Connect with us

Griya

8 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara agar Mendapatkan Ketenangan

Avatar

Diterbitkan

pada

cara membuat ruangan kedap suara

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Ketika beristirahat, Anda tentu ingin terhindar dari kebisingan sekitar. Entah dari dalam atau luar rumah, suara bising tersebut sangat mengganggu kenyamanan saat hendak berisitirahat. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui cara membuat ruangan kedap suara guna mendapatkan ketenangan.

Kemunculan suara disekitar sebenarnya masih dapat ditoleransi. Namun, tak sedikit juga yang merasa terganggu dan milih untuk membiarkan suara tersebut. Hal tersebut menyebabkan banyak orang mencari tahu cara membuat ruangan kedap suara.

Tak hanya suara dari luar, terkadar Anda sebagai pemilik ruangan kerap menghasilkan suara yang cukup besar sehingga dapat terdengar dan membuat seisi rumah dan tetangga terganggu. Jika demikian, Anda tak perlu khawatir. Bahkan diantaranya dapat mengatasi masalah ini sendiri tanpa perlu menggunakan jasa bantuan ahli.

Baca juga: 7 Tips Menata Tanaman di Balkon agar Terlihat Cozy dan Asri

Berikut beberapa cara membuat ruangan kedap suara yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Menutup celah pintu dan jendela

cara membuat ruangan kedap suara

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Cara membuat ruangan kedap suara yang pertam yaitu menutup celah pintu dan jendela. Celah pada pintu dan jendela bisa menjadi tempat masuk atau keluarnya suara ke dapa ruangan. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menutup celah, baik pada pintu maupun pada jendela.

Cara menutup celah tersebut dapat menggunakan keset, karpet, kain, dan door seal pada celah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pasang door draft protector atau weatherstrips untuk menutup celah-celah pada pintu dan jendela.

Advertisement

2. Pasang gypsum

Memasang gypsum bisa menjadi cara membuat ruangan kedap suara. Saat ini, sudah tersedia jenis gypsum yang khusus dibuat untuk kedap suara dengan ketebalan yang beragam. Ketika memasang gypsum, isilah celah dinding dengan material peredam suara, seperti glasswool atau rockwool.

Gypsum dapat Anda aplikasikan pada dinding atau plafon karena suara bisa terpantul dari langit-langit. Pastikan saat dipasang beri jarak menggunakan rangka kayu atau hollow.

3. Gunakan karpet lantai yang tebal

cara membuat ruangan kedap suara

Ilustrasi karpet lantai (Foto: Istimewa)

Cara membuat ruangan kedap suara berikutnya yaitu menggunakan karpet. Pasang karpet tebal pada lantai kamar atau ruangan lainnya supaya suara pantulan dapat diserap dengan baik. Kamu bisa memasang karpet tebal berjenis rug pad yang kualitas dan bahannya efektif untuk meredam suara. Cara ini juga bisa berfungsi guna meredam suara dari dalam ruangan agar tak bocor ke luar.

4. Aplikasikan karet atau pelapis dinding

Selain karpet lantai, cara membuat ruangan kedap suara juga dapat dilakukan dengan memasang permukaan dinding dan langit-langit dengan karpet. Cara ini dapat meminimalisir kemungkinan suara yang dipantulkan.

Anda bisa memasang karet, atau pelapis dinding, seperti rubber mat (keset karet) yang ditempel di permukaan dinding. Dengan begitu, ruangan dapat meredam pantulan suara tersebut sehingga tak menimbulkan suara yang bising.

Baca juga: 7 Tips Dekorasi Kamar yang Sempit, Kamar jadi Luas dan Nyaman

5. Gunakan cat dinding kedap suara

Siapa sangka, ternyata saat ini sudah tersedia cat khusus yang berfungsi untuk meredam suara pada ruangan. Anda bisa menemukan produk cat ini di toko perlengkapan rumah. Meski harganya cukup mahal, namun efektif untuk mengatasi kebisingan yang masuk ke dalam kamar.

Advertisement

Cat jenis ini dibuat dengan formula khusus yang mampu mengurangi kebisingan hingga 30 persen. Selain melapisi dinding, cat ini juga bermanfaat untuk membuat ruangan kedap suara.

6. Pasang tirai kedap suara

cara membuat ruangan kedap suara

Ilustrasi tirai kedap suara (Foto: tokopedia)

Salah satu cara membuat ruangan kedap suara adalah memasang tirai kedap suara. Sama seperti cat diatas, tirai ini dirancang khusus untuk mengatasi kebisingan yang bisa mengganggu Anda ketika beristirahat.

Tirai kedap suara ini memang tidak dapat meredam suara sepenuhnya dari luar, namun setidaknya dapat mengatasi masalah kebisingan ketika Anda tidur sehingga mendapatkan tidur nyenyak yang berkualitas.

7. Memasang panel akustik

Di studio musik, ruangan disana dibuat sedemikian rupa agar kedap suara. Salah satu rahasianya adalah panel akustik. Dengan memasang alat ini di kamar, Anda bisa meredam suara karena mampu menyerap gelombang suara atau pantulan suara melalui pintu atau jendela.

Hasilnya, ruangan tidak akan menimbulkan kebisingan yang mengganggu dan sangat efektif membuat rumahmu kedap suara.

8. Menerapkan insulasi

cara membuat ruangan kedap suara

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Cara membuat ruangan kedap suara yang terakhir adalah menerapkan sistem insulasi lengkap. Ini menjadi cara yang paling ampuh dan efektif untuk menciptakan ruangan yang kedap suara. Insulasi dilakukan menggunakan bahan peredam khusus.

Insulator tak hanya berfungsi sebagai peredam suara, tetapi juga mengurangi panas matahari merambat ke dalam rumah. Perlu diingat, metode ini cukup merepotkan karena memerlukan biaya yang besar dan renovasi ulang pada ruangan namun dengan yang sempurna.***

Advertisement

Baca juga: 8 Cara Merawat Furnitur Bambu agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Lanjutkan Membaca