Connect with us

Nasional

Gawat, 2 Jembatan Rusak Terseret Luapan Sungai Cidurian Bogor Akibat Hujan Deras

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Jembatan rusak dan pohon tumbang akibat hujan deras di Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Jembatan rusak dan pohon tumbang akibat hujan deras di Kabupaten Bogor, Jawa Barat

FAKTUAL-INDONESIA: Gawat, 2 (dua) jembatan  di Desa Kalongsawah, Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, rusak terseret arus Sungai Cidurian yang meluap akibat hujan deras.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, mengemukakan, 2 jembatan yang terseret arus Sungai Cidurian akibat hujat deras itu merupakan jembatan penghubung.

Selain menyeret 2 jembatan, luapan Sungai Cidurian juga merendam rumah-rumah penduduk dengan ketinggian air di atas 30 cm.

“Satu jembatan penghubung Kampung Parungsapi-Kampung Silogak, dan satu jambatan lagi penghubung Kampung Petey-Kampung Kalongdagul,” ungkap Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Jalaludin di Bogor, Selasa.

Seperti dikutip dari laporan antaranews.com, ia menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi pada Senin (24/4) petang saat aliran Sungai Cidurian meluap lantaran hujan deras dengan durasi yang lama. Luapan air sungai bahkan merendam rumah-rumah dengan ketinggian 30 centimeter hingga 60 centimeter.

Advertisement

Sedikitnya ada 28 unit rumah terendam banjir di Kampung Parungsapi. Kemudian, tiga unit rumah mengalami kerusakan tembok mengakibatkan delapan jiwa mengungsi di Kampung Petey. Lalu, 17 unit rumah terendam menyebabkan sembilan iwa mengungsi di Kampung Kalongdagul.

“Di Kampung Silogak, kondisi terisolir karena jembatan terputus dan untuk jalur alternatif lain masih belum bisa dilalui,” ujarnya.

Selain di Jasinga, bencana alam akibat hujan deras juga terjadi di beberapa kecamatan lainnya, seperti tanah longsor di Desa Sukajaya Kecamatan Tamansari dan Desa Purasari Kecamatan Leuwiliang.

Kemudian banjir dan pohon tumbang di Desa Harkatjaya Kecamatan Sukajaya, Desa Sadeng Kecamatan Leuwisadeng, dan Desa Cigudeg Kecamatan Cigudeg.

Jalal menyebutkan, banjir mulai surut pada menjelang tengah malam. BPBD Kabupaten Bogor kemudian melakukan koordinasi dengan aparat desa, serta memberikan imbauan kepada masyarakat di sekitaran sungai untuk melakukan evakuasi mandiri jika kembali terjadi hujan deras. ***

Advertisement

Lanjutkan Membaca