Connect with us

Lifestyle

Teknik Kaketsugi di Jepang, Menambal Baju Sobek Tanpa Bekas

Avatar

Diterbitkan

pada

Teknik menjahit Kaketsugi bak sulap. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Di Negeri Sakura menambal pakaian sobek atau berlubang biasa diperbaiki oleh tukang jahit. Hebatnya para penjahit di sana bisa membuat pakaian yang sobek tersebut jadi seperti semula tanpa ketahuan alias mirip sulap.

Teknik memperbaiki pakaian yang sobek itu dikenal dengan sebutan Kaketsugi. Tukang jahit umumnya tidak bisa memperbaiki pakaian yang sobek atau berlubang seperti itu. Butuh keahlian khusus.

Kaketsugi sendiri dalam bahasa Jepang secara harfiah berarti memperbaiki tak terlihat. Ini merupakan teknik menambal kain yang luar biasa dari Jepang.

Tekniknya melibatkan perbaikan kain yang rusak ke titik di mana Anda bahkan tidak dapat mengatakan bahwa itu pernah rusak.

Jika menambal pakaian tak bisa jadi pilihan karena penampilan yang bakal berbeda, teknik jahit Kaketsugi ini bisa jadi pilihan untuk mendapatkan pakaian terlihat layaknya tak terkena bekas sobekan.

Advertisement

Mengutip Odditycentral, menambal pakaian yang sering dilakukan cukup membutuhkan benang dan jarum dan kain yang serupa. Namun teknik kaketsugi ini punya perbedaan pada skil yang diterapkan untuk menjahit.

Kain tambalan baru kemudian dijahit dengan hati-hati di atas lubang atau area yang rusak pada pakaian dari berbagai arah, dan dari kedua sisi kain. Setelah proses menjahit selesai, ikatan perekat diterapkan di atas area yang diperbaiki, dan sisa benang digunakan untuk menutupi kerusakan lebih jauh lagi.

Akhirnya, area yang diperbaiki dengan kaketsugi disetrika. Hal itu membantu menghaluskan semuanya dan pada titik ini, hampir tidak mungkin untuk melihat di mana lubang itu berada. Pakaian itu terlihat utuh kembali, bak sulap tanpa ada bekas lubang dan jahitan tersisa.

Teknik membenahi pakaian berlubang ini terlihat sempurna, pada lubang kecil dengan ukuran hanya beberapa milimeter hingga lubang besar dengan diameter lebih dari 3 sentimeter.

Namun jika area rusak yang besar akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memperbaikinya, sehingga semakin besar lubangnya maka semakin mahal biaya perbaikannya.

Advertisement

Sementara web Kimono Totonoe, sebuah perusahaan yang mengklaim mempekerjakan master kaketsugi, harga perbaikan mulai dari $136 atau setara Rp 2 juta. Sedangkan lubang berdiameter hingga 0,5cm naik menjadi $362 setara Rp 5.5 juta semua sudah termasuk biaya pengiriman. Mahal ya?

Tapi bagi mereka yang menambal pakaian yang memiliki nilai sejarah, biasanya harga segitu tak masalah.***

Lanjutkan Membaca
Advertisement