Connect with us

Nusantara

Belasan Hotel Di Solo Raya Disiapkan Untuk Atlet ASEAN Para Games

Avatar

Diterbitkan

pada

Sekjen NPC Rima Ferdianto. (Foto: istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Sebanyak 17 hotel di Solo Raya disiapkan untuk menampung atlet dan official peserta ASEAN Para Games (APG) XI yang akan digelar di Kota Solo, 30 Juli-6 Agustus.  Untuk hotel, menggunakan sistem bubble 1 hotel untuk 1 cabang olahraga (cabor).

“Kita dapat bocoran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) karena kasus naik Covid-19 naik. Jadi nanti atlet hanya bisa bergerak dari hotel masing-masing ke venue, jadi akan susah bergerak di luar 2 tempat itu,” jelas Sekjen National Paralympic Commiittee (NPC), Rima Ferdianto, Selasa (28/6/2022).

Untuk pemilihan hotel akan dikoneksikan dengan cabor. Menurut Rima, meskipun jumlah cabor yang dipertandingkan hanya 14 tetapi hotel yang disiapkan lebih dari 14 karena ada cabor yang jumlah atletnya banyak.

“Seperti renang dan atletik kan jumlah atletnya banyak, jadi tidak hanya di 1 hotel saja,” jelasnya lagi.

Selain hotel di wilayah Solo Raya, 2 hotel di Semarang juga disiapkan untuk menampung atlet dan official dari cabor para swimming atau renang yang dilaksanakan di Jatidiri, Semarang.

Advertisement

“Ada juga hotel untuk VVIP dan kementerian terkait. Memang nutuh banyak hotel tambahan, nanti  kalau tidak cukup bisa ke Yogyakarta dan Semarang untuk menginap tamu dari kementerian terkait,” katanya.

Untuk jumlah atlet per hari ini tercatat 1.283 orang. Dengan jumlah atlet Indonesia sementara sebanyak 331 orang. Rima menyebut jumlah atlet bisa bertambah atau berkurang, disesuaikan dengan feasibilitas event.

“Untuk jumlah pastinya menunggu pre delegating registration meeting yang akan diselenggarakan 4 Juli mendatang,” katanya lagi.

Sementara itu, menurut Pejabat Humas PHRI Solo, Sistho A. Sreshtho, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo telah menerima surat dari NPC terkait alokasi kamar di tiap hotel.

“NPC Indonesia sudah mengalokasikan beberapa hotel untuk masing-masing cabor,” kata Sistho.

Advertisement

Dirinya memprediksi selama event ASEAN Para Games berlangsung, seluruh hotel di Solo dan sekitarnya akan penuh.

“Karena yang datang ke Solo ini bukan hanya kontingen atlet-atletnya saja. Tapi lengkap dengan pendampingnya, official-nya, bahkan suporternya,” ujarnya.

Selain 17 hotel untuk atlet dan offical, juga ada 4 hotel yang disiapkan untuk panitia pelaksana (panpel) yang akan digunakan selama event APG 2022. ***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement