Home LifestyleKesehatan 8 Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan Tubuh, Menu Sarapan Kaya akan Antioksidan

8 Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan Tubuh, Menu Sarapan Kaya akan Antioksidan

oleh Farhan Zuhdi
manfaat oatmeal

Ilustrasi oatmeal (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Oatmeal merupakan salah satu pilihan makanan yang sering disajikan saat sarapan. Oatmeal memiliki kandungan gizi dan dapat mengeyangkan. Berkat kandungan gizi tersebut yang membuat manfaat oatmeal bagi kesehatan sangat beragam.

Oatmeal memiliki tekstur mirip dengan bubur yang terbuat dari oat yang dicampur dengan air mendidih atau susu. Avena sativa atau oat diketahui merupakan biji-bijian tersehat di dunia.

Mengonsumsi oatmeal di pagi hari dapat membuat kamu bersemangat dan penuh energi serta dapat mencegah makan berlebihan saat makan siang nanti. Untuk itu, kamu perlu mengonsumsi oatmeal secara rutin untuk mendapatkan manfaat oatmeal bagi kesehatan.

Baca juga: 8 Manfaat Cincau Hijau bagi Kesehatan, Dapat Mengatasi Gangguan pada Lambung

Berikut beberapa manfaat oatmeal bagi kesehatan yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Kaya akan antioksidan

Manfaat oatmeal yang pertama yaitu sebagai sumber antioksidan. Oatmeal mempunyai banyak kandungan antioksidan di dalamnya, terutama antioksidan avenanthramide. Kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi asam nitrat.

Asam nitrat di dalam tubuh dapat berfungsi untuk meningkatkan aliran darah dan mengurangi peradangan serta dapat menurunkan tekanan darah.

2. Menurunkan atau menjaga berat badan

Jika kamu sedang menjalani program diet untuk mempertahankan atau mengurangi berat badan, kamu bisa mengambil salah satu manfaat oatmeal. Oatmeal memiliki kandungan serat larut yang tinggi dapat membantu kamu kenyang lebih lama sehingga dapat mencegah keinginan makan berlebih.

Dengan mengonsumsi oatmeal, kamu dapat merasakan efek penurunan asupan kalori, menjaga atau menurunkan berat badan, serta menurunkan risiko obesitas.

3. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat oatameal berikutnya yaitu dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini berkat kandungan serat larut yang ada pada oatmeal diklaim mampu menurunkan kadar gula darah.

Oatmeal dapat dikonsumsi secara rutin, khususnya bagi para penderita diabetes tipe-2 untuk mengendalikan gula darah. Saat mengonsumsinya, jangan menambahkan gula untuk mendapatkan manfaat oatmeal ini.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Selain menurunkan kadar gula darah, manfaat oatmeal juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Lagi-lagi berkat kandungan serat larut atau beta-glucan pada oatmeal diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol total.

Kandungan lainnya pada oatmeal, yakni avenanthramides juga dapat menurunkan tekanan darah yang membuat seseorang dapat terlindungi dari hipertensi. Oleh sebab itu, memasukkan oatmeal dalam menu sarapan pagi sangat disarankan untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca juga: 8 Manfaat Susu Kurma bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Dengan mengonsumsi oatmeal secara rutin, kamu dapat menjaga kesehatan pencernaan. Manfaat oatmeal ini berasal dari kandungan serat dan air yang sangat banyak, yang mana kandungan tersebut lebih banyak jumlahnya dibandingkan buah-buahan dan sayur-sayuran.

Selain dapat menjaga kesehatan pencernaan, mengonsumsi oatmeal juga dapat mengatasi masalah pencernaan yang dapat timbul, seperti sembelit, diare, hingga sindrom iritasi usus besar. Meski demikian, manfaat oatmeal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

6. Mengurangi risiko asma

Manfaat oatmeal berikutnya yaitu dapat mengurangi risiko asma. Diketahui, oatmeal merupakan salah satu makanan yang dapat mengurangi risiko asma. Menurut penelitian yang dilakukan pada anak-anak, mengonsumsi oatmeal sebagai makanan penambah Air Susu Ibu (ASI), cenderung memiliki risiko lebih rendah untuk menderita asma saat berusia 5 tahun.

7. Tubuh lebih bertenaga

Kamu dapat memilih oatmeal ke dalam menu makan sehat untuk dijadikan sebagai sumber energi yang baik untuk membantu kamu dalam beraktivitas. Oleh sebab itu, kamu dapat mengonsumsi oatmeal secara rutin setiap untuk mendapat energi di awal hari.

Disamping itu, kamu juga dapat mengonsumsi oatmeal pada malam hari untuk membantu kamu mendapat tidur lebih nyenyak. Dengan begitu, kamu dapat bangun dalam keadaan yang fit dan bertenaga.

8. Mengurangi risiko kanker usus

Salah satu manfaat oatmeal ternyata dapat mengurangi risiko kanker usus. Oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi. Diketahui, mengonsumsi makanan berserat tinggi dapat mengurangi seseorang terkena kanker usus.

Menurut sebuah studi, mengonsumsi 10 gram serat oat dapat mengurangi risiko kanker kolorektal sebanyak 10 persen.***

Baca juga: 8 Makanan Penambah Daya Ingat, Perlu Kamu Konsumsi

You may also like

Tinggalkan Komentar