Home Lifestyle 7 Masker Untuk Kulit Berjerawat dan Komedo, yang Alami dan Ampuh

7 Masker Untuk Kulit Berjerawat dan Komedo, yang Alami dan Ampuh

oleh Hana Chaniago
masker untuk kulit berjerawat

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Masker untuk kulit berjerawat merupakan penyelamat bagi setiap wanita. Pasalnya, jerawat merupakan hal yang paling menyebalkan dan buat percaya diri berkurang dengan drastis. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak bisa jadi sering beruntusan dan berjerawat.

Jerawat memang sering muncul ketika mendekati waktu menstruasi, namun ternyata ada penyebab lainnya. Dilansir dari sebuah studi yang berjudul Diet and Acne, makanan yang mengandung glisemik bisa menjadi penyebab jerawat.

Saat berjerawat, kebiasaan menggunakan masker pun tidak bisa sembarangan. Tidak semua jenis masker aman digunakan saat kulit berjerawat. Sebaiknya hindari masker peel off yang justru dapat memperburuk peradangan pada wajah berjerawat.

Berikut beberapa masker untuk kulit berjerawat dan komedo yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Masker Oatmeal dan Bawang Putih

Masker untuk kulit berjerawat dan komedo yang pertama adalah masker oatmeal dan bawang putih. Masker ini memang mengeluarkan bau yang mungkin tidak kamu suka. Tapi, campuran oatmeal dan bawang putih bekerja dengan baik pada kulit wajah yang berjerawat.

Secara alami, bawang putih memiliki anti inflamasi, sedangkan oatmeal dipercaya dapat membersihkan kotoran yang menempel pada pori-pori wajah.

2. Masker Pepaya

Masker untuk kulit berjerawat dan komedo yang kedua adalah masker pepaya. Kandungan vitamin A, C dan E yang ada di dalamnya dapat meregenerasi kulit,melembapkan serta menutrisi kulit secara alami.

Buah ini sering kali dimanfaatkan sebagai solusi berbagai masalah kulit wajah, seperti:

  • Kotoran yang ada pada wajah.
  • Masalah jerawat.
  • Komedo yang membandel.
  • Sel kulit mati yang menumpuk.

3. Bubuk Kopi

Masker untuk kulit berjerawat dan komedo yang ketiga adalah bubuk kopi. Masker untuk jerawat ini juga mampu membuat wajah bebas komedo. Kamu hanya perlu menyiapkan bubuk kopi dan minyak kelapa.

Kemudian campurkan setengah cangkir minyak kelapa dengan setengah cangkir bubuk kopi. Aduk rata dan segera aplikasikan ke wajah.

Kemudian, pijat wajah secara perlahan dan gerakan memutar di sekitar area wajah yang terdapat komedo, biarkan selama 5 menit lalu bilas dengan air dingin.

Baca juga: 7 Manfaat Masker Kopi untuk Wajah, Bantu Cegah Penuaan Dini

4. Tea Tree Oil

Masker untuk kulit berjerawat dan komedo yang keempat adalah tea tree oil. Tea tree oil tidak hanya digunakan sebagai bahan masker untuk jerawat, tapi juga dapat digunakan untuk membantu mengembalikan kotoran dan minyak kulit.

Hal tersebutlah yang dapat menyumbatkan pori-pori dan berpotensi menyebabkan komedo. Tea tree oil juga memiliki sifat anti-komedogenik (antibakteri dan antiinflamasi) yang dapat membantu menghilangkan kotoran.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu tinggal mengoleskan ta tree oil pada bagian wajah yang berkomedo. Agar lebih optimal, tea tree oil dapat dicampur dengan minyak zaitun minyak kelapa, atau minyak jojoba saat digunakan sebagai bahan oles.

5. Kulit Jeruk

Masker untuk kulit berjerawat dan komedo yang kelima adalah kulit jeruk. Untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat dan juga komedo, masker kulit jeruk bisa menjadi solusi untuk 2 masalah yang berbeda ini.

Berikut cara penggunaan masker untuk berjerawat dan masker untuk komedo dari kulit jeruk:

  • Keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari. Jika sudah kering, dijadikan bubuk halus.
  • Campurkan 1 sendok makan bubuk jeruk yang tadi dihaluskan dan campurkan dengan 2 sendok makan air ke dalam wadah.
  • Aduk adonan masker hingga menjadi halus.
  • Oleskan masker kulit jeruk di area kulit yang berjerawat dan komedo lalu biarkan hingga mengering.
  • Gosok dengan lembut menggunakan tangan yang basah.
  • Bilaslah muka dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

6. Teh Hijau

Masker untuk kulit berjerawat dan komedo yang keenam adalah teh hijau. Selain bisa meningkatkan kesehatan ketika di minum, teh hijau juga bisa menghilangkan jerawat yang membandel pada wajah.

Flavonoid dan tanin yang terkandung pada teh hijau dilaporkan bisa membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan pada wajah.

Antioksidan yang terdapat dalam teh hijau pun terbukti bisa mengurangi produksi sebum, melawan peradangan kulit dan menghambat pertumbuhan P. acnes pada kulit yang cenderung berjerawat.

Baca juga: 7 Jenis Masker Wajah, Sesuaikan dengan Tipe Kulit Wajah Kamu Ya!

7. Masker Lidah Buaya

Masker untuk kulit berjerawat dan komedo yang terakhir adalah masker lidah buaya. Lidah buaya mengandung asam salisilat dan sumber sulfur yang dapat mengatasi jerawat. Campur dengan teh hijau dan kunyit untuk membantu mengontrol minyak dan kulit sensitif.

Saat ini mungkin kamu gemas dengan dengan jenis kulit wajah berminyak dan berjerawat. Namun, minyak justru baik untuk mencegah keriput. Silakan coba beberapa masker wajah alami untuk kulit berjerawat di atas agar kulit berminyak tetap bersih dan terawat.***

You may also like

Tinggalkan Komentar