Home Nasional QS World University Rankings 2022: UNDIP Tempati Peringkat ke-8 di Indonesia

QS World University Rankings 2022: UNDIP Tempati Peringkat ke-8 di Indonesia

oleh Bambang

Gerbang Universitas Diponegoro Semarang. (ist)

FAKTUALid – QS World University Rankings 2022 kembali merilis hasil pemeringkatan untuk universitas tingkat global pada awal Juni 2021. Universitas Diponegoro (UNDIP) berhasil menempati posisi ke-8 di Indonesia dan posisi 1001-1200 di Dunia.

Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings 2022 menggunakan 6 indikator kinerja untuk melakukan perhitungan pemeringkatan global. Indikator tersebut yakni: Academic reputation (40%), Employer reputation (10%), Faculty/Student Ratio (20%), Citations per faculty (20%), International faculty ratio (5%), International student ratio (5%)

Diunggah situs https://www.undip.ac.id/ menuliskan jika Undip berdasar hasil perhitungan QS World University Rankings 2022 dari masing-masing indikator, adalah sebagai berikut: Academic reputation (14,2), Employer reputation (17,5), Faculty/Student Ratio (10,6), Citations per faculty (1,4), International faculty ratio (10,8), International student ratio (2,2). Sehingga hasil perhitungan total skor Undip adalah 10,48. Menempatkan Undip berada pada urutan ke-8 secara nasional.

Mengenai tabel penilaian yang ada di laman https://www.topuniversities.com/university-rankings/world-university-rankings/2022#top_menu, Kepala Kantor Pemeringkatan Undip, Prof Dr Denny Nugroho ST MSi, mengatakan bahwa QS WUR 2022 mengacu pada urutan huruf (alphabet) untuk kelompok peringkat rentang yang sama yaitu 1001-1200. Sedangkan jika dilakukan perhitungan dan analisis data berdasarkan indikator yang ada, maka nilai skor total Undip berkisar 10,48 sehingga berada pada urutan ke-8 nasional, diatas Universitas Bina Nusantara (9), Universitas Brawijaya (10), dan Universitas Telkom (11).

Hasil ini tercapai karena kerjasama dan sinergi semua pihak. Memantapkan jalan dalam mewujudkan Undip sebagai World Class University. Wakil Rektor Riset dan Inovasi Undip, Prof Dr Ir Ambariyanto, MSc., mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kerjasama semua pihak. “Kami menyampaikan terima kasih, selamat dan sukses kepada Bapak Rektor, Para Wakil Rektor, serta para Pimpinan di lingkungan Undip, segenap dosen, tendik, serta semua sivitas akademika dan alumni dalam pencapaian tersebut untuk terus mewujudkan Undip sebagai World Class University,” ungkap Prof Ambar.

Dimintai tanggapannya tentang hal ini, Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum berharap bahwa capaian itu sebagai indikator bahwa kampus yang dipimpinnya sudah mendapat pengakuan di tingkat dunia. Pencapaian visi Undip menjadi universitas riset yang unggul dan universitas berkelas dunia (world class university) dengan semakin meningkatnya kualitas akademik dan kualitas lulusan yang diserap di lapangan kerja. Tidak mudah untuk mencapainya, oleh karena itu Undip juga terus melakukan upaya untuk meningkatkan reputasi akademik di tingkat global, bekerjasama dengan universitas QS 100 WUR, peningkatan kualitas riset, publikasi dan sitas, serta bekerjasama dengan para peneliti luar negeri, peningkatan jumlah mahasiswa asing” kata Prof Yos Johan.

Hasil pemeringkatan ini telah menjadi salah satu acuan yang dipakai oleh calon mahasiswa dan keluarganya dalam memilih perguruan tinggi. Hasil ini juga dipakai oleh pemerintah dan perguruan tinggi sendiri untuk menentukan arah kebijakan selanjutnya yang akan diterapkan.

Dengan penilaian yang ketat membuat hanya 11 perguruan tinggi saja di Indonesia yang berhasil masuk dalam pemeringkatan QS World University Rankings 2022. Perguruan tinggi tersebut didominasi oleh Perguruan Tinggi Negeri. Urutan peringkatnya adalah Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Universitas Bina Nusantara, Universitas Brawijaya, dan Universitas Telkom. Universitas Gajah Mada berada di posisi ke-1 dengan total nilai 38,3.

Sedangkan untuk tingkat global, berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings 2022, menempatkan Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada posisi pertama. Perguruan tinggi yang terletak di Kota Cambridge ini mencatatkan total skor 100. Menempel pada urutan kedua yaitu University of Oxford dengan total skor 99,5. Sedangkan urutan ketiga berhasil diraih oleh Stanford University dengan total skor sebesar 98,7 poin.

Perlu diketahui bahwa QS World University Rankings bukan lembaga yang sembarangan. QS World University Rankings menjadi satu-satunya lembaga pemeringkatan internasional yang telah menerima persetujuan dari International Ranking Expert Group (IREG). Lembaga QS World University Rankings sendiri menjadi salah satu dari tiga lembaga pemeringkatan universitas yang paling banyak dibaca di dunia menurut Alexa Internet. Lembaga lainnya yang terkenal adalah Academic Ranking of World Universities (ARWU) dan Times Higher Education World University. (***)

 

You may also like

Tinggalkan Komentar