Home News Portugal Bungkam Hongaria 3-0

Portugal Bungkam Hongaria 3-0

oleh Joko Ham
Portugal vs Hongaria. (Ist)

Portugal vs Hongaria. (Ist)

FAKTUALid – Mengawali langkah pertamanya di Piala Eropa 2020, Portugal sukses membungkam lawannya Hongaria.

Hongaria ditalukkan 3-0 laga pertama melawan Portugal di Grup F. Tampil di Puskas Arena, Hungaria, Selasa (15/6/2021), awalnya Portugal dibuat kesulitan sepanjang babak pertama. Namun, A Selecao akhirnya bisa mencetak tiga gol setelah rehat, dua diantaranya atas nama Cristiano Ronaldo.

Tempo bermain cepat langsung ditunjukkan para penggawa Timnas Portugal di awal babak pertama. Selecao das Quinas mendapat peluang emas lewat pergerakan Diogo Jota di menit kelima.

Jota yang bergerak cepat ke jantung pertahanan Hungaria mendapat celah untuk melepaskan tembakan. Sayang, bola masih berhasil dihalau kiper lawan.

Memasuki menit ke-15 Hungaria masih menunjukkan pertahanan yang cukup baik. Mereka juga percaya diri meski beberapa kali mendapat ancaman dari Cristiano Ronaldo dan rekan-rekan.

Portugal masih terus mencari celah untuk menciptakan gol. Harapan terbuka lewat aksi Cristiano Ronaldo di menit ke-19. Memanfaatkan umpan panjang Pepe. Ronaldo langsung meneruskan dengan tembakan keras ke arah gawang lawan.

Akan tetapi, bola kembali berhasil diblok dan Ronaldo dianggap sudah berada di posisi offside. Peluang emas kembali didapat CR7 di menit 42. Sayang, sontekannya di depan gawang masih melambut tinggi di atas mistar gawang.

Bernardo Silva dan rekan-rekan belum berhenti memberikan ancaman ke lini pertahanan Hungaria. Akan tetapi, hingga babak pertama usai skor masih belum berubah 0-0.

Memasuki babak kedua, tim tuan rumah bermain lebih percaya diri. Situasi tertekan di babak pertama tak membuat Endre Botka dan rekan-rekan gentar atas lawan mereka.

Hungaria terbukti bermain lebih menyerang di babak kedua. Namun di sisi lain, mereka juga masih bisa bertahan dengan baik ketika mendapat serangan.

Magical Magyars -julukan Timnas Hungaria- nyaris membuat kejutan. Szabolcs Schon yang masuk sebagai pemain pengganti langsung memberikan ancaman nyata dengan berhasil merobek gawang Portugal.

Sayang, gol tersebut dianggap tidak sah karena sang pemain terlebih dulu berada di posisi offside. Kedua tim terus terlibat jual beli serangan. Portugal akhirnya memecah kebuntuan di menit-menit akhir.

Tembakan Raphael Guerreiro gagal dihalau Peter Gulasci karena berubah arah usai membentur bek Hungaria. Beberapa menit kemudian Portugal kembali menjauh berkat gol Cristiano Ronaldo dari titik putih.

Ronaldo benar-benar menjadi mimpi buruk untuk Hungaria. Penyerang Juventus itu kembali mencatatkan namanya di papan skor di menit-menit akhir. Skor 3-0 bertahan hingga laga usai. ***

Tinggalkan Komentar