Connect with us

Lifestyle

32 Biksu Tiba di Semarang, Pemerintah Kota Bakal Kawal Hingga ke Borobudur

Avatar

Diterbitkan

pada

Para biksu dari Thailand yang sengaja datang dari thailand. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Sebanyak 32 biksu Thudong atau yang melakukan ritual berjalan kaki dari Thailand ke Candi Borobudur, kini telah tiba di Semarang.

Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah bakal mengawal perjalanan sebanyak 32 biksu yang melakukan ritual ‘Thudong’ sampai ke perbatasan, yakni Ungaran, Kabupaten Semarang.

Mereka akan melakukan sembahyang di Candi Borobudur dan merayakan Hari Waisak pada 4 Juni 2023. Waisak adalah hari besar penganut Buddha.

Para biksu memulai perjalanan ritual Thudong sejak 25 Maret 2023 dengan rute Thailand-Malaysia-Singapura-Indonesia dan ditargetkan tiba di Candi Borobudur sebelum 2 Juni.

Para biksu yang melakukan ritual ‘Thudong’ atau berjalan kaki dari Thailand menuju ke Candi Borobudur dalam rangka peringatan Waisak itu saat ini telah sampai di Kota Semarang akhir pekan ini atau sebelum 2 Juni.

Advertisement

“Kami akan kawal, berikan pendampingan sampai beliau-beliau di Ungaran, sampai perbatasan,” kata Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, saat penyambutan biksu ‘Thudong’ di Vihara Adi Dharma, Semarang, Minggu malam, 28 Mei 2023.

Hevearita juga akan menyiapkan pendampingan, termasuk fasilitas ambulans untuk mendampingi perjalanan para biksu tersebut.

“Kami tetap siap nanti jika diperlukan pendampingan-pendampingan, tadi juga membutuhkan ambulans akan kami siapkan. Yang penting beliau bisa lancar perjalanannya dan sampai di Candi Borobudur dengan selamat,” jelasnya.

Saat ini 32 biksu tersebut sudah berada di Vihara Adi Dharma Semarang, dan akan bermalam sebelum melanjutkan perjalanan keesokan hari.

“Ini ada di Vihara Adi Dharma, besok (29/5/2023) mulai lagi start jam 5 (05.00 WIB). Beliau biksu Thudong ini mulai start, kemudian bermalam di Ambarawa, dan di Kota Magela bng, baru ke Candi Borobudur,” ungkapnya.***

Advertisement

 

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement