Connect with us

Kesehatan

Kenali 7 Gejala Cacar Monyet Setelah Dinyatakan Sebagai Darurat Kesehatan Dunia

Avatar

Diterbitkan

pada

gejala cacar monyet

Ilustrasi gejala cacar monyet atau monkeypox (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Sabtu kemarin (23/7/2022) menyatakan cacar monyet atau monkeypox sebagai darurat kesehatan global. Pada tahun ini, kasus cacar monyet dilaprokan sudah ada di lebih dari 75 negara, termasuk diantaranya 5 kematian di Afrika.

Hal tersebut membuat banyak orang mencari tahu gejala cacar monyet atau monkeypox. Para ahli percaya kontak dekat selama aktivitas seksual pria-ke-pria adalah pendorong utama penularan dalam wabah yang sedang berlangsung.

Monkeypox atau cacar monyet adalah infeksi virus yang termasuk langka. Penyakit ini secara umum memiliki gejala yang sangat mirip dengan smallpox, dengan intensitas gejala yang lebih ringan. Namun smallpox sudah berhasil dieradikasi sejak tahun 1980.

Baca juga: Cacar Monyet Ditetapkan WHO Sebagai Darurat Kesehatan Global

Penyakit ini paling sering ditemukan di daerah Afrika Tengah dan Afrika Barat. Umumnya penyakit ini tersebar di daerah di mana banyak manusianya berinteraksi dengan hewan yang berpotensi menularkan virus ini.

Gejala Cacar Monyet

Virus zoonosis, yang menyebabkan gejala mirip flu dan ruam yang menyebar ke seluruh tubuh, telah ada selama beberapa dekade dan endemik di beberapa bagian Afrika.

Advertisement

Masa inkubasi atau masa sejak awal virus masuk ke dalam tubuh hingga menimbulkan gejala klinis adalah sekitar 10-14 hari. Gejala cacar monyet yang klinis mirip dengan gejala Varicella (cacar air) dan Variola (smallpox), namun intensitasnya cenderung lebih ringan.

Gejala awal tidak jauh berbeda dengan gejala infeksi virus lain pada umumnya dan kemudian diikuti dengan gejala yang lebih spesifik.

Baca juga: Masyarakat agar Tidak Khawatir Berlebihan dengan Cacar Monyet

Melansir DokterSehat, berikut ini gejala cacar monyet:

  1. Demam
  2. Sakit kepala
  3. Tubuh terasa lemas atau kelelahan
  4. Sakit pada otot dan persendian
  5. Sakit pinggang
  6. Pembesaran kelenjar getah bening
  7. Ruam kulit. Kemunculan ruam biasanya dimulai dari wajah, batang tubuh, dan kemudian menyebar ke lengan, kaki, hingga ke telapak tangan dan kaki. Ruam diawali dengan bercak kemerahan yang lama kelamaan membentuk bintik kemerahan yang berisi cairan dan dapat berisi nanah.

Cara mengobati cacar monyet

Hingga kini, belum ada penelitian yang mengonfirmasi cara mengobati cacar monyet yang efektif. Pengobatan hanya dilakukan berdasarkan gejala yang dialami oleh pasien.

Namun, cacar monyet biasanya ringan dan kebanyakan orang yang terinfeksi dapat sembuh dalam beberapa minggu tanpa pengobatan, menurut National Health Service (NHS).

Berikut adalah beberapa jenis pengobatannya:

Advertisement
  • Obat analgesik dan antipiretik diberikan untuk menurunkan demam, meredakan nyeri, dan juga sakit kepala.
  • Istirahat total disarankan agar gejala penyakit tidak semakin parah, terutama pada tahap gejala demam.

Infeksi cacar monyet dapat ditularkan melalui kontak dekat sehingga penting untuk mengisolasi diri jika ada orang di lingkungan sekitar yang didiagnosis mengidapnya. Jika sudah menemukan gejala cacar monyet, jangan ragu untuk memeriksanya ke dokter.***

Baca juga: WHO Menyatakan Cacar Monyet Menular seperti Infeksi Seksual, Sudah Menyerang 12 Negara

Lanjutkan Membaca