Home LifestyleKesehatan 8 Makanan Penambah Daya Ingat, Perlu Kamu Konsumsi

8 Makanan Penambah Daya Ingat, Perlu Kamu Konsumsi

oleh Farhan Zuhdi

makanan penambah daya ingat

FAKTUALid – Otak merupakan salah satu organ vital yang memiliki fungsi dan peran untuk mengatur tubuh dan pikiran. Mungkin, beberapa orang memiliki kapasitas otak atau daya ingat yang kurang baik. Hal tersebut dapat terjadi karena seiring bertambahnya usia dapat menurunkan fungsi otak.

Untuk mengatasi daya ingat yang kurang baik, kamu bisa mengonsumsi makanan penambah daya ingat. Sama halnya tubuh, otak juga memerlukan nutrisi untuk dapat mengolah metabolisme di dalamnya.

Dengan mengonsumsi makanan penambah daya ingat, kamu dapat memenuhi asupan nutrisi otak sehingga membuat fungsi kerja otak menjadi optimal.

Baca juga: 8 Makanan Penambah Darah, Baik Dikonsumsi untuk Cegah Anemia

Berikut beberapa makana penambah daya ingat yang telah faktualid.com rangkum dari doktersehat dan klikdokter.

1. Ikan

Makanan penambah daya ingat yang pertama yaitu dengan mengonsumsi ikan. Ikan memiliki berbagai macam kandungan yang dapat menyehatkan tubuh, salah satunya kandungan asam lemak omega-3. Kandungan tersebut dipercaya dapat membantu kamu dalam pertumbuhan dan perkembangan otak.

Selain itu, ikan juga dapat membentuk sel-sel dari organ yang ada di area kepala. Kamu dapat memasukkan ikan ke dalam daftar makanan sehat unutk memiliki kemampuan mengingat yang baik. Jenis ikan yang dalam kamu makan, antara lain salmon, sarden, tuna, makarel, dan trout.

2. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Selain ikan, biji-bijian dan kacang-kacangan dapat menjadi makanan penambah daya ingat. Sama seperti ikan, jenis makanan ini mengandung asam lemak omega-3 dan antioksidan. Menurut sebuah penelitian, asupan kacang-kacangan yang tinggi dapat memberikan efek baik pada fungsi otak di usia tua.

Kandungan antioksidan pada kacang-kacangan juga dapat melindungi sel otak dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Telur

Jika kamu sering mengonsumsi telur, ternyata telur merupakan salah satu makanan penambah daya ingat. Telur memiliki kandungan ajaib di dalamnya, diantaranya vitamin B6, vitamin B12, dan asam folat untuk menyehatkan sel saraf di otak. Telur juga memiliki kandungan omega-3 yang diketahui sangat baik untuk perkembangan dan kesehatan otak manusia.

4. Alpukat

Makanan penambah daya ingat berikutnya adalah alpukat. Selain baik dikonsumsi saat diet, alpukat dapat menjadi makanan penambah daya ingat karena memiliki kandungan lemak yang baik untuk otak. Lemak pada alpukat merupakan asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan sel otak dalam proses pembentukan dan penyimpanan daya ingat.

Selain itu, alpukat juga membantu fungsi kognitif otak sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi tersebut.

Baca juga: Simak,ini 8 Makanan Penambah Imun Tubuh untuk cegah Covid-19

5. Apel

Diketahui, buah apel memiliki berbagai macam manfaat di dalamnya. Salah satunya dapat menjadi makanan penambah daya ingat. Hal ini berkat kandungan antosianin yang dapat meningkatkan memori otak.

Saat kamu mengonsumsinya, kamu disarankan mengonsumsi buah apel bersama kulitnya. Kulit apel ternyata mengandung kuersetin dan antioksidan yang dapat menurunkan risiko Alzheimer.

6. Teh hijau

Jika kamu ingin meningkatkan daya ingat otak, kamu dapat mengonsumsi teh hijau. Teh hijau dapat meningkatkan daya ingat otak karena kandungan kafein di dalamnya. Menurut penelitian, kafein dapat memberikan efek baik untuk otak, diantaranya meningkatkan daya ingat, mengoptimalkan fokus, dan meningkatkan kewaspadaan diri.

Teh hijau juga terdapat kandungan L-theanine yang diklaim dapat membantu mengatasi gangguan kecemasan sehingga kamu dapat lebih rileks. Untuk itu, kamu perlu mengonsumsi teh hijau sebagai makanan penambah daya ingat secara rutin untuk meningkatkan daya ingat otak.

7. Kopi

Sama seperti teh, kopi juga memiliki kandungan kafein yang menjadi minuman yang berkhasiat untuk menambah daya ingat. Kandungan tersebut dapat meningkatkan fungsi otak sehingga dapat membantu dalam mengingat sesuatu.

Kopi juga dapat meminimalisir risiko terkena gangguan fungsi otak pada masa mendatang. Meski demikian, kamu perlu membatasi mengonsumsi kopi untuk mencegah terjadinya asam lambung naik.

8. Brokoli

Makanan penambah daya ingat yang terakhir yaitu brokoli. Selain memiliki manfaat menyehatkan tubuh, brokoli juga dapat mengoptimalkan kemampuan memori otak manusia. Hal ini berkat kandungan vitamin K yang terdapat pada brokoli.

Beberapa studi menunjukkan, bahwa vitamin K dapat menghasilkan daya ingat yang lebih baik apabila asupannya ke dalam tubuh mencukupi.***

Baca juga: Hindarilah Makanan dan Minuman yang Bisa Bikin Anda Pikun

You may also like

Tinggalkan Komentar