harus menjalani isolasi mandiri. Mereka berdiam diri di rumah dan semua kebutuhahan hidup termasuk vitaminnya ditanggung oleh pihak desa.

Sejauh ini, hanya tiga orang yang mengalami gejala berat dan harus menjalani perawatan di rumah sakit. Untuk mencegah kasus ini agar tidak sampai menyebar, petugas yang melibatkan TNI/ Polri sudah penyemprotan disinfektan di lingkungan tersebut.

Rencananya, hari Senin ini petugas Dinas Kesehatan akan kembali melakukan tracing. Untuk sementara, akses keluar masuk dusun bulurejo ditutup (lockdown) oleh pemerintah desa.(Akbar Surya)***

Tinggalkan Komentar