Connect with us

Otomotif

Rem Mobil Bunyi Saat Diinjak? Ketahui 6 Penyebabnya

Avatar

Diterbitkan

pada

Rem Mobil Bunyi Saat Diinjak

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Saat ini, mobil sudah menjadi transportasi yang diandalkan banyak orang. Salah satu komponen penting pada mobil adalah rem. Terkadang, kerap muncul bunyi ketika pedal rem diinjak. Lalu apa yang menyebabkan rem mobil bunyi saat diinjak?

Dibandingkan komponen lainnya, rem menjadi komponen yang perlu secara rutin diperhatikan. Jika ada kerusakan, akan sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan. Walau tidak terlalu penting dan masih dapat berfungsi normal, bukan berarti Anda lantas mengabaikannya.

Meski tidak ada gejala kerusakan pada rem, namun seringkali menimbulkan bunyi misterius yang mengganggu telinga. Untuk mengatasinya harus dicari penyebab rem mobil bunyi saat diinjak.

Baca juga: 6 Cara Memperbaiki Rem Mobil Masuk Angin agar Tidak Blong

Berikut beberapa penyebab rem mobil bunyi saat diinjak yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Kampas rem kotor

Sumarmin selaku Kepala mekanik Auto2000 Cilandak, Jakarta, menjelaskan ada dua faktor yang menyebabkan rem bunyi saat diinjak.

Advertisement

“Kampas rem yang kotor karena jarang melakukan perawatan bisa menyebabkan bunyi saat melakukan pengereman. Bisa kotor karena material-material tertentu, karena komponen rem jarang dibersihkan,” kata Suparmin beberapa waktu lalu, dikutip Otodriver.

2. Kampas rem yang tidak berkualitas

Hal yang kedua, mungkin kualitas kampas rem yang digunakan wajib dipertanyakan. “Yang kedua adalah penggunaan kampas rem non-genuine (tidak berkualitas). Karena bahan materianya beda maka sering kali kampas rem non asli ini menimbulkan suara ketika pengereman,” tukas Sumarmin.

Jika mobil Anda mengalami kejadian serupa, segera bawa ke bengkel langganan untuk melakukan pengecekan pada bagian rem tersebut.

3. Pedal rem kekurangan pelumas

Pedal rem kekurangan pelumas bisa menjadi penyebab rem mobil bunyi saat diinjak. Melansir Auto2000, pedal rem yang kekurangan pelumas ternyata bisa menimbulkan decitan saat diinjak.

Untuk mengatasinya, cukup melumasi pedal rem dengan pelumas. Jika susah menjangkaunya, sebaiknya Anda membawa mobil ke bengkel agar teknisi nanti membongkar pedal rem dan memberikan pelumas.

Advertisement

Baca juga: Ketahui 6 Tanda Kampas Rem Mobil Habis, Ganti dengan Segara!

4. Tetesan oli

Oli yang menetes tidak hanya mengganggu dalam proses pengereman, namun juga bisa menimbulkan bunyi berdecit. Hal itu dikarenakan oli bisa membuat kampas dan cakram menjadi lebih licin ketika bergesekan. Untuk mengatasinya selalu rutin cek oli mobil supaya tidak bocor dan merembes kemana-mana.

5. Kampas rem menipis

Penyebab rem mobil bunyi saat diinjak berikutnya yaitu kampas rem sudah menipis. Kendati hal ini benar terjadi, piringan cakram rem sering bergesekan dengan pelat penjepit kampas rem sheingga menyebabkan gesekan besi menjadi sering terdengar saat penginjakan rem.

Kampas rem memang perlu dilakukan pengecekan setidaknya satu tahun sekali. Bahkan untuk mobil yang sering dipakai melalui jalur berat, macet, dan jalanan menurun harus dilakukan pemeriksaan lebih cepat.

6. Gangguan pada sistem transmisi

Penyebab rem mobil saat berbunyi saat diinjak yang terakhir adalah adanya gangguan pada sistem transmisi. Poin ini khusus untuk mobil dengan sistem transmisi otomatis.

Bunyi berdecit yang muncul pada rem disebabkan oleh sistem transmisi yang tertahan karena Anda menginjak pedal rem. Ini bukanlah suatu masalah karena akan hilang dengan sendirinya.***

Advertisement

Baca juga: Kenali 7 Penyebab Rem Blong Pada Mobil dan Cara Mengatasinya

Lanjutkan Membaca