Home NasionalNusantara Tekan Penyebaran Covid-19, Sibat PMI Serengan bagikan Ribuan Botol Disinfektan

Tekan Penyebaran Covid-19, Sibat PMI Serengan bagikan Ribuan Botol Disinfektan

oleh Uti Farinzi
 
 
Relawan Sibat PMI membagikan cairan disinfektan kepada warga Serengan Solo. (Foto : Istimewa)FAKTUALid – Relawan Sibat (Siaga Bencana Berbasis masyarakat) PMI Kelurahan Serengan Solo membagikan 2.394 botol disinfektan untuk seluruh rumah warga di Kelurahan Serengan, Rabu (7/7/2021). Gerakan ini dilakukan untuk menekan penyebaran kasus Covid-19 di kelurahan tersebut.

 
“Gerakan ini diinisiasi karena banyaknya warga Serengan yang terpapar Covid-19. Kita lihat di Serengan ini kasus Covid-19 tergolong tinggi, sehingga kita ingin membantu warga untuk menekan angka penyebaran Covid-19,” jelas Ketua Relawan Sibat Serengan, Nugroho Aprianto.
 
Menurut Nugroho, gerakan ini menjadi yang pertama kali dilakukan di Kota Solo bahkan di Jawa Tengah. Selama ini penyemprotan disinfektan juga telah rutin dilakukan sebenarnya sudah baik tetapi tidak efektif karena tidak menjangkau di dalam rumah.
 
“Satu rumah akan mendapatkan satu botol cairan disinfektan. Penggunaannya cukup satu tutup botol kemudian dicampur air dan disemprotkan di dalam rumah,” jelasnya lagi.
 
Ribuan botol cairan disinfektan tersebut berasal dari anggaran dari iuran 64 RT dan relawan. Iuran setiap RT sebesar Rp50.000 ditambah donasi dari relawan, total yang dikumpulkan sebesar Rp3.250.000. Dana yang terkumpul dibelikan bahan disinfektan.
 
“Program ini bisa diimplementasikan di daerah lain. Kami berharap setiap kelurahan di Kota Solo bisa melaksanakan kegiatan seperti ini,” katanya.
 
Sehingga masyarakat bisa melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri di rumah masing-masing minimal satu hari sekali. Terutama setelah ada keluarga atau tamu dari luar kota. 
 
Lurah Serengan,  Ida Setianingsih menambahkan selama ini penyemprotan disinfektan di Kelurahan Serengan telah dilakukan secara berkala dibagi per RW melalui Jogo Tonggo.
 
“Dengan adanya pembagian cairqn disinfektan ini warga bisa menyemprot sendiri rumahnya. Saya mengapresiasi dan mensuport apa yang dilakukan Sibat Serengan ini,” ujarnya.
 
Sementara itu salah satu warga Kelurahan Serengan, Ninik Widaningsih mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Sibat Serengan tersebut.
 
“Apalagi saat ini kasus Covid-19 di Kota Solo terus melonjak. Dengan kegiatan seperti ini diharapkan bisa memutus mata rantai Covid-19,” pungkasnya. (Uti Farinzi) ***
 

Tinggalkan Komentar