Connect with us

Olahraga

APG 2023 Kamboja: Indonesia Berikan Cenderamata Wayang Gatotkaca untuk Ketua CAMAPGOC

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Perwakilan Indonesia memberikan cenderamata berupa miniatur tokoh pewayangan Gatotkaca kepada Representative of The CAMAPGOC (NPC Indonesia)

Perwakilan Indonesia memberikan cenderamata berupa miniatur tokoh pewayangan Gatotkaca kepada Representative of The CAMAPGOC (NPC Indonesia)

FAKTUAL-INDONESIA: Upacara pengibaran bendera dan penyambutan 11 negara untuk ASEAN Para Games ke-12 2023 telah berlangsung di kawasan morodok techo sports complex, Jumat (2/6/2023).

Hadir dalam upacara Welcome Ceremony itu perwakilan dari Indonesia yakni Deputi 1 CdM, Teguh Subroto dan Koordinator Liasion Officer (LO), DB Sutanto.

Upacara juga dihadiri Thong Khon selaku Menteri Pariwisata Kamboja sekaligus Wakil Ketua CAMPAGOC, Osoth Bhavillai, Ketua Federasi Olahraga Disabilitas ASEAN (APSF) dan Yi Veasna selaku Wakil Sekretaris Jenderal CAMPAGOC, serta perwakilan delegasi dari 11 negara.

Dalam ceremony itu, ada momen menarik saat perwakilan Indonesia memberikan cenderamata berupa miniatur tokoh pewayangan Gatotkaca kepada Representative of The CAMAPGOC atau Ketua Komite Penyelenggara Nasional ASEAN Para Games (CAMPAGOC), Hun Many.

Sedangkan Hun Many yang juga putra Perdana Menteri (PM) Kerajaan Kamboja, Hun Sen juga memberikan cenderamata berupa sepasang boneka kelinci bernama Borey dan Romdoul sebagai maskot ASEAN Para Games 2023.

Advertisement

“Wayang merupakan salah satu budaya khas Indonesia. Welcome ceremony ini juga sebagai langkah kita mengenalkan budaya Indonesia kepada negara lain,” ungkap Teguh Subroto usai acara.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal CAMPAGOC, Yi Veasna merasa senang dan puas dapat menggelar ASEAN Para Games 2023.

“Kami juga melihat seluruh kontingen bahagia. Apa yang saya dapatkan adalah mereka mengatakan bahwa Kamboja telah melakukannya dengan sangat baik sehingga tidak ada negara lain yang melakukan standar ASEAN Para Games dan sangat bagus,” jelas dia.

Di sisi lain, kontingen Indonesia berkekuatan 268 atlet bakal berjuang memenuhi target 121 medali emas, 94 perak, dan 84 perunggu dengan mengikuti 12 cabang olahraga (cabor).

Ke-12 cabang olahraga itu adalah para-tletik, para-bulu tangkis, para-tenis meja, para-renang, angkat berat, blind judo, para-catur, bola voli duduk, sepak bola cp, boccia, bola basket kursi roda, dan goalball. ***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement