Connect with us

Internasional

California Kembali Berdarah, Penembakan Massal Lagi Tewaskan 7 Pekerja Pertanian China-Amerika

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Foto tersangka penembakan massal di kota pesisir Half Moon Bay, California, Zhao Chunli di dalam SIM dan saat diamankan polisi setelah kejadian

Foto tersangka penembakan massal di kota pesisir Half Moon Bay, California, Zhao Chunli di dalam SIM dan saat diamankan polisi setelah kejadian

FAKTUAL-INDONESIA: Negara bagian California AS kembali berdarah dengan terjadinya penembakan massal ketiga dalam delapan hari setelah seorang pria menembak mati tujuh mantan rekan kerjanya di selatan San Francisco.

Serangan itu terjadi di kota pesisir Half Moon Bay. Semua korban adalah pekerja pertanian China-Amerika.

Tersangka Zhao Chunli, 67, ditangkap setelah mengemudi ke kantor polisi.

Itu terjadi ketika negara bagian berduka atas kematian 11 orang di Monterey Park – sekitar enam jam tenggara Teluk Half Moon – selama perayaan Tahun Baru Imlek.

Dan lebih dari seminggu yang lalu, enam orang termasuk seorang ibu remaja dan bayinya tewas di sebuah properti di Goshen, selatan Los Angeles.

Advertisement

Gubernur California Gavin Newsom men-tweet bahwa dia berada di pertemuan rumah sakit dengan para korban penembakan massal sebelumnya ketika dia ditarik untuk diberi pengarahan tentang serangan kedua, menggambarkannya sebagai “tragedi demi tragedi”.

Tak terkatakan

Pertumpahan darah terbaru yang melanda negara bagian itu terjadi di dua peternakan di sekitar komunitas Half Moon Bay.

Empat korban serangan penembakan ditemukan di sebuah peternakan jamur sementara tiga lainnya kemudian ditemukan di sebuah bisnis angkutan truk terdekat. Korban kedelapan dirawat di rumah sakit dan dalam kondisi kritis.

Sejumlah anak yang baru saja dikeluarkan dari sekolah dan tinggal di pedesaan menyaksikan serangan itu terjadi, kata Sheriff San Mateo County Christina Corpus.

Advertisement

“Penembakan semacam ini mengerikan. Ini adalah tragedi yang terlalu sering kita dengar, tetapi hari ini terjadi di San Mateo County,” kata kantor itu.

“Bagi anak-anak untuk menyaksikan ini tak terkatakan.”

Setelah melakukan pembunuhan, tersangka pergi ke kantor polisi setempat di mana penangkapannya terekam kamera.

Saluran berita AS menunjukkan Zhao Chunli dijatuhkan ke tanah dan ditangkap oleh polisi.

Dia ditemukan dengan pistol semi-otomatis yang mungkin digunakan dalam serangan itu, dan bekerja sama dengan polisi, kata Sheriff Corpus.

Advertisement

Presiden Dewan Pengawas Kabupaten San Mateo Dave Pine mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa serangan itu dilakukan oleh “pekerja yang tidak puas”.

‘Perayaan yang menggembirakan berubah menjadi tragedi dan ketakutan’

Pahlawan yang melucuti senjatanya belum pernah melihat senjata asli

“Kami muak dengan tragedi hari ini di Half Moon Bay,” kata Pine dalam sebuah pernyataan. “Terlalu banyak senjata di negara ini dan harus ada perubahan.”

Hanya beberapa jam setelah serangan itu, tujuh orang terluka dan satu orang tewas dalam penembakan di Oakland – sekitar 40 mil (64 km) timur laut Half Moon Bay.

Advertisement

Serangan Half Moon Bay adalah penembakan massal ke-37 hanya dalam 24 hari, menurut Arsip Kekerasan Senjata .

Mereka mendefinisikan penembakan massal sebagai empat atau lebih orang terluka atau terbunuh.

Bahkan ketika rincian serangan mematikan di Half Moon Bay masuk, detektif di selatan negara bagian itu masih mencari motif pembunuhan di Monterey Park.

Di sana, seorang imigran tua Asia membunuh 11 orang di aula dansa pinggiran kota, sebelum bunuh diri saat polisi mendekat. ***

Advertisement
Lanjutkan Membaca