Connect with us

Otomotif

8 Tips Membuat Anak Nyaman Selama Berada di Mobil, Happy dan Tidak Rewel!

Avatar

Diterbitkan

pada

tips membuat anak nyaman selama di mobil

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Dibandingkan sepeda motor, mobil dianggap lebih aman dan nyaman. Meski begitu, tentu aja sang buah hati akan rewel atau nangis selama berada di dalam mobil. Untuk itu, penting mengetahui tips membuat anak nyaman selama di mobil.

Untuk mencapai tujuan, memilih mobil pribadi nilai akan membuat perjalanan jadi lebih fleksibel. Untuk perjalanan dekat, memang bukan masalah. Ketika pergi jauh yang memakan waktu hingga berjam-jam seperti mudik, tentu akan sangat merepotkan.

Supaya tidak rewel, Anda sebagai orang tua perlu membuat mobil senyaman mungkin. Jika bingung bagaimana caranya, cobalah untuk menerapkan sejumlah tips membuat anak nyaman selama di mobil.

Baca juga: 6 Tips Membawa Bayi Naik Motor Berpergian Jauh, Apakah Boleh?

Berikut beberapa tips membuat anak nyaman selama di mobil yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Siapkan car seat

Tips membuat anak nyaman selama di mobil yang pertama yaitu menyiapkan car seat atau kursi khusus anak. Aksesoris tambahan ini dirancang dengan bantalan yang tebal dan empuk, membuat anak nyaman saat duduk selama perjalanan dengan jarak tempuh yang jauh.

Advertisement

Jangan lupa memeriksa kondisi kursi dan pastikan car seat telah terpasang dengan benar. Dengan begitu, anak menjadi nyaman dengan sandaran selama perjalanan.

2. Membawa bantal

Ketika bepergian menggunakan mobil bersama anak, bawalah bantal ke dalam mobil. Bantal bisa digunakan untuk sandaran anak selama perjalanan sehingga ia akan lebih nyaman. Usahakan membawa bantal kesukaannya supaya ia bisa lebih senang.

3. Hiburan dan mainan

Tips membuat anak nyaman selama di mobil yaitu memberikan hiburan dan mainan anak. Perjalanan jauh dengan mobil bersama tentu melelahkan. Sangat mungkin anak menjadi nangis dan rewel. Supaya nyaman, cobalah berikan hiburan untuknya.

Anda bisa memanfaatkan head-unit mobil untuk memutar lagu atau film kartun kesukaannya. Tak lupa membawa mainan kesayangannya agar sang buah hati tidak bosan dan memiliki kesibukan selama perjalanan.

4. Berhenti dan istirahat

Bila mudik bersama anak, pastikan Anda sudah mengatur kapan berhenti dan beristirahat sebagai tips membuat anak nyaman selama di mobil, terutama jika anak masih bayi. Pastikan Anda istirahat selama 2-3 jam sekali bila menempuh perjalanan di siang hari.

Advertisement

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Bayi Rewel Saat Cuaca Panas, Si Kecil Nyaman Kembali!

Jika perjalanan malam, maka istirahat bisa dilakukan 4-6 jam sekali. Saat istirahat, ajaklah si kecil keluar dari mobil, sehingga ia bisa merentangkan tubuhnya untuk menghindari kelelahan akibat kurang istirahat.

Saat berhenti, berikan ia makan dan minum dan jangan biasakan memberi anak makan atau minum dalam kondisi mobil yang berjalan. Tak lupa untuk mengganti diaper atau bajunya yang kotor.

5. Jangan panas ketika anak menangis

Saat anak nangis, sebaiknya menepi terlebih dahulu jika memungkinkan. Setelah menepim tenangkan anak supaya berhenti menangis. Setelah tenang, lanjutkan perjalanan dan pastikan kejadian serupa tidak terulang. Anda bisa memberikan aktivitas menyenangkan seperti membaca buku, nonton film, atau bernyanyi bersama selama perjalanan agar anak tidak bosan.

6. Pasang tirai di kaca mobil

Anda juga bisa memasang tirai di jendela mobil dekat anak duduk sebagai tips membuat anak nyaman selama di mobi. Nantinya, anak jadi tidak kepanasan saat matahari sedang terik-teriknya. Tirai bisa membuat anak tidak rewel akibat kepanasan terkena paparan sinar matahari.

7. Seat cover

Berbicara anak di dalam mobil, seringkali mereka menumpahkan minuman atau makanan selama perjalanan. Bahkan, tak sedikit juga yang buang air kecil. Maka dari itu, coba gunakan seat cover pelindung kursi mobil yang anti air.

Advertisement

Jadi, fungsi dari seat cover sendiri sangat jelas dan dapat membuat anak nyaman leluasa selama berada di dalam mobil.

8. Siapkan makanan kecil

Salah satu tips membuat anak nyaman selama di mobil yang tak boleh terlewatkan adalah menyiapkan makanan kecil. Bawalah makanan seperti camilan bergizi yang ia sukai untuk dimakan agar tidak rewel sepanjang perjalanan.***

Baca juga: Sebelum Pergi, Perhatikan 7 Tips Meninggalkan Mobil Saat Liburan

Lanjutkan Membaca
Advertisement