Connect with us

Nasional

Bukan Hanya Kelapa Gading namun Sebagian Besar Wilayah Jakarta Dikepung Banjir Ada Setinggi 120 Cm

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Beginilah pemandangan banjir yang mengepung Jakarta terutama di Kepala Gading, jakarta dan beberapa wilayah lainnya, Kamis (29/2/2024)

Beginilah pemandangan banjir yang mengepung Jakarta terutama di Kepala Gading, jakarta dan beberapa wilayah lainnya, Kamis (29/2/2024) (AJISOE@rajaminyak_oil/Ist)

FAKTUAL INDONESIA: Kawasan elit Kepala Gading, Jakarta Utara jadi trending di X (twitter) karena dilanda banjir yang berimbas pada kemacetan lalu lintas.

Namun ternyata hujan deras yang melanda Jakarta, Kamis (29/2/2024), tidak hanya menggenangi Kelapa Gading.

Hampir sebagian Jakarta full dikepung banjir karena genangan air yang mencapai tinggi 25 cm juga terjadi di berbagai wilayah Ibukota.

Bahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengungkapkan bahwa 34 ruas jalan di wilayah Jakarta terendam banjir.

Selain itu BPD Jakarta juga mengungkapkan banjir setinggi 120 sentimeter (cm) terjadi di satu Rukun Tetangga (RT) di Jakarta Timur pada Kamis siang pukul 13.00 WIB.

Advertisement

Di Kelurahan Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, Jl Boulevard Barat Raya, tergenang cukup parah dengan tinggi genangan mencapai 25 cm.

Tergenangnya Kelapa Gading menjadi perbincangan warga net. Netizen juga membagikan foto dan video kondisi jalan di wilayah Kelapa Gading yang terendam banjir sehingga menyebabkan kemacetan. Salah satunya akun X @araz****.

“Kelapa Gading full dikepung banjir + macet total. Lengkap sudah,” tulis @araz**** dalam unggahan video yang memperlihatkan motor dan mobil menerobos banjir.

Kelapa Gading Banjir Trending di X, Ini Daftar Ruas Jalan yang Tergenang

(Kelapa Gading jadi trending X)

Advertisement

34 Ruas Jalan Terendam

Dalam pantuan media online seperti dilansir antaranewas.com, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengungkapkan bahwa 34 ruas jalan di wilayah Jakarta terendam banjir pada Kamis pagi pukul 10.00 atau mengalami peningkatan jumlah dibanding pukul 06.40 dan 09.00 WIB.

“BPBD mencatat saat ini terdapat 34 ruas jalan tergenang yang ada di wilayah DKI Jakarta,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

Isnawa merinci Jalan Manyar, Tegal Alur (Jakarta Barat) dengan ketinggian 15 sentimeter (cm), Jalan Raya Preperdan, Kamal (Jakarta Barat) dengan ketinggian 15 cm dan Jalan Komplek Green Garden (Duta Buah), Kedoya Utara (Jakarta Barat) dengan ketinggian 15 cm.

Lalu Jalan Cempaka Putih Raya (Rumah Makan Shukaku), Cempaka Putih Barat (Jakarta Pusat) dengan ketinggian 40 cm.

Advertisement

Jalan Letjen Suprapto, Cempaka Baru (Jakarta Pusat( dengan ketinggian 30 cm, Jalan Cempaka Putih Tengah, Cempaka Putih Timur  (Jakarta Pusat( dengan ketinggian 40 cm dan depan Ruko ITC Cempaka Mas Letjen Suprapto, Sumur Batu, dengan ketinggian 20 cm.

Jalan Rawamangun Selatan, Pisangan Timur (Jakarta Timur) dengan ketinggian 20 cm, Jalan Raya Cipinang (titik kenal RS Persahabatan), Cipinang (Jakarta Timur) dengan ketinggian 20 cm dan Jalan Pemuda (Arion Mall), Rawamangun (Jakarta Timur) dengan ketinggian 20 cm.

Jalan Yos Sudarso, Sunter Jaya (Jakarta Utara) dengan ketinggian 20 cm, Jalan Danau Indah Raya, Sunter Jaya (Jakarta Utara) dengan ketinggian 20 cm dan Jalan Raya MOI, Kelapa Gading Barat (Jakarta Utara) dengan ketinggian 15 cm.

Jalan Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading Barat (Jakarta Utara) dengan ketinggian 25 cm, Jalan Kelapa Hibrida, Pegangsaan Dua (Jakarta Utara( dengan ketinggian 25 cm eJalan Beulevard Raya (Depan MKG), Kelapa Gading Timur (Jakarta Utara) dengan ketinggian 25 cm.

Jalan Biru Laut, Kelapa Gading Timur (Jakarta Utara( dengan ketinggian 15 cm, Jalan Laksamana RE Martadinata, Tanjung Priok (Jakarta Utara) dengan ketinggian 25 cm dan Jalan Gading Putih Raya Utara, Kelapa Gading Timur  (Jakarta Utara) dengan ketinggian 30 cm.

Advertisement

Jalan Raya Gading Kirana (Depan RS Mitra Keluarga Kelapa Gading), Kelapa Gading Barat (Jakarta Utara) dengan ketinggian 40 cm, Jalan Mindi, Lagoa (Jakarta Utara) dengan ketinggian 20 cm, Jalan Mangga, Tugu Utara (Jakarta Utara) dengan ketinggian 40 cm dan Jalan Gaya Motor II, Sungai Bambu, Jakarta Utara dengan ketinggian 50 cm.

Jalan Kramat Jaya (Depan Islamic Center), Tugu Utara (Jakarta Utara) dengan ketinggian 20 cm, Jalan Boulevard Raya, Pegangsaan Dua (Jakarta Utara) dengan ketinggian 25 cm, Jalan Cakung Cilincing Raya, Sukapura (Jakarta Utara) dengan ketinggian 30 cm dan Pasar Sukapura, Sukapura (Jakarta Utara) dengan ketinggian 15 cm.

Jalan Raya Cilincing Depan (NPCT 1), Kali Baru (Jakarta Utara) dengan ketinggian 20 cm, Jalan Tanah Merdeka, Kali Baru (Jakarta Utara) dengan ketinggian 15 cm dan Jalan Kalibaru Barat 1, Kali Baru (Jakarta Utara) dengan ketinggian 20 cm.

Jalan Kalibaru Barat 4, Kali Baru (Jakarta Utara) dengan ketinggian 15 cm, Jalan Agung Karya (Depan PT Dunex), Sungai Bambu (Jakarta Utara) dengan ketinggian 20 cm serta Jalan Terusan Kelapa Hybrida, Sukapura (Jakarta Utara) dengan ketinggian 20 cm.

Setinggi 120 Cm

Advertisement

Selain itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mengungkapkan banjir setinggi 120 sentimeter (cm) terjadi di satu Rukun Tetangga (RT) di Jakarta Timur pada Kamis siang pukul 13.00 WIB.

“Satu RT di Kelurahan Rawa Terate, Cakung, Jakarta Timur, dengan ketinggian 120 cm,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

Isnawa merinci penyebab banjir setinggi 120 cm itu, yakni curah hujan tinggi yang melanda pada Kamis ini.

Selain di Jakarta Timur (Jaktim), BPBD DKI mencatat tujuh RT di kawasan Tegal Alur, Jakarta Barat, juga tergenang banjir ketinggian 30 hingga 45 cm dengan penyebab curah hujan tinggi.

“BPBD mencatat saat ini terdapat 38 ruas jalan tergenang dan delapan RT atau 0.026 persen dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta,” katanya. ***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement