Connect with us

Ibu Kota

TMII Tutup Sementara 11-29 April 2022 Terkait Proyek Revitasilasi

Avatar

Diterbitkan

pada

TMII Tutup Sementara

TMII tutup sementara (Foto: istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Kawasa wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, menutup sementara layanan operasionalnya pada 11-29 April 2022. TMII tutup sementara operasionalnya ini terkait adanya proyek revitaliasasi.

“Mohon maaf kami tutup sementara dari tanggal 11 s/d 29 April 2022 dalam rangka revitalisasi TMII. Nantikan TMII yang jauh lebih menarik dengan beragam fasilitas dan hiburan” tulis pengelola di laman resmi Taman Mini Indonesia Indah, yang faktualid.com lansir pada Selasa (12/04/2022).

Tujuan TMII tutup sementara untuk revitalisasi yakni dilakukan dalam rangka menyambut Presidensi KTT G20, yang nantinya akan digunakan untuk menerima delegasi G20 yang datang ke Indonesia.

Pada revitaliasasi ini, Danau Archipelago dan Anjungan termasuk area penting dari TMII yang akan diperbaiki kualitas sarana dan prasarananya.  Adapun Danau Archipelago akan dipasangi dengan lampu-lampu dan air mancur, sehingga terlihat apik di malam hari.

Baca juga: 8 Rekomendasi Kolam Renang di Jakarta dan Sekitarnya, Cocok untuk Berakhir Pekan Bersama Keluarga

Selain itu Danau Archipelago dan Anjungan, revitalisasi akan meliputi gerbang utama, memperbaiki beberapa joglo TMII, membangun struktur parkir, serta renovasi museum yang ada di TMII.

Advertisement

Terkait proyek revitalisasi TMII, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan dana yang dialokasikan untuk renovasi TMII sebesar Rp1,13 triliun.

Biaya tersebut bersumber dari anggaran percepatan pelaksanaan pembangunan infrastruktur untuk mendukung penyelenggaraan acara Internasional di Bali, DKI Jakarta, NTB, dan NTT yang disahkan dalam Perpres Nomor 116 Tahun 2021.

Adapun jumlah alokasi revitalisasi TMII mendapat porsi terbesar yakni 41 persen dari total anggaran yang mencapai sekitar 2,7 triliun.

Mengusung konsep Indonesia Opera

TMII Tutup Sementara

Bocoran Design Revitalisasi Danau Archipelago (TMII tutup sementara) (Foto: Istimewa)

I Gusti Putu Ngurah Sedana selaku Direktur Eksekutif TMII menjelaskan revitalisasi ini mengusung konsep Indonesia Opera dengan merepresentasikan keragaman serta kekayaan potensi daerah dan budaya Indonesia, yang dilansir dari Kompas.

Apalagi ditambah sentuhan ide yang modern, TMII akan bertransformasi menjadi The Ultimate Showcase of Indonesia.

Pengelola juga akan membuka TMII sekitar 2-3 hari jelang Lebaran tepatnya pada 29 April 2022. Meski begitu, tempat wisata ini akan ditutup kembali untuk melanjutkan program revitalisasi yang ditargetkan akan selesai pada Agustus 2022.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement