Home LifestyleKesehatan 8 Manfaat Susu Kurma bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

8 Manfaat Susu Kurma bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

oleh Farhan Zuhdi
manfaat susu kurma

Ilustrasi Susu Kurma (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Kurma merupakan salah satu buah yang sering dikaitkan dengan bulan Ramadhan. Selain dimakan langsung, orang-orang sering mengolahnya menjadi susu kurma. Sama seperti buahnya, ternyata manfaat susu kurma sangat beragam bagi kesehatan.

Perlu kamu ketahui, buah kurma memiliki kandunga karbohidrat, protein, vitamin B, zat besi, dan kalium. Sedangkan susu mengandung protein, kaya akan lemak, dan segudang vitamin lainnya, seperti vitamin A, B6, dan D.

Berkat kandungan tersebut, tak heran bila kombinasi keduanya menciptkan manfaat susu kurma yang sangat beragam bagi kesehatan tubuh serta dapat membantu mengatasi berbagai penyakit.

Baca juga: 9 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan, Bantu Cegah Anemia

Berikut beberapa manfaat susu kurma bagi kesehatan yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Mengatasi sembelit

Manfaat susu kurma yang pertama yaitu dapat mengatasi sembelit. Susu kurma memiliki kandungan serat yang dipercaya membantu sistem pencernaan menjadi lebih lembut dan lebih mudah untuk dikeluarkan.

Cara membuat olahan susu dan kurma cukup mudah, masukkan 5-8 kurma ke dalam 500 ml susu. Masak campuran tersebut dan biarkan hingga dingin. Minum susu kurma tersebut saat perut kosong di pagi hari.

2. Menjaga kesehatan jantung

Untuk menjaga kesehatan jantung, kamu dapat mengambil manfaat susu kurma. Mengonsumsi kurma dapat menurunkan tekanan darah berlebih, mengatasi penyumbatan yang terjadi di arteri, dan mengurangi jumlah kolesterol dalam darah. Ini berkat kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang sedikit.

Susu juga memiliki kandungan kalium, jika digabungkan dapat menjadi sumber kalium yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Memperkuat tulang

Manfaat susu kurma berikutnya yaitu dapat memperkuat tulang. Susu diketahui memiliki kandungan kalisum yang tinggi dapat memperkuat tulang. Ternyata, buah kurma juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi di dalamnya. Mencampurkan kedua bahan tersebut dapat memberikan dampak baik untuk tulang.

Selain kandungan kalsium, kurma juga memiliki kandungan elenium, tembaga, dan magnesium yang dapat memperkuat tulang serta dapat membuat kesehatan gigi lebih baik dan mencegah osteoporosis.

4. Baik untuk kulit

Selain memperkuat tulang, manfaat susu kurma ternyata dapat baik untuk kulit. Campuran susu dan kurma mengandung vitamin C dan vitamin D yang memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit terhadap radiasi ultraviolet dan mencegah kamu terkena penyakit kulit, seperti eksim dan kulit kering.

Disamping itu, kurma juga memiliki kandungan fitohormon yang bersifat antipenuaan sehingga dapat mencegah pertumbuhan pigmen melanin yang membuat kulit kamu tampak lebih cerah.

Baca juga: 9 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan, Sumber Nutrisi Ibu Hamil

5. Menjaga kesehatan sistem saraf

Manfaat susu kurma berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan saraf. Susu kurma memiliki kandungan kalium, natrium, dan vitamin B yang dibutuhkan tubuh untuk dapat mengirimkan pesan dari tubuh ke otak, serta sebaliknya melalui sistem saraf.

Untuk itu, kamu dapat mengonsumsi susu kurma sebagai pilihan untuk membuat sistem saraf tetap sehat.

6. Menjaga kesehatan rambut

Jika kamu mengalami masalah rambut, kamu dapat mengonsumsi susu kurma untuk mengatasinya. Kurma dikenal dapat membantu pertumbuhan rambut. Hal ini berkat kandungan zat besi pada kurma yang dapat meningkatkan sirkulasi darah yang tepat ke kulit kepala. Terlebih jika dipadukan dengan susu yang dapat khasiat untuk kesehatan rambut.

7. Baik untuk wanita hamil

Siapa sangka, ternyata manfaat susu kurma dapat dirasakan oleh ibu hamil. Paduan susu dengan kurma diketahui dapat membantu memperkuat otot pahim dan dapat memperlancar persalinan. Selain itu, mengonsumsi susu kurma juga dapat meningkatan produksi dan kualitas ASI dan lebih bergizi untuk bayi.

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa wanita hamil yang mengonsumsi kurma selama 4 minggu memiliki peluang 20 persen lebih besar untuk melahirkan normal dibandingkan dengan wanita yang tidak mengonsumsi kurma.

8. Mengobati anemia

Manfaat susu kurma lainnya yaitu dapat mengobati anemia. Hal ini bisa terjadi berkat kandungan zat besi yang tinggi pada kurma yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan sel darah merah dan sirkulasi darah dalam tubuh. Dengan begitu, susu kurma dapat menjadi alternatif untuk mengobati anemia atau kekurangan sel darah merah.***

Baca juga: Minumlah Susu agar Sehat dan Kuat, Tapi Bukan Kental Manis

You may also like

Tinggalkan Komentar