Home LifestyleKesehatan 9 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami, Aman dan Ampuh

9 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami, Aman dan Ampuh

oleh Farhan Zuhdi
cara mengatasi kulit keras

Ilutrasi kulit kering (Foto: Istimewa)

FAKTUALid – Masalah kulit yang umum dialami sebagai orang ialah kulit kering. Ada banyak penyebab kulit menjadi kering, mulai dari kondisi cuaca hingga penggunaan produk  perawatan yang salah. Cara mengatasi kulit kering bisa dilakukan dengan mudah.

Kulit kering merupakan kondisi lapisan kulit paling atas atau epidermis tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Kulit kering bisa terjadi di bagain tubuh mana saja. Biasanya, masalah kulit tersebut terjadi pada wajah, tangan, lengan, dan kaki.

Untuk mengatasi masalah kulit kering, kebanyakan orang menggunakan pelembab dan masker pada wajah. Tentu biaya yang dikeluarkan dapat menguras kantong. Selain menggunakan metode tersebut, kamu dapat mengatasi dengan bahan alami sebagai cara mengatasi kulit kering.

Baca juga: Perawatan Non-invasif Lebih Dipilih untuk Pemeliharaan Kulit Muka

Cara mengatasi kulit kering secara alami

Berikut beberapa cara mengatasi kulit kering secara alami yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Hindari mandi dengan air panas

Cara mengatasi kulit kering yang pertama yaitu menghindari mandi dengan air panas. Minyak kulit alami dapat dihilangkan dengan air panas karena berfungsi menjaga kelembapan kulit sehingga kulit mengalami dehidrasi dengan baik yang menjadikannya kering.

Maka dari itu, disarankan untuk tidak terlalu sering dan menghindari mandi dengan agar panas agar kulit tidak mudah kering.

2. Jangan mandi berlama-lama

Salah satu penyebab masalah kulit kering ternyata dapat disebabkan mandi terlalu lama. Melakukan aktivitas mandi terlalu lama akan membuat kulit semakin kering karean air yang ada pada permukaan tubuh akan banyak menguap.

Jika kamu memiliki kebiasan mandi terlalu lama mulai sekarang hentikan aktivitas ini. Saat mandi usahakan waktu mandi kamu kurang lebih sekitar 10 menit.

3. Buah apel

Cara mengatasi kulit kering yang berikutnya yaitu buah apel. Buah apel diketahui memiliki kandungan zat kalium dan atnin yang berfungsi menjaga kelembapan kulit agar menjadikan kulit lebih cerah serta kulit tidak mudah kering.

Supaya kulit sehat, kamu dapat memanfaatkan buah apel untuk meremajakan kulit sekaligus digunakan sebagai bahan alami mengatasi kulit kering.

Cara mengaplikasikannya, kamu perlu memarut beberapa buah apel, lalu ampas dari hasil parutan tersebut dioleskan pada bagian kulit yang kering. Tunggu beberapa saat lalu bilas menggunakan air bersih.

4. Ketimun

Ketimun pada umumya sebagai bahan perlengkap pada makanan, seperti lalapan. Selain itu, ketimun dapat kamu manfaatkan sebagai cara mengatasi kulit kering. Kandungan zat yang baik di dalamnya bagus untuk kesehatan kulit.

Maka dari itu, ketimun banyak digunakan sebagai bahan baku berbagai produk kecantikan. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai masker pada wajah dengan mengoleskan parutan ketimun ke wajah atau area kulit kering lainnya.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Cepat

5. Mengoleskan madu

Selain ketimun, kamu dapat menggunakan madu sebagai cara mengatasi kulit kering. Madu merupakan salah satu bahan alami yang bisa mengatasi kulit kering. Hal ini karena madu mempunyai sifat melembapkan, menyembuhkan, dan antiperadangan.

Oleh sebab itu, madu dinilai efektif untuk dimanfaatkan untuk perawatan kulit kering. Jika mengalami kulit kering, kamu dapat mengoleskan madu secara langsung pada kulit.

6. Menggunakan pelembap udara atau air humidifier

Salah satu cara mengatasi kulit kering lainnya yaitu dapat menggunakan pelembap udara atau air humidifier. Diketahui, pelembab udara dapat membantu melembabkan udara di dalam ruangan. Cara kerjanya dengan menyemprotkan uap air ke udara. Penggunaannya dapat membuat kelembapan agar seluruh penghuni ruangan tersebut terasa lebih lembab dan tak mudah gatal.

7. Menggunakan kuning telur

Cara mengatasi kulit kering berikutnya yaitu dengan memanfaatkan kuning telur. Selain dijadikan makanan yang akan kandungan di dalamnya, telur sudah terkenal untuk dijadikan bahan kecantikan kulit dan rambut.

Untuk mengaplikasikannya, campurkan 1 sendok teh kuning dengan 2 sendok teh susu bubuk serta 1 sendok teh madu, aduk hingga menjadi pasta. Lalu oleskan pada wajah atau area kulit kering lainnya. Tunggu selama 15 menit setelah itu bilas dengan air bersih.

8. Mengoleskan lidah buaya

Lidah buaya dapat kamu gunakan sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami. Selain terkenal bermanfaat untuk rambut, lidah buaya juga bisa mengatasi masalah pada kulit salah satunya kulit kering.

Untuk mendapatkan manfaat satu ini, kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya dari tanamannya secara langsung atau yang sudah berbentuk gel yang banyak dijual dipasaran. Setelah itu kamu bisa oleskan pada bagian kulit yang mengalami masalah kulit kering selama semalaman.

9. Cukupi asupuan air putih

Cara mengatasi kulit kering yang terakhir yaitu dengan mencukupi asupan air putih. Sudah banyak diketahui bahwa hampir 75 persen dari tubuh adalah air. Jika asupan air di dalam tubuh tidak tercukupi, kulit lebih rentan mengering atau menunjukkan garis-garis dan kerutan.

Tanda tubuh kekurangan cairan sering kali disebabkan karena kulit kering. Untuk melembapkannya kulit kering dapat dengan memenuhi asupan cairan sekitar 1,5 hingga 2 liter per hari.***

Baca juga: Selain obat, Ini 10 Cara Menghilangkan Panu dengan Bahan Alami

You may also like

Tinggalkan Komentar