Home LifestyleKesehatan Ampuh, 10 Cara Mengusir Tikus Aman dengan Bahan Alami

Ampuh, 10 Cara Mengusir Tikus Aman dengan Bahan Alami

oleh Farhan Zuhdi
cara mengusir tikus

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUALidTikus merupakan hewan pengerat yang sering memakan dan merusak yang sering muncul dirumah. Sangat menjengkelkan apabila hewan pengerat ini berkeliaran dirumah. Pasti kebanyakan orang mencari cara mengusir tikus agar tidak muncul lagi dirumah.

Tikus kerap merusak segala macam barang yang ada di rumah dengan cara mengigitnya. Seperti kabel, pakaian, peralatan masak berbahan plastik, dan bahan makanan. Sebagai hewan yang menghabiskan waktunya di tempat yang kotor, lembap dan bau, juga merupakan sumber penyakit bagi anggota keluarga.

Baca juga: Disambut Gembira Petani, Anggota DPR Buat Sayembara Tangkap Tikus di Areal Sawah

Beberapa penyakit disebabkan oleh kehadiran tikus yang berbahaya bagi kesehatan, seperti Leptospirosis, penyakit pes, hantavirus, Rat bite fever (RBF).

Ada beberapa cara mengusir tikus di rumah yang bisa dilakukan seperti menggunakan racun tikus dan menggunkan jebakan tikus. Selain itu, ada juga cara mengusir tikus di rumah dengan bahan alami. Selain mudah didapat, bahan alami juga lebih aman dan murah.

Cara Mengusir Tikus Dengan Bahan Alami

  • Berikut beberapa cara mengusir tikus dengan bahan alami yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Irisan Bawang

Bawang sangat efektif untuk menyingkirkan tikus secara alami. Aroma khas dan tajam yang dikeluarkan bawang membuat penciuman tikus kurang sedap. Letakan irisan bawang di tempat yang sering tikus datangi atau di tempat persembunyiannya, dijamin tikus tidak akan betah berlama-lama di sana.

2. Lada Hitam

Senyawa piperin yang terkandung pada lada sangat menyengat dan akan membuat tikus merasa terganggu dan pergi. Taruh lada bubuk di tempat yang sering didatangi atau lokasi persembunyian tikus.

3. Kulit Telur

Biasanya setelah menggoreng telur kita pasti langsung membuang kulitnya, ternyata cara mengusir tikur di rumah bisa dilakukan menggunakan kulit telur. Caranya haluskan kulit telur sampai menjadi bubuk. Taburkan bubuk kulit telur tersebut di tempat yang sering dilewati tikus.

4. Kulit Durian

Buah durian memang dikenal dengan aromanya yang menyengat. Cara mengusir tikus adalah dengan menggunakan bagian kulitnya. Caranya, potong kulit buah durian kemudian letakkan di tempat-tempat yang sering didatangi oleh tikus curut. Selain memiliki duri yang tajam, aroma buah durian yang menyengat ampun sebagai salah satu cara mengusir tikus.

Baca juga: Ini Dia 12 Buah yang Bagus untuk Diet

5. Daun Mint

Cara mengusir tikus yang aman bagi kesehatan lainnya adalah dengan menggunakan daun mint. Tanaman mint dapat ditanam di dalam rumah untuk memberikan suasana segar. Tikus tidak tahan dengan aroma mint yang tajam, sehingga jika menciumnya saja, tikus-tikus ini bisa mabuk dan terkulai lemas.

Siapkan seikat daun mint, larutkan dalam air, dan ambil sarinya. Semprotkan sari mint ke tempat yang sering dilalui tikus, seperti meja di dapur.

6. Campuran Bubuk atau saus Cabai dan Deterjen

Cara mengusir tikus yang lainnya adalah dengan menggunakan campuran bubuk atau saus cabai dengan deterjen dan dicampur dengan air. Taruh campuran tersebut ke dalam botol semprotan. Kamu bisa menyemprotkan cairan tersebut ketika tikus muncul. Cairan ini efektif sebagai cara mengusir tikus Karena cairan tersebut membuat tikus terasa panas, dijamin tikus akan lari menjauh.

7. Kantung Teh

Kantung teh di rumah juga dapat digunakan untuk sebagai cara mengusir tikus secara alami. Peppermint dalam kantung teh akan bertugas mengusir tikus karena dapat menyebabkan iritasi pada hidung tikus. Indra penciuman tikus tidak akan berfungsi dengan baik, sehingga tikus akan segera meninggalkan rumah.

Cara mengusir tikus dengan kantung teh yaitu dengan menempatkan beberapa bekas kantung teh di dekat sarang tikus atau area yang sering didatangi oleh tikus. Namun, harus diingat, hanya kantung teh bekas lembap yang akan bekerja secara efektif untuk mengusir tikus.

8. Cengkeh

Tidak hanya cocok untuk digunakan sebagai bumbu dapur, cengkeh juga dapat menjadi campuran minuman teh. Selain dikenal memiliki harum yang khas,kamu dapat memanfaatkannya sebagai cara mengusir tikus. Tikus benar-benar sangat tidak menyukai wangi khas dari cengkeh dan akan segera pergi jika mencium bau tersebut.

Untuk menggunakan cengkeh sebagai cara mengusir tikus, kamu perlu menyiapkan kain kasa. Masukkan beberapa potong cengkeh ke dalam kain tersebut. Tunggulah beberapa hari agar cengkeh benar-benar kering. Kemudian letakkan cengkeh yang kering di tempat yang sering dilalui tikus. Ingat, semakin kering cengkeh yang kamu siapkan, semakin tajam juga baunya.

9. Buah mengkudu

Buah mengkudu sangat bermanfaat sebagai cara mengusir tikus. Caranya sangat mudah yaitu dengan menghancurkan buah mengkudu kemudian larutkan pada air. Semprotkan larutan tersbeut pada area yang sering dilalui oleh tikus atau semprotkan pada lubang tikus. Cara mengusir tikus satu ini efektif membuat tikus kabur dari rumah.

Baca juga: 11 Buah dan Sayuran Rendah Gula, Cocok Untuk Diet Agar Tetap Sehat

10. Daun Salam

Daun salam memiliki kandungan alami yang dapat membuat tikus keracunan saat memakannya. Sifat tikus yang suka memakan apa saja dapat kamu manfaatkan dengan cara mengusir tikus satu ini.

Coba letakkan beberapa daun salam pada area yang sering dilalui tikus. Tambahkan juga beberapa potong makanan lezat lainnya agar tikus lebih tertarik. Akan tetapi, reaksinya tidak terjadi secara langsung. Saat tikus memakan daun salam, ia akan mulai merasa keracunan dan pergi mencari jalan keluar dari rumahmu karena merasa rumahmu tidak aman bagi mereka.***

You may also like

Tinggalkan Komentar