Home LifestyleKesehatan 9 Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan, Dapat Mengatasi Diabetes

9 Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan, Dapat Mengatasi Diabetes

oleh Farhan Zuhdi
manfaat daun afrika

Ilustrasi daun Afrika (Foto: Istimewa)

FAKTUALid– -Mendengar daun afrika mungkin asing ditelinga sebagian orang. Namun, belakangan daun afrika mulai dikembangkan di Indonesia. Karena manfaat daun afrika tak hanya untuk pengobatan, juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Seperti namanya, tentu daun afrika berasal dari benua afrika. Vernonia amygdalina atau biasa disebut daun afrika merupakan tanaman yang populer karena dapat digunakan sebagai pengobatan.

Dibenua asalnya, daun afrika digunakan sebagai obat tradisional di Afrika bagian barat, khususnya di Nigeria. Memiliki rasa yang pahit, daun ini kerap disebut sebagai bitter leaf.

Daun Afrika dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti, cacingan, malria, diabetes, hingga masalah pencernaan. Selain memiliki antioksidan flavonoid, daun afrika terkenal memiliki berbagai senyawa seperti protein, karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral.

Baca juga: 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Dapat Jaga Kesehatan Rambut

Berikut beberapa manfaat daun afrika bagi kesehatan yang telah dirangkum faktualid.com dari berbagai sumber

Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan

1. Mengobati penyakit malaria

Manfaat daun Afrika yang pertama dapat mengobati penyakit malaria. Daun afrika di benua asalnya digunakan sejak dahulu sebagai obat tradisional untuk mengobati malaria. Dalam sebuh penelitan menunjukkan bahwa sari daun afrika terbukti efektif untuk menyembuhkan malaria.

2. Mengatasi penyakit cacingan

Manfaat daun afrika berikutnya yaitu dapat mengatasi penyakit cacingan. Daun afrika diketahui dapat membunuh parasit beberpa jenis parasit, seperti parasit parasit Plasmodium dan parasit cacing.

Ekstrak daun afrika menurut beberapa penelitian dapat membasmi telur dan larva cacing yang bisa menyerang saluran pencernaan. Jika ingin menggunakan daun afrika sebagai obat cacing, kamu perlu konsultasi terlebih dahulu ke dokter.

3. Membantu pengobatan kanker

Manfaat daun afrika dapat juga digunakan untuk membantu pengobatan kanker. Sebuah studi menunjukkan, sari daun afrika dapat membasmi pertumbuhan sel kanker payudara dan kanker darah. Selain itu, dapat menurunkan kadar estrogen berlebih dalam darah yang bisa membantu mengurangi risiko kanker payudara.

Dalam penelitian lainnya ekstrak daun tersebut terbukti membunuh sel kanker di daerah hidung dan tenggorokan.

4. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat daun afrika yang berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Daun afrika mengadung omega-3 dan omega-6. Dua kandungan tersebut dapat menghasial zat yang bersifat antiseptik dan antioksidan.

Kandungan tersebut dipercaya sangat efektif untuk menjaga fungsi pembuluh darah arteri. Dengan mengonsumi daun afrika, dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 40 persen.

5. Mengatasi diabetes

Manfaat daun afrika berikutnya yaitu dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk penderita diabetes. Zat aktif seperti saponin, tanin, flavonoid, alkaloid, dan polifenol terdapat pada sari daun afrika yang berfungsi menurunkan glukosa darah setelah makan.

Baca juga: 11 Buah dan Sayuran Rendah Gula, Cocok Untuk Diet Agar Tetap Sehat

Sebuah studi yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa daun afrika dapat menurunkan glukosa darah hingga 50% dibandingkan dengan hewan diabetes yang tidak diobati. Kandungan ethanol yang terdapat pada daun ini juga dapat mengurangi kadar gula darah secara menyeluruh.

6. Melancarkan pencernaan

Daun afrika selian bisa mengatasi diabetes, manfaat daun afrika bisa digunakan sebagai obat alternatif untuk melancarkan pencernaan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu dapat mengonsumsi daun afrika secara teratur dipercaya dapat mengatasi gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit.

7. Menurunkan kolesterol

Manfaat daun afrika yang berikutnya ialah untuk menurunkan kolesterol. Peningkatan kolesterol jahat (LDL) merupakan faktor yang menyebabkan seseorang dapat terkena serangan jantung, stroke, dan Alzheimer.

Menurut sebuah penelitian, kandungan pada daun afrika dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol jahat LDL dalam darah hingga 50 persen dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Baca juga: Catat, ini 9 Gejala Kolesterol Yang Perlu Kamu Waspadai

8. Meredakan sakit perut

Sakit perut dapat terjadi karena banyak hal, termasuk kram menstruasi, intoleransi laktosa, hernia perut, atau pankreatitis. Di benua asalnya, daun afrika digunakan sebagai obat tradisional untuk meredakan sakit perut. Daun tersebut mengandung beberapa manfaat yang dapat membantu kamu meredakan sakit perut.

9. Meremajakan kulit

Manfaat daun afrika yang terakhir yaitu dipercaya dapat meremajakan kulit. Bila kamu memiliki masalah pada kulit seperti wajah kusam, kering, dan kasar, kamu bisa menggunakan daun afrika untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu, daun ini juga mampu meremajakan kulit dengan menghaluskan, melembapkan, serta memutihkan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat daun afrika satu ini, tumbuk daunnya kemudian dijadikan masker semalam. Lalu bisa membilasnya saat mandi pagi pada keesokan harinya.***

Baca juga: 9 Manfaat Jeruk Nipis, Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

You may also like

Tinggalkan Komentar