Home Olahraga Piala Eropa 2020: Para Pemburu Gelar > Inggris, Membawa Sepakbola Pulang Kampung

Piala Eropa 2020: Para Pemburu Gelar > Inggris, Membawa Sepakbola Pulang Kampung

oleh Gungdewan
Tim nasional Inggris berpeluang untuk merebut gelar pertama di Piala Eropa 2020

Tim nasional Inggris berpeluang untuk merebut gelar pertama di Piala Eropa 2020

FAKTUALid – Dimainkannya pertandingan babak penyisihan, 16 besar, semifinal dan final di Stadion Wembley, London, dapat disebutkan sebagai sepakbola pulang kampung ke Inggris. Namun sejak Piala Dunia tahun 1966, sepakbola tidak pernah lagi benar-benar menetap di kampung halamannya, Inggris.

Memang sejak menjadi juara Piala Dunia 1966, Inggris yang mengklaim sebagai tempat lahirnya sepakbola modern tidak pernah lagi membawa trofi juara. Baik untuk tingkat Eropa, apalagi dunia.

Akankah kini pasukan Tiga Singa akan mampu membawa sepakbola bukan saja mampir namun menetap di Inggris. Kerindua yang sudah lama terpendam di seluruh dada penggemar sepakbola Inggris.

Dengan menjadi tempat pertandingan semifinal dan final, Inggris seperti mendapat modal besar untuk mewujudkan impian membawa sepakbola menetapkan di kampungnya. Meskipun sempat agak terseok di langkah awal namun setelah tampil mengesankan di akhir penyishan grup, 16 besar dan perempatfinal, Inggris kini menjadi salah satu favorit kuat juara.

Inggris kini bersaing dengan Denmark, Italia dan Spanyol dalam memburu gelar Piala Eropa 2020. Hanya tinggal dua langkah lagi Inggris akan mengukir gelar seperti Piala Dunia 1966. Bila mampu mengatasi Denmark di semifinal Rabu (7/7/2021) atau Kami (8/7/2021) WIB, Inggris tinggal menghadapi pemenang antara Italia dan Spanyol di partai puncak.

Tanpa Mahkota

Inggris menjadi satu-satunya dari empat semifinalis yang belum pernah memakai mahkota Piala Eropa. Namun Inggris adalah satu-satunya satu-satunya tim yang mencapai semifinal di Piala Dunia terakhir.

Gareth Southgate masih menjadi pelatih tetapi dengan skuad yang banyak berubah. Hanya sembilan dari 23 pemain dari Piala Dunia 2018 yang masih dibawa  untuk Euro 2020.

Dari lima pertandingan Inggris sejauh ini, hanya kemenangan perempat final atas Ukraina yang dimainkan jauh dari Stadion Wembley. Dan kembali ke Wembley untuk semifinal dengan Inggris belum kebobolan gol di turnamen.

Sementara Harry Kane tidak mencetak gol di babak penyisihan grup, sang striker kini memiliki tiga gol dalam dua pertandingan. Raheem Sterling juga mengemas tiga gol.

Di antara keputusan untuk Southgate adalah apakah akan tetap dengan pertahanan empat orang atau pergi dengan tiga bek, dan apakah akan membawa Bukayo Saka kembali ke starting lineup menggantikan Jadon Sancho jika pemain sayap telah pulih dari cedera ringan.

Southgate telah menghadirkan atmosfir aneh yang belum pernah dirasakan pengemar Inggris dengan merebut tiket ke semifinal. Atmosfir yang tentunya akan makin menggelora dan bahkan menggila bila Tiga Singa mampu mendapatkan mahkota juara untuk pertama kalinya.

Southgate sudah melakukannya dengan baik, pasukan Inggris sudah melangkah dengan bagus. Football Coming Home?

Perjalanan di Piala Eropa 2020:

Hasil Grup D

13/06: Inggris 1-0 Kroasia (London)

18/06: Inggris 0-0 Skotlandia (London)

22/06: Republik Ceko 0-1 Inggris (London)

babak 16 besar

29/06: Inggris 2-0 Jerman (London)

Perempat final

03/07: Ukraina 0-4 Inggris (Roma)

Pencetak gol terbanyak

Harry Kane, Raheem Sterling (3 gol)

Kualifikasi

Rekor Grup A: P8 W7 D0 L1 F37 A6

Semifinal UEFA EURO: W0 L2 (1968, 1996)

Pencetak gol terbanyak kualifikasi: Harry Kane (12)

Silsilah

UEFA EURO terbaik: tempat ketiga (1968)

UEFA EURO 2016: babak 16 besar, kalah 2-1 dari Islandia

Pelatih: Gareth Southgate

Empat turnamen utamanya sebagai pemain termasuk EURO ’96, dan kegagalan penalti semifinal yang terkenal melawan Jerman. Sebagai manajer ia telah mengubah suasana di Inggris, memimpin tim ke semifinal Piala Dunia 2018 dan sekarang empat besar di EURO 2020.

Pemain kunci: Harry Kane

Kapten Inggris dan striker 34-gol jimat adalah pencetak gol dan pencipta – sebagai 33 gol dan 17 assist untuk Spurs di semua kompetisi di 2020/21 highlights.

Pantas diamati: Jude Bellingham

Pemain termuda yang tampil dalam pertandingan knockout EURO setelah cameo melawan Ukraina di perempat final, gelandang Dortmund memancarkan energi, kekuatan dan kepercayaan diri. Menandai ulang tahunnya yang ke-18 melawan Jerman di Wembley.

Tahukah Anda?

Inggris hanya kalah dua kali dari 27 pertandingan kandang Wembley di bawah Southgate – melawan Spanyol dan Denmark.

Perkiraan susunan tim melawan Denmark di semifinal (7/7/2021):

Pickford; Walker, Stones, Maguire, Shaw; Phillips, Beras; Sancho/Saka, Gunung, Sterling; Kane

Kekuatan Lengkap:

Goalkeepers: Sam Johnstone (West Bromwich Albion), Jordan Pickford (Everton), Aaron Ramsdale (Sheffield United)

Defenders: Ben Chilwell (Chelsea), Conor Coady (Wolves), Reece James (Chelsea), Harry Maguire (Manchester United), Tyrone Mings (Aston Villa), Luke Shaw (Manchester United), John Stones (Manchester City), Kieran Trippier (Atlético), Kyle Walker (Manchester City), Ben White (Brighton)

Midfielders: Jude Bellingham (Dortmund), Phil Foden (Manchester City), Jack Grealish (Aston Villa), Jordan Henderson (Liverpool), Mason Mount (Chelsea), Kalvin Phillips (Leeds United), Declan Rice (West Ham), Bukayo Saka (Arsenal), Jadon Sancho (Dortmund)

Forwards: Dominic Calvert-Lewin (Everton), Harry Kane (Tottenham), Marcus Rashford (Manchester United), Raheem Sterling (Manchester City)

You may also like

Tinggalkan Komentar