Home Lifestyle 7 Manfaat Jambu Kristal, Salah Satunya dapat Menjaga Kesehatan Mata

7 Manfaat Jambu Kristal, Salah Satunya dapat Menjaga Kesehatan Mata

oleh Hana Chaniago
manfaat jambu kristal

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Manfaat jambu kristal tidak hanya ada pada buahnya saja, orang India dan Cina juga meyakini juga meyakini bahwa teh yang terbuat dari daun jambu biji efektif sebagai obat untuk mengatasi diare.

Sebenarnya, jambu kristal masih bagian dari jambu biji, tetapi jambu kristal memiliki keistimewaan. Selain lebih manis dari jambu biji biasa, jambu kristaljuga memiliki jumlah biji yang lebih sedikit.

Berikut beberapa manfaat jambu kristal yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat jambu kristal yang pertama adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di dalam jambu kristal terdapat kandungan vitamin C yang tinggi sehingga buah ini bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin ini juga bersifat antioksidan sehingga dapat melawan radikal bebas, serta penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh tubuh. Dengan demikian, anda akan terhindar dari berbagai penyakit jika anda rutin mengonsumsi jambu kristal.

2. Meredakan Batuk dan Flu

Manfaat jambu kristal yang kedua adalah dapat meredakan batuk dan flu. Hal ini karena jambu kristal, baik dari daun, kulit maupun daging buahnya mengandung flavonoid yang memiliki sifat antibakteri.

Senyawa ini diyakini dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk pada mereka yang sedang mengalami batuk dan flu. Selain itu, vitamin C di dalamnya juga diyakini dapat mempercepat penyembuhan gejala batuk dan flu yang dialami.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat jambu kristal yang ketiga adalah dapat menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena jambu kristal mengandung kalium serta serat yang cukup tinggi. Kandungan kalium dan serat ini disebut berperan dalam mengontrol tekanan darah.

Selain itu, mengonsumsi serat juga dapat mengurangi peradangan pada jantungan serta membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Baca juga: 6 Efek Samping Daun Jambu Biji yang Perlu Anda Ketahui

4. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat jambu kristal yang keempat adalah dapat menjaga kesehatan ibu hamil. Hal ini karena jambu kristal mengandung protein serta berbagai vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Contohnya seperti, vitamin C pada ibu hamil ini penting untuk pertumbuhan optimal janin, serta membantu meningkatkan penyerapat zat besi yang dibutuhkan ibu hamil untuk memberikan oksigen pada bayinya.

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat jambu kristal yang kelima adalah dapat menurunkan berat badan. Untuk anda yang sedang menurunkan berat badan, jambu kristal ini bisa anda jadikan camilan sehat. Hal ini karena jambu kristal memiliki kandungan kalori yang rendah tetapi tinggi serat.

Makanan yang tinggi serat ini cenderung lebih mengeyangkan dibandingkan makanan rendah serat lainnya, sehingga anda akan cenderung makan sedikit dan tetap kenyang.

6. Menyehatkan Kulit

Manfaat jambu kristal yang keenam adalah dapat menyehatkan kulit. Dikutip dari Journal of Dermatological Science, antioksidan ini dapat melindungi kulit dari kerusakan, yang dapat memperlambat proses penuaan membantu mencegah keriput.

Terlebih lagi, ekstrak daun jambu bahkan dapat membantu mengobati jerawat ketika dioleskan langsung ke kulit. Daun jambu kristal juga memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi sehingga dapat menjadi obat penghilang jerawat secara alami.

Baca juga: 8 Manfaat Jambu Biji bagi Kesehatan, Mampu Mengobati Demam Berdarah

7. Menjaga kesehatan Pencernaan

Manfaat jambu kristal yang terakhir adalah dapat menjaga kesehatan pencernaan. Jambu kristal merupakan sumber serat makanan yang sangat baik. Oleh karena itu, makan lebih banyak jambu ini dapat membantu pergerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit.

Dikutip dari SELF Nutrition Data, dalam satu buah jambu biji, anda bisa memenuhi 12 persen kebutuhan serat harian yang direkomendasikan.

Selain itu, serat di dalam buahnya juga bisa meningkatkan massa fases serta melembutkannya, sehingga bisa terhindar dari sembelit.***

You may also like