Connect with us

Kesehatan

7 Cara Bangun Pagi Meski Tidur Malam (Begadang), Buktikan Sendiri!

Avatar

Diterbitkan

pada

cara bangun pagi meski tidur malam

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Sulit tidur merupakan masalah yang kerap dialami banyak orang. Aktivitas ini tentu membuat Anda sulit untuk bangun pagi. Padahal, Anda sudah mempunyai jadwal penting yang akhirnya gagal akibat bangun kesiangan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara bangun pagi meski tidur malam atau begadang.

Setiap orang memiliki jam tidur yang berbeda. Entah tuntunan pekerjan, nonton bola atau insomnia membuat orang tidur larut malam. Kegiatan ini membuat Anda tidak mendapatkan tidur cukup selama 7-8 jam sehari. Akibatnya, Anda bangun lebih siang.

Di situasi tertentu, mungkin perlu tidur lebih malam dan bangun lebih awal. Lantas, bagaimana cara bangun pagi meski tidur malam karena begadang?

Baca juga: 8 Manfaat Tidur Telanjang bagi Kesehatan, Benarkah Demikian?

Berikut beberapa cara bangun pagi meski tidur malam yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Mengatur jam tidur

Cara bangun pagi meski tidur malam yang pertama yaitu mengatur jadwal tidur. Ini perlu dilakukan guna melatih agar terbiasa bangun di pagi hari. Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama secara rutin.

Advertisement

Tidurlah lebih awal supaya esok pagi Anda bisa merasa segar. Pastikan jam tidur setiap hari untuk membuat tubuh yang nantinya akan lebih mudah bangun secara alami.

2. Memasang alarm dan jangan memencet tombol snooze alarm

Memasang alarm menjadi cara bangun pagi meski tidur malam yang paling umum dilakukan. Sejumlah orang mungkin menggunakan cara ini dan hasilnya efektif. Namun, beberapa yang lainnya dirasa kurang efektif.

Pasalnya, orang tersebut terbiasa menekan snooze alarm di pagi hari sehingga sulit untuk bangun dalam keadaan segar. Bahkan, cenderung melanjutkan tidurnya dan bangun di siang hari. Mulai sekarang, pindahkan alarm dari tempat yang sulit dijangkau dan akan segera beranjak dari kasur.

Jika memang mengetahui diri Anda sulit untuk bangun, mintalah bantuan orang lain untuk membangunkan Anda dengan cepat.

3. Buat cahaya masuk ke dalam kamar

Cara bangun pagi meski tidur malam berikutnya yaitu dengan membiarkan cahaya masuk ke dalam kamar. Tubuh memerlukan cahaya alami guna mengatur ulang jam internalnya. Selain itu, ruangan yang gelap bisa menjadikan seseorang sulit untuk beranjak.

Advertisement

Jika kamar bisa mendapatkan cahaya dengan mudah, bukalah tirai kamar agar cahaya bisa mengjangkau kamar. Atau Anda bisa memanfaatkan lampu sebagai pengganti cahaya matahari.

4. Hindari sinar biru

Selain membiarkan cahaya masuk, cara bangun pagi meski tidur malam juga perlu menghindari sinar biru. Blue light atau sinar biru adalah cahaya dipancarkan dari layar perangkat digital seperti televisi, laptop, smartphone, dan perangkat elektronik lainnya.

Baca juga: 8 Cara Cepat Tidur Setelah Minum Kopi, Cepat dan Efektif

Sinar biru akan menekan produksi melationin, yakni hormon pemicu tidur. Ketika hormon tersebut terhambat, bisa mengakibatkan kualitas tidur berkurang. Menghindari blue light minimal satu jam sebelum tidur dapat membantu tidur lebih awal.

5. Mengonsumsi sarapan sehat

Meskipun Anda bangun pagi ketika tidur terlalu larut, pada siang hari memungkinkan Anda merasakan kantuk dan lemas. Makan makanan sehat pada saat sarapan bisa membantu menambah energi saat menjalani aktivitas.

Saat tubuh mendapatkan cukup energi, Anda bisa terhindar dari rasa kantuk dan lebih bersemangat. Tak hanya itu, cara bangun pagi meski tidur malam dengan mengonsumsi makanan bergizi berguna membantu tidur lebih nyenyak sehingga Anda bisa lebih fresh di pagi hari.

Advertisement

Ada beberapa makanan yang bisa menambah energi, diantaranya buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, dan makanan tinggi asam lemak omega-3.

6. Hindari makan berat saat malam hari

Cara bangun pagi meski tidur malam berikutnya adalah menghindari makan berat saat malam hari. Makanan ini bisa menimbulkan rasa kantuk bersifat sementara yang dapat memengaruhi kualitas tidur.

Usahakan untuk makan kurang dari 500 kalori saat makan malam pada 2-3 jam sebelum tidur. Konsumsi makanan ringan bisa membuat kualitas tetap optimal. Makanan seperti lemak, ikan, dan sayuran mampu membuat perut kenyang dan mencegah untuk makan camilan tengah malam.

7. Mengobati gangguan tidur

Jika cara bangun pagi meski tidur malam diatas dianggap kurang ampuh karena mempunyai masalah gangguan tidur, Anda bisa menjalani pengobatan agar bisa bangun di pagi hari. Gangguan tidur seperti insomnia atau sindrom kaki gelisah, perlu diobati untuk membantu tidur dan bangun lebih baik.

Perawatan tergantung pada gangguan tidur tertentu, antara lain:

Advertisement
  • Obat resep, seperti alat bantu tidur atau obat untuk RLS.
  • Alat pernapasan atau operasi untuk sleep apnea obstruktif
  • Melatonin.
  • Terapi perilaku.***

Baca juga: Pagi Hari Setelah Bangun Tidur Jangan Lupa Segera Minum

Lanjutkan Membaca