Connect with us

Kesra

Jateng Dukung Ide Kemenag Soal Pembagian Zakat Lewat Lembaga Resmi

Avatar

Diterbitkan

pada

 

Pembagian zakat. (Ilustrasi/Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Jawa Tengah setuju dan mendukung gagasan Kementerian Agama (Kemenag), terkait imbauan pembagian zakat melalui lembaga resmi. Ini cara untuk memudahkan dan menekan kerumunan, mengingat pandemi masih berjalan.

“Saya setuju. Itu ide yang bagus,” kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, di kantornya, Senin (11/4/2022).

Ganjar menyebut, akan lebih bagus lagi jika Kemenag membagikan data penerima zakat pada kelompok yang ditunjuk sebagai pembagi. “Apabila datanya bagus sebenarnya disampaikan saja pada kelompok-kelompok,” tuturnya.

Menurutnya, Badan Amil Zakat Nasional baik provinsi maupun di daerah memiliki data mengenai pihak-pihak atau kelompok masyarakat yang berhak menerima zakat.

Advertisement

“Baznas punya data tentang itu, kerja sama saja dengan Baznas pasti akan jauh lebih baik,” tegasnya.

Tugasnya saat ini, papar Ganjar, adalah menyiapkan siapa saja penerimanya. Ia mendorong Kemenag segera membagikan data yang ada sehingga pihaknya bisa membantu lebih cepat.

“Tugas kita nanti menyiapkan siapa-siapa yang membutuhkan. Datanya disiapkan mulai sekarang biar lebih gampang,” jelasnya.

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag, Tarmizi Tohor, sebelumnya meminta masyarakat tidak membagikan zakat secara massal yang berpotensi menimbulkan kerumunan saat pandemi Covid-19. Masyarakat diimbau menyalurkan zakat melalui lembaga resmi yang kredibel berizin.

“Sudah saatnya kebiasaan itu ditinggalkan. Mari salurkan zakat melalui BAZNAS atau LAZ yang telah memiliki izin operasional,” tegas Tarmizi.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca