Connect with us

Lifestyle

6 Manfaat Sinar Matahari, Ternyata Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Avatar

Diterbitkan

pada

manfaat sinar matahari

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Tahukah anda ternyata banyak manfaat sinar matahari untuk kesehatan tubuh? Anda mungkin pernah mendengar bahwa terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat berbahaya bagi kulit.

Keseimbangan yang tepat dari terpapar sinar matahari dapat memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan. Sebenarnya, sinar matahari dan ruangan gelap memicu pelepasan hormon di otak. Paparan sinar matahari diangap meningkatkan pelepasan hormon yang disebut serotonin di otak.

Berikut beberapa manfaat sinar matahari yang sudah faktualid.com lansir dari berbagai sumber.

1. Membangun Tulang Kuat

Manfaat sinar matahari yang pertama adalah membangun tulang kuat. Dikutip dari American Journal of Clinical Nutrition, kadar vitamin D yang rendah dikaitkan dengan rakhitis pada anak-anak dan penyakit yang merusak tulang, seperti osteoporosis dan osteomalacia.

Selain itu, kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan peningkatkan risiko kanker mematikan, penyakit kardiovaskular, multiple sclerosis, rheumatoid arthritis dan diabetes melitus tipe 1.

Advertisement

Baca juga: Ini 8 Cara Menjaga Kesehatan Tulang yang Wajib Kamu Ketahui

2. Menyembuhkan Kondisi Kulit

Manfaat sinar matahari yang kedua adalah menyembuhkan kondisi kulit. Menurut World Health Organization (WHO), manfaat sinar matahari lainnya dapat mengobati beberapa kondisi kulit.

Dokter telah merekomendasikan paparan radiasi UV untuk mengobati:

  • Penyakit kuning.
  • Jerawat.
  • eksim.
  • Psoriasis.

Meskipun terapi cahaya tidak cocok untuk semua orang, dokter kulit dapat merekomendasikan apakah perawatan ringan seperti berjemur di waktu-waktu tertentu akan bermanfaat bagi masalah kulit yang dialami oleh seseorang.

3. Meningkatkan Mood

Manfaat sinar matahari yang ketiga adalah meningkatkan mood. Para ilmuwan dari Innovations in Clinical Neuroscience telah menemukan bahwa sinar matahari dapat memengaruhi fungsi sistem saraf pusat, terutama dalam hal kadar serotonin.

Serotonin adalah neurotransmitter dan hormon yang disekresikan oleh hipotalamus yang memungkinkan sel-sel otak dan sel sistem saraf lainnya untuk berkomunikasi satu sama lain.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Mood Swing Saat Menstruasi

4. Membantu Waktu Tidur

Manfaat sinar matahari yang keempat adalah membantu waktu tidur. Sinar matahari memainkan peran penting dalam mengatur jam internal. Jam internal dikenal sebagai ritme sirkadian, menentukan perilaku berdasarkan waktu seperti kapan harus tidur, bangun dan makan.

Advertisement

Melalui proses yang disebut entertainment, ritme sirkadian seseorang perlu diatur ulang setiap hari agar tetap selaras dengan perubahan cahaya. Ini dpaat terjadi karena pergantian musim atau pindah ke zona waktu baru.

Baca juga: 7 Cara Bangun Pagi Meski Tidur Malam (Begadang), Buktikan Sendiri!

5. Pencegahan Kanker

Manfaat sinar matahari yang kelima adalah pencegahan kanker. Meskipun sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kaker kulit, sinar matahari dalam jumlah sedang sebenarnya memiliki manfaat untuk mencegah kanker.

Menurut peneliti dari Clinical Journal of The American Society of Nephrology, orang yang tinggal di daerah dengan waktu siang yang lebih sedikit cenderung menderita beberapa jenis kanker tertentu dibandingkan tinggal di tempat yang lebih banyak sinar matahari di siang hari.

6. Baik untuk Kesehatan Mental

Manfaat sinar matahari yang terakhir adalah baik untuk kesehatan mental. Dilansir dari Mayo Clinic, penurunan paparan sinar matahari dikaitkan dengan penurunan kadar serotonin yang dapat menyebabkan depresi berat dengan pola musiman atau SAD.

Efek serotonin yang diinduksi cahaya dipicu oleh sinar matahari yang masuk melalui mata. Sinar matahari memberi isyarat pada area khusus di retina, yang memicu pelepasan serotonin.*** (Hana Chaniago)

Advertisement

Lanjutkan Membaca