Home Lifestyle 7 Manfaat Sabun Beras, dapat Membantu Mengatasi Alergi

7 Manfaat Sabun Beras, dapat Membantu Mengatasi Alergi

oleh Hana Chaniago
manfaat sabun beras

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Apakah kamu mengetahui manfaat sabun beras? Belakangan ini produk sabun beras banyak dicari oleh masyarakat, sabun beras memiliki banyak manfaat baik untuk perawatan kulit.

Umumnya, sabun beras terbuat dari air bilasan beras yang dicampur oleh susu. Beras sendiri memiliki kendungan asam amino, vitamin B dan E, mineral serta zat antioksidan yang dapat menutrisi kulit.

Sejak zaman dahulu, masyarakat jepang menggunakan air sisa rendaman beras untuk mencuci wajah dan rambut. Hingga saat ini, ekstrak air beras semakin populer dan digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit, salah satunya sabun.

Sabun beras mengandung antioksidan vitamin E yang memiliki efek mencerahkan kulit secara alami. Tidak hanya itu, manfaat sabun beras juga sangat beragam.

Berikut beberapa manfaat sabun beras yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Kulit Kering

Manfaat sabun beras yang pertama adalah dapat mengatasi kulit kering. Kulit kering disebabkan oleh beberapa faktor-faktor seperti cuaca panas atau dingin. Kelembapan udara yang rendah dan berendam dalam air panas.

Sabun beras diketahui dapat membantu mengatasi iritasi kulit yang disebabkan oleh sodium laurel sulfate (SLS), bahan tersebut banyak ditemukan di beberapa produk perawatan.

Banyak sebuah penelitian telah menunjukkan menggunakan sabun beras dua kali sehari mengatasi kulit kering dan kerusakan akibat SLS.

Baca juga: 9 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami, Aman dan Ampuh

2. Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Manfaat sabun beras yang kedua adalah dapat menghilagkan flek hitam pada wajah. Bintik-bintik gelap pada wajah dapat disebabkan oleh hiperpigmentasi, yaitu ketika kulit memproduksi terlalu banyak melanin.

Hiperpigmentasi dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari, jaringan parut, penuaan dan masih banyak lagi. Banyak bintik hitam yang tidak berbahaya.

Dilansir dari Evidence Based Complementary and Alternative Medicine menunjukan bahwa air beras dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit atau flek hitam akibat sinar matahari.

3. Mengontrol Minyak

Manfaat sabun beras yang ketiga adalah dapat mengontrol minyak. Kulit wajah yang berminyak merupakan suatu kondisi kulit akibat produksi minyak alami atau sebum secara berlebihan oleh kelenjar sebaceous.

Meskipun dapat berfungsi untuk melembapkan, produksi sebum terlalu banyak dapat meningkatkan risiko masalah kulit, seperti penyumbatan pori-pori, komedo, kulit kusam hingga jerawat.

Sabun beras efektif mengontrol minyak kulit. Jika minyak kulit terkontrol dengan baik, kelembapan kulit pun turut terjaga. Dengan begitu, kulit kamu akan makin lembab karena kandungan kolagennya yang cukup tinggi dari sabun beras.

4. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat sabun beras yang keempat adalah dapat mencegah penuaan dini. Beberapa sabun beras hitam mengandung alantoin, yang dipercaya dapat meredakan kulit kemerahan dan inflamasi. Hal ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit cenderung berjerawat.

Tidak hanya alantoin, beras hitam juga mengandung zat antioksidan, yaitu ferulic acid. Dengan kandungan antioksidan tinggi, kulit kamu akan terlindungi dari radikal bebas. Hasilnya, kulit akan mencegah keriput dan memiliki garis halus sehingga lebih terlihat awet muda.

5. Menghaluskan Kulit

Manfaat sabun beras yang kelima adalah dapat menghaluskan kulit. Masalah kulit kasar, terkadang membuat kamu merasa malu dan kurang percaya diri. Sabun beras dapat mengatasi kulit kasar. Gunakan sabun beras setiap kali mandi, agar masalah kulit kasar dpaat teratasi dengan benar.

Baca juga: 7 Masker Untuk Kulit Berjerawat dan Komedo, yang Alami dan Ampuh

6. Membantu Mengatasi Alergi

Manfaat sabun beras yang keenam adalah membantu mengatasi alergi. Beberapa bahan kimia dapat membuat alergi dan sensitif apda kulit. Gejala alergi pada wajah menimbulkan ruam, gatal, pembengkakan apda wajah, mata bibir dan lidah.

Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan sabun beras karena tidak mengandung zat-zat kimia yang dapat memperburuk alergi, sehingga kulit wajah akan sehat, mulus dan tidak mengalami iritasi.

7. Mengatasi Tumit pecah

Manfaat sabun beras yang terakhir adalah dapat mengatasi tumit pecah. Tumit pecah-pecah dapat disebabkan oleh cuaca atau berbagai kondisi lainnya.

Jika tidak segera diatasi, hal ini akan menjadi masalah kesehatan yang serius. Untuk itu, menggunakan sabun beras dapat mengatasi tumit pecah. Kandungan beras dipercaya dapat melembapkan kulit, sehingga tumit pecah dapat diatasi.***

You may also like

Tinggalkan Komentar